oleh

Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya Lengkap

Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya Lengkap – Jumpa lagi di klikpedia, apa kabarnya hari ini?. Semoga harimu menyenangkan ya, tetap semangat dan jaga kesehatan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas artikel tentang teknik dasar dalam permainan bulutangkis. Sudahkah kamu paham dan mengerti apa saja teknik dasar bulutangkis?.

Jika belum, maka kamu tepat datang ke halaman ini. Agar kamu lebih paham tentang teknik dasarnya, yuk simak artikel ini sampai habis!.

Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya Lengkap

A. Memegang Raket

teknik cara memegang raket bulutangkis

1. American Grip

Teknik ini dilakukan dengan cara memegang raket dengan menggenggam tangkai raket, memosisikan ibu jari dan telunjuk untuk saling bersentuhan dan menempel. Sehingga akan membentuk huruf ‘O’

Teknik ini sangat efektif jika digunakan untuk melakukan smash. Tetapi tidak efektif jika digunakan untuk backhand.

2. Backhand Grip

Cara yang dilakukan teknik ini yaitu dengan menggenggam tangkai raket. Memosisikan ibu jari pada belakang tangkai dan menekannya seperti menjadikan ibu jari sebagai penyokong raket.

3. Forehand Grip

Teknik ini mengutamakan ibu jari sebagai penyokong utama, menggunakan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan juga jari kelingking untuk menyokong. Teknik ini sangat cocok untuk dilakukan pada permainan yang lincah.

4. Combination Grip

Teknik ini merupakan gabungan dari berbagai macam teknik pegangan yang ada. Untuk melakukannya yaitu dengan menggenggam raket seperti biasa dengan posisi jari telunjuk ke arah ujung raket. Ibu jari sebagai penyokong tangkai raket dan sisa jari lainnya sebagai bagian bawah tangkai.

B. Posisi Tubuh / Stance

posisi tubuh teknik dasar bulu tangkis

1. Posisi Menyerang/ Attacking Atance

lakukan gerakan untuk mendekati garis-garis lapangan atau area serang dengan melebarkan kuda-kuda kakimu. Lalu angkat kedua lengan untuk menyiapkan kekuatan dan daya pukul.

2. Posisi Bertahan / Defensive Stance

Gerakkan kaki untuk mengarahkan tubuh menghadap net dengan posisi raket berada pada depan pinggang atau perut.

3. Posisi Membalikkan Netting / Net Stance

Teknik ini digunakan ketika lawan melakukan netting juga. Kamu hanya cukup berada di dekat net untuk mengantispasinya. Posisi kan raket pada dekat tubuh. Majukan tubuh sedikit untuk melakukan lompatan ke depan.

C. Servis / Serve

servis bulu tangkis

1. Servis Atas / High Serve

Servis ini dilakukan dengan cara memukul kok dengan raket yang posisinya berada pada atas kepala atau bahu, sehingga laju kok nya akan cenderung horizontal.

2. Servis Bawah / Low Serve

Servis ini dilakukan dengan cara memukul kok dengan raket yang posisinya berada pada bawah dada atau bahu, sehingga laju kok akan cenderung melambung.

Baca Juga :

D. Smash

smash badminton

1. Forehand Smash

Teknik ini dilakukan dengan memukul kok dengan sangat kuat dan dilakukan dengan posisi raket berada di atas kepala

2. Backhand Smash

Teknik ini adalah teknik yang sangat sulit untuk dilakukan pada permainan badminton. Pemain profesional juga akan kesulitan untuk melakukan teknik ini. Karena untuk melakukannya kamu harus menggunakan teknik genggam backhand grip dan melepaskan pukulan dengan sangat kuat.

Salah satu pemain bulu tangkis profesional yang bisa melakukan teknik ini adalah Taufik Hidayat.

3. Jumping Smash

Teknik ini sama dengan forehand smash dan hanya dilakukan dengan melakukan lompatan saja. Untuk memukulnya pun juga menggunakan teknik forehand smash

E. Overhead

Teknik ini dilakukan ketika posisi jatuhnya shuttlecock berada di belakang tubuh kita. Overhead ilakukan dengan cara memukul shuttlecock seperti halnya melempar sesuatu.

F. Teknik Mengembalikan Servis

Ada 2 cara mengemablikan servis dalam permainan bulu tangkis, yakni sebagai berikut :

1. Teknik Dropshot

Yaitu teknik pengembalian servis yang cara melakukannya sama seperti smash namun pukulan yang dihasilkan tidak terlalu bertenaga. Tujuan dari teknik ini untuk mematikan pergerakan lawan.

2. Teknik Netting

Yakni teknik melakukan pukulan dengan perlahan dan mengarahkan shuttlecock jatuh sedekat mungkin dari net. Teknik ini termasuk salah satu teknik badminton yang sulit dilakukan. Bahkan, pemain profesional pun kadang untuk melakukan teknik ini ada yang berhasil dan ada yang tidak.


Itulah tadi beberapa teknik dasar pada permainan bulu tangkis. Dari teknik di atas, manakah yang kamu kuasai? Tulis jawabanmu pada kolom komentar ya!

Demikian dulu artikel ini kami buat. Semoga dengan adanya artikel ini mampu bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed