oleh

√ Teknik Dasar Lompat Jauh Lengkap Dengan Gambarnya

Teknik Dasar Lompat Jauh Lengkap Dengan Gambarnya – Ketemnu lagi di klikpedia.net. Disini siapa yang suka dengan olahraga lompat jauh?. Tentunya olahraga ini sudah sangat familiar ya buat kamu.

Lompat jauh merupakan olahraga yang mengharuskan kita melompat sejauh mungkin dari papan tolakan untuk memperoleh jarak terjauh. Semakin jauh jarak yang dijangkau maka akan semakin bagus.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih jauh tentang teknik dasar lompat jauh.Apa sajakah teknik nya? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya!

Teknik Dasar Lompat Jauh

1. Teknik Awalan

Teknik awalan dalam olahraga lompat jauh dapat dilakukan dengan cara berlari dengan sekencang-kencangnya sampai mencapai kecepatan maksimal.

Adapun atlet membutuhkan jarah antara 30 meter hingga 45 meter untuk bisa mencapai kecepatan maksimal. Bahkan ada beberapa atlet yang membutuhkan jarak ancang-ancang yang lebih jauh.

Adapun cara-cara yang dilakukan yaitu dengan :

  • Pada saat lari, awalan ini sangat bergantung dari masing-masing kemampuan para pelari
  • Saat berlari, tambah kecepatan lari sedikit demi sedikit walaupun belum sampai pada balok tolakan. Pertahankan kecepatan berlari untuk tetap maksimal sampai pada balok tolakan
  • Jika sudah mencapai jarak 3-5 langkah dari papan tolakan, lakukan tolakan dengan sangat baik.

2. Teknik Tolakan

tolakan lompat jauh

Teknik ini bertujuan untuk merubah kecepatan lari dari horizontal ke vertikal. Dengan begini, tubuh akan dapat terangkat ke atas dan akan melayang ke udara.

Dalam melakukan teknik ini, sang atlet biasanya sering menggunakan kaki yang paling dominan untuk dijadikan sebagai tumpuan. Teknik tolakan ini akan sangat berpengaruh terhadap seberapa jauh, jarak lompatan yang akan diperoleh oleh atlet saat mendarat.

Adapun cara untuk melakukan teknik tolakan yaitu:

  • Mulailah dengan mengayunkan paha dan juga kaki ke arah horizontal, lakukan dengan seimbang
  • Condongkan badan ke depan saat akan menumpukan kaki pada satu tumpuan
  • Untuk tumpuan, gunakan kaki yang paling kuat
  • Gunakan gerakan yang bertolak ke depan dengan mengarah ke atas
  • Untuk melakukan tolakan, gunakan sudut sekitar 45 derajat.

Baca Juga :

3. Teknik Melayang di Udara

melayang di udara

Jika sudah melakukan lompatan, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu adalah teknik melayang di udara. Teknik ini dilakukan saat tubuh berada di udara. Kamu hanya perlu menjaga keseimbangan tubuh dengan melakukan gerakan kaki seolah-olah sedang berada di udara.

Untuk melayang di udara, beberapa teknik yang dapat digunakan yaitu :

  • Lakukan tolakan dengan mengayunkan kaki ke depan dengan mengarah ke atas
  • Saat melayang, turunkan kaki dengan diikuti beberapa gerakan seperti mendorong kan pinggul ke depan. Lakukan dengan membusungkan dada, mengayunkan kedua tangan, dan menengadahkan kepala.
  • Untuk pendaratan, gunakan kaki dan tangan kedepan untuk mengayun dengan diikuti gerakan membungkuk kan badan. Tunduk kan kepala dan dorong kedua kaki ke arah depan.

4. Teknik Pendaratan

pendaratan lompat jauh

Untuk mendarat, cara yang perlu dilakukan yaitu dengan menundukkan kepala dengan mengikuti gerakan merentangkan tangan dan juga kaki ke arah depan. Dengan kaki yang sedikit ditekuk

Hal ini dilakukan agar saat melakukan proses pendaratan, tidak ada anggota tubuh lainnya yang akan mengenai pasir dengan posisi lebih ke belakang dari pada kaki


Itulah tadi beberapa teknik dasar dalam lompat jauh. Dari teknik di atas sudahkah kamu menguasai semuanya?. Tulis di kolom komentar ya.

Demikian artikel ini kami buat, semoga dengan adanya artikel ini mampu menambah wawasan kita semua. Jangan lupa juga untuk baca artikel kami yang lainnya, terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed