oleh

√ Teknik Dasar Bola Voli Dan Penjelasannya Lengkap

Teknik Dasar Bola Voli Dan Penjelasannya Lengkap – Voli merupakan salah satu olahraga bola besar yang populer selain sepak bola. Olahraga ini dimainkan oleh laki-laki dan juga perempuan.

Olahraga bola voli juga dilombakan di beberapa kejuaraan mulai dari kejuaraan lokal hingga internasional. Meskipun tampaknya mudah, namun olahraga ini tidak semudah itu.

Ada teknik dasar yang harus dikuasai agar anda terbiasa dengan olahraga ini. Berikut beberapa teknik dasar olahraga voli lengkap dengan penjelasannya!.

Teknik Dasar Bola Voli

1. Servis

servis volley

  • Servis Mengambang : Merupakan teknis servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke udara, lalu memukulnya tanpa membuat bola berputar-putar, sehingga laju bola bergerak melambung horizontal.
  • Jumping Servis : Servis lompat adalah teknik servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola secara vertikal, lalu diikuti dengan lompatan pemain dan pukulan.
  • Overhand Service : Juga disebut sebagai servis tangan atas, yang sebenarnya mirip dengan jump service, namun bedanya terletak pada tahapan melompat. Pada teknik ini, pemain tidak perlu melompat, melainkan cukup memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas bahu.
  • Underhand Service : Disebut juga servis tangan bawah, yang merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara melempar rendah bola sebelum memukulnya dengan tangan menggenggam yang diayunkan di bawah bahu. Cara Melakukannya yakni :
    • Pemain berdiri di petak servis dengan kaki kiri lebih ke depan dari kaki kanan.
    • Bola dipegang dengan tangan kiri.
    • Kemudian bola dilambungkan tidak terlalu tinggi, tangan kanan ditarik ke bawah belakang.
    • Setelah kira-kira bola setinggi pinggang, lengan kanan diayunkan lurus ke depan untuk memukul bola.
      Telapak tangan menghadap bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna.
  • Ace Service : Service ace merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul bola sekuat mungkin sehingga bola akan melaju cepat.Servis ini disebut juga servis maut atau servis kemenangan karena servis ini hampir selalu mencetak skor. Biasanya, service ace dikombinasikan dengan teknik jump service.

2. Passing

passing voli

  • Forearm : Forearm passing adalah teknik dasar bola voli yang dilakukan untuk mengoper bola ke pemain lainnya. Untuk melakukan teknik ini, pemain akan menggunakan lengan depan untuk memantulkan bola voli.
  • Bumping : Bumping adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara mengunci kedua lengan untuk memantulkan bola voli.Teknik ini sebenarnya hampir sama dengan forearm passing, namun teknik ini bertujuan untuk memantulkan bola ke rekan terdekat.
  • Overhand : Overhand passing merupakan teknik passing dasar yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke rekan tim menggunakan tangan terbuka di atas kepala.

3. Spiking/Smash

Disebut juga teknik hitting, gerakan ini dilakukan seorang pemain dengan cara melompat sambil memukul bola dengan ayunan satu tangan yang terbuka. Persentase keberhasilan teknik hitting ini dipengaruhi oleh kekuatan pukulan.

4. Heat

Heat merupakan kelanjutan teknik hitting yang ditambah daya pukulnya menjadi lebih kuat.

5. Off Speed Hit

Off speed hit merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang memiliki gerakan sama dengan teknik hit. Namun teknik ini lebih mengutamakan daya putar bola saja dibandingkan dengan kekuatan, sehingga gerakan bola akan tampak mengecoh.

Baca Juga :

6. Roll Shot

Teknik Roll shot mirip dengan teknik hitting. Jika teknik hitting memusatkan pukulan sekeras-kerasnya, Roll Shot ini justru memusatkan pukulan yang lebih pelan, sehingga bola dapat menjangkau area yang lebih spesifik.

7. Back Row Attack

Back Row Attack adalah teknik dasar bola voli yang bisa kalian lakukan untuk mengelabui lawan. Teknik ini membutuhkan dua pemain agar dapat dilakukan.

Pemain pertama berpura-pura untuk menyerang, sedangkan pemain kedua mengikuti gerakan sambil berancang-ancang melakukan serangan.

8. Blocking

blocking

Ini adalah teknik pertahanan utama agar bola tidak jatuh ke area lapangan tim kalian. Dalam blocking, daya tahan tubuh, posisi, dan ketepatan waktu merupakan kunci utama.

Pasang kuda-kuda tubuh terbaik untuk mendapatkan daya tahan tambahan. Gunakan semua anggota badan untuk menghalau bola.

9. Digging

Selain bloking, teknik pertahanan lainnya disebut dengan digging. Dalam teknik ini, pemain akan berjaga di belakang pemain yang memblocking bola lawan untuk berjaga jaga jika suatu saat bola jatuh ke dalam area tim.

10. Volleying

Volleying merupakan teknik pengoperan bola ke pemain lain agar pemain yang menerima bola berikutnya dapat melakukan Assist.

11. Assist

Assist merupakan teknik dasar permainan bola voli yang biasanya digunakan pada pantulan kedua dan pada pemain kedua. Pemain kedua ini akan mengatur gerakan dan putaran bola secara spesifik agar pemain ketiga dapat melakukan serangan andalan yang kebanyakan adalah smash.

12. Screening

Teknik ini digunakan untuk menghalangi penglihatan lawan agar rekan setim dapat melakukan teknik tertentu secara leluasa. Meskipun resmi salah satu teknik bola voli, ternyata screening adalah teknik curang

Screening tidak diperbolehkan untuk digunakan karena dianggap tidak sportif.

Jadi itulah beberapa teknik dasar bola voli lengkap dengan penjelasannya. Anda yang ingin berlatih bola voli, bisa berlatih gerakan gerakan di atas.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *