Teknik Dasar Permainan Golf : Pengertian, Peraturan, Tips Lengkap

Teknik Dasar Permainan Golf : Pengertian, Peraturan, Tips Lengkap – Golf termasuk dalam salah satu cabang olahraga dalam permainan bola kecil. Tujuan dari bermain golf ini yaitu untuk menempatkan bola pada lubang di area yang sudah ditentukan. Pemukul yang digunakan yaitu menggunakan stik golf.

Untuk memainkan permainan golf diperlukan lapangan yang luas dan outdoor. Biasanya dimainkan dengan perorangan atau dengan tim. Olahraga ini cukup diminati banyak orang, karena selalu mengandalkan nalar dan juga konsentrasi serta trik yang baik.

Jika seseorang mampu memasukkan bola dengan pukulan yang paling sedikit, ia dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan tersebut. Namun, menjadi pemenang tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa teknik yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang pemain. Nah, pada kali ini kamu telah merangkum beberapa teknik dasar permainan bola golf, yaitu :

Teknik Dasar Permainan Golf

Beberapa teknik dasar olahraga golf yaitu teknik memegang, teknik mengayuh, dan juga teknik memukul. Berikut adalah penjelasannya :

1. Teknik Memegang

Hal utama yang harus dipahami oleh para pemain adalah teknik memegang bola golf. Sebelum memahami cara mengayun dan memukul, teknik ini sangat penting untuk dikuasai. Berikut adalah tekniknya :

  • Baseball grip : dengan memegang stick baseball dengan tangan kiri di bawah tangan kanan
  • Overlapping : tangan kanan sedikit ke atas sejajar sehingga jari kelingking tangan kanan ada di antara jari tengah dan telunjuk tangan kiri.
  • Interlocking : seperti memegang stick baseball, tapi mengaitkan jari kelingking tangan kanan pada jari telunjuk dari tangan kiri. Namun, teknik ini tidak di sarankan untuk yang baru belajar atau pemula. Karena teknik ini sering digunakan oleh para pemain golf profesional

2. Teknik Mengayun

teknik mengayun stik golf

Untuk menyeimbangan pukulan dan agar semakin bertenaga, diperlukan teknik mengayun. Beberapa teknik mengayun dalam permainan golf yaitu :

  • Backswing : yaitu dengan mengayunkan stick ke belakang tubuh sampai melewati kepala.
  • Downswing : yaitu dengan melancarkan pukulan yang pas agar dapat mengenai bola dengan tepat.

3. Teknik Memukul

Dalam memainkan golf, teknik memukul dianggap sangat penting. Karena untuk mendapatkan sebuah pukulan yang bagus, kamu harus paham dan mengerti teknik apa saja yang harus dikuasai. Teknik ini bertujuan agar kamu mampu memberikan sebuah pukulan kemenangan, sehingga bola bisa masuk ke dalam lubang.

Berikut ini adalah teknik yang dapat kamu gunakan :

  • Tee shot : digunakan pada pukulan pertama untuk memulai pertandingan, dimulai dari teeing ground atau letak awal bola golf.
  • Faieway shot : dilakukan pemain setelah melakukan tee shot
  • Bunker shot : digunakan saat bola keluar dari area
  • Putting : digunakan saat bola golf sudah dekat dengan lubang supaya mudah untuk dimasukkan
  • Punch : digunakan jika angin berhembus sangat kencang di lapangan golf

Baca Juga :

4. Peraturan Golf

Setelah mengetahui beberapa teknik di atas, yang perlu dilakukan yaitu mengetahui peraturan dalam permainan golf. Agar kita tahu kapan saatnya mendapat poin dan hal-hal apa saja yang bisa mendatangkan poin.

Berikut ini adalah peraturan golf :

  1. Untuk memulai, pukulan pertama harus dilakukan dari teeing ground
  2. Dalam memainkan golf, seseorang dianggap pemenang jika telah memasukkan bola dengan pukulan yang paling sedikit
  3. Ketika hendak melakukan pukulan, maka pemain golf harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  4. Seorang pemain dapat menganggap bola nya tidak dapat di pukul di dalam lapangan dalam posisi apapun.
  5. Ketika mendapat pinalty, kamu harus mengangkat, membersihkan dan mengganti bola

5. Tips Bermain

  • Catat Skor Pada Tiap Latihan – Pemain harus meningkatkan kinerja, potensi, dan berkembang lebih lagi termotivasi untuk terus mengembangkan bakat
  • Jangan Terburu-Buru Turun Ke Lapangan – Harus merasa mahir dalam permainan pada saat turun ke lapangan,
  • Kenali dan Kuasai Iron – Pemain harus mencoba berbagai stick yang panjang
  • Kuasai Swing Golf – pemain harus kuasai permainan dengan benar
  • Lakukan Driving dan Short Game Sesering Mungkin – pemain harus meningkatkan peforma yang akan berkembang dengan cepat.
  • Mengenal Putting – Pemain harus belajar dari putting green dan prosesnya yang terasa mudah dan enjoy.
  • Tidak Mudah Menyerah – Pemain harus memiliki tekad kuat untuk belajar.

Bagaimana?, teknik manakah yang kamu kuasai?. Atau kamu sudah menguasai semua teknik di atas?. Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!.

Demikian dulu artikel mengenai teknik dasar permainan golf, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed