√ Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Lengkap

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Lengkap – Bagi banyak orang, sepak bola ini merupakan olahraga yang paling banyak digemari. Bukan hanya kalangan pria, namun beberapa wanita juga menyukai olahraga yang satu ini.

Sepak bola ini merupakan permainan dengan mengandalkan strategi, kecepatan dan kemampuan dalam bermainnya. Oleh sebab itulah ada banyak teknik dasar permainan sepak bola yang tentunya akan sangat bermanfaat jika dipelajari.

Bermain sepak bola tidak semerta-merta hanya mengandalkan kemampuan saja, namun ada banyak prosedur dan teknik yang memang merupakan standar dari permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh pemainnya. Terutama latihan fisik sebelum bermain sepak bola juga sangat diperlukan yang nantinya akan menunjang masalah kecepatan juga.

Jika Anda ingin menjadi pemain sepak bola yang handal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, salah satu contohnya adalah mengenai teknik bermainnya. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Teknik Menendang (Kicking)

Dalam teknik menendang ini, terdapat 7 teknik dalam menendangnya yaitu :

  1. Menendang dengan memakai ujung jari kaki
  2. Mendengan dengan tumit
  3. Menendang dengan punggung kaki bagian dalam
  4. Menendang dengan pungggung kaki
  5. Menendang dengan bagian dalam
    • Awalan kaki harus lurus dengan bola
    • Kaki bagian depan disamping bola sebagai tumpuan.
    • Lutut sedikit ditekuk
    • Kaki sepak diputar keluar pada pangkal paha, sehingga kaki sepak membentuk sudut 90° dengan kaki tumpu. Bagian kaki yang kontak/menendang bola adalah pergelangan kaki bagian dalam.
  6. Menendang dengan kaki bagian luar
    • Awalan kaki lurus dengan bola
    • Kaki depan berada disamping bola sebagai tumpuan
    • Jari kaki menghadap ke depan dengan lutut ditekuk sedikit
    • Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam
    • Bola kontak dengan kaki bagian luar.

2. Teknik Menggiring (Dribbling)

messi menggiring bola

Teknik menggiring ini merupakan gerakan dalam membawa bola tersebut. Dilakukan dengan menggunakan kaki untuk sampai ke area tim lawan dan untuk menerobos pertahan dari tim lawan. Terdapat dua jenis teknik untuk menggiring bola atau dribble, yaitu:

  1. Speed dribbling, merupakan teknik yang dilakukan dengan cara menendang bola kearah depan dan mengejar bola tersebut dengan cara berlari kencang. Namun, usahakan Anda tidak dalam kondisi desakan musuh, jadi anda harus berada pada posisi kosong tanpa penjagaan atau bek musuh lengah.
  2. Closed dribbling, merupakan teknik menggiring yang dilakukan saat kita berada pada situasi tidak aman dari posisi musuh, atau dalam kondisi terpojok. Dengan teknik menggiring ini, bola setidaknya harus berada kurang lebih 1 meter dari kita.

Tips Aman Menggiring Bola

Saya ada sedikit referensi menggiring bola yang bagus, dilihat dari salah satu tim terbaik dunia, yakni FC Barcelona, berikut cara menggiring bola yang baik :

  • Jangan terlalu lama menggiring bola, usahakan jika terpojok, giring bola kurang dari 5 detik dan umpan.
  • Untuk pemain kunci, seperti striker dan midfielder, wajib tau kapan waktunya menggiring dan waktunya mengumpan.
  • Jika tidak ada ruang di depan, artinya penjagaan sangat ketat, jangan bersikukuh menerobos dan akhirnya tumbang oleh bek musuh. Sebaiknya giring ke belakang dan umpan ke tim.
  • Kuasai bola selama mungkin.
  • Jika ada peluang untuk mengecoh, coba lewati pemain tersebut. Khusus bagi anda yang mahir menggocek, lakukan hal ini.

3. Mengumpan Bola (Passing)

Melakukan passing ini adalah merupakan teknik yang wajib dikuasai oleh semua pemain sepakbola mulai kiper hingga penyerang. Ada beberapa macam passing yang wajib dikuasai semua pemain sepakbola, yaitu :

  1. Teknik dengan menggunakan kaki bagian dalam
  2. Teknik dengan menggunakan kaki bagian luar
  3. Teknik dengan menggunakan punggung kaki

Tips Terbaik Mengumpan Bola

Kali ini saya juga mereferensikan dari FC Barcelona, hehehe saya suka dengan klubnya, karena umpan umpan akurat yang memanjakan mata.

  • Sering sering melakukan latihan kucing-kucingan, ini akan membuat umpan anda menjadi semakin akurat dari hari ke hari.
  • Umpan ke teman yang pasti aman.
  • Pastikan anda mengumpan juga melihat posisi musuh. Jangan mengumpan selagi teman satu tim tidak dalam posisi yang bagus.

4. Teknik Menyundul (Heading)

menyundul bola

Teknik ini mempunyai fungsi yaitu untuk mencetak gol, mengoper dan mematahkan serangan lawan. Banyak cara untuk membuat gol, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik menyundul ini. Dan teknik ini menggunakan kepala.

Teknik menyundul ini memiliki beberapa cara yang harus dikuasai yaitu menyundul dengan menggunakan dahi. Dan tidak direkomendasikan menyundul dengan menggunakan ubun-ubun kepala karena akan membuat kepala sakit dan akan membuat kerusakan pada bagian kepala.

Ada beberapa posisi yang digunakan untuk menyundul teknik ini, yaitu dilakukan dengan berdiri ataupun dengan cara meloncat.

Baca Juga :

5. Teknik Menjaga Gawang (Goal Keeping)

Teknik yang tak kalah penting dari yang lainnya adalah teknik menjaga gawang. Terutama bagi penjaga gawang atau kiper, maka harus menguasai teknik ini agar tidak terjadi kebobolan gawangnya.

Latihan dapat dilakukan dengan cara menangkap bola dari beberapa sudut dan dapat dilakukan dengan cara menangkap bola dari kiri ataupun dari kanan dan juga dengan melakukan tendangan pinalti.

6. Teknik Menghentikan Bola Dan Mengontrol Bola

messi mengoontrol bola

Teknik menghentikan bola bisa juga dibilang sebagai teknik mengontrol bola, karena saat anda menghentikan bola, anda juga mengontrol bola. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghentikan dan mengontrol bola, seperti menghentikan bola menggunakan kaki, dada, paha, dan kepala.

7. Teknik Tackle Dan Merebut Bola

Jika bola ada di posisi musuh, pastinya anda akan berusaha merebutnya, salah satunya dengan menggunakan tackle. Untuk tackle sendiri, adalah gerakan merebut bola yang sebenarya dilakukan di saat saat terdesak. Dan tackle merupakan gerakan merebut bola yang rawan mendapatkan kartu pelanggaran dari wasit.

Tackle yang baik bisa anda lakukan dengan men tackle bolanya, jangan pemainnya. Jika misalnya anda emosi, karena anda digocek, lalu anda men tackle orangnya, yang rugi anda sendiri, karena anda bisa terkena kartu merah dan keluar dari lapangan permainan.

Selain tackle, anda bisa merebut bola dengan cara biasa, seperti mencegat, membaca gerakan bola, dan semacamnya untuk merebut bola.

Itulah beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang bisa saya tuliskan. Yang perlu anda lakukan adalah terus berlatih dan berlatih. Belajar masalah teknik tidak bisa hanya dengan belajar teori, namun harus melalui praktek.

Itulah beberapa ulasan mengenai teknik dasar bermain sepak bola yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi pemain sepak bola. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tentunya bermanfaat juga. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed