Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya

Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya – Berdasarkan sifatnya, Sumber Daya Alam dibedakan menjadi 2, yakni SDA hayati dan SDA non hayati.

Kemarin saya sudah pernah mengulas tentang SDA hayati, dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang SDA non hayati.

Bagi kalian yang sedang mencari materi SDA non hayati, yuk langsung saja simak artikelnya berikut ini!.

Sumber Daya Alam Non Hayati

A. Pengertian

Jika Sumber daya alam hayati adalah semua sumber daya alam yang didapatkan dari makhluk hidup, SDA non hayai adalah kebalikannya. Yakni sumber daya alam yang didapatkan bukan dari makhluk hidup.

Sumber daya alam non hayati bisa disebut juga Sumber Daya Alam Abiotik, dan contoh sumber daya alam abiotik ini juga tak kalah banyak dengan sumber daya alam biotik.

B. Manfaat Dan Contohnya

contoh sda abiotik

Sama seperti SDA hayati, SDA non hayati juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Berikut beberapa manfaat sumber daya alam abiotik.

1. Tanah

Tanah merupakan tempat kita berpijak, rumah, tumbuhan, dan hewan, semua berpijak di tanah. Banyak sekali manfaat dari SDA non hayati yang satu ini, yakni digunakan untuk membangun rumah sebagai hunian, menanam berbagai macam tumbuhan.

Tanah liat, juga digunakan sebagai kerajinan tangan, seperti membuat keramik, kendi, dan masih banyak lainnya untuk dijual.

2. Air

Meskipun salah satu contoh sumber daya alam abiotik, air memiliki manfaat yang sangat besar untuk seluruh makhluk, mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan untuk diminum dan menumbuhkan buah-buahan.

Selain itu, air juga dimanfaatkan untuk banyak aktivitas, seperti membuat PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), sarana bermain, seperti Water Boom, mengapungkan kapal, dan masih banyak lagi,

3. Udara

Tidak bisa dipungkiri, udara juga merupakan kebutuhan vital untuk seluruh makhluk hidup. Udara contohnya oksigen, untuk membantu pernapasan.

Selain itu, udara digunakan untuk membantu manusia menghasilkan sumber daya lainnya, yakni dengan mengolah udara di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) untuk menghasilkan listrik yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga :

4. Sinar Matahari

Meskipun bisa habis, dibutuhkan waktu yang sangat lama agar sinar matahari habis. Manfaatnya sangat vital untuk kehidupan seluruh makhluk hidup.

Contohnya, manusia membutuhkannya untuk mendapatkan vitamin D, tumbuhan memerlukannya untuk proses fotosintesis, dan sinar matahari juga dibutuhkan untuk membuat energi lainnya, yakni energi listrik yang diproses melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

5. Minyak Bumi

Minyak bumi banyak sekali bentuknya, contohnya yang sering kita pakai sehari hari, bensin, pertalite, pertamax, solar, oli, dan masih banyak lagi.

Sumber daya alam non hayati yang satu ini terbuat dari fosil, yang terbentuk jutaan tahun yang lalu. Keberadaan minyak bumi bisa habis dan juga merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

6. Gas Alam

Penggunaan Gas alam sering kita jumpai untuk digunakan bahan bakar memasak, yakni LPG. Gas alam juga digunakan sebagai bahan dasar tinta, detergen, hingga obat anti serangga.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang lebih efisien dan bebas polusi.

7. Emas Dan Perak

Emas dan perak, juga merupakan salah satu sumber daya alam non hayati yang tidak bisa diperbarui. Manfaatnya untuk kehidupan manusia sangatlah besar, seperti pembuatan perhiasan.

Nilai emas yang setiap waktunya selalu naik, membuat para investor selalu meliriknya.

7. Batu Bara

Selain Gas Alam dan Minyak Bumi, batu bara juga merupakan salah satu bahan tambang. Batu bara ini terbuat dari karbon yang teraktivasi. Fungsinya banyak, bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan energi di pembangkit listrik, dan bahan baku industri.

Selain itu, banyak sekali contoh dari sumber daya alam non hayati, seperti nikel, timah, bauksit, mika, dan masih banyak lagi.

Mengingat banyak SDA non hayati merupakan bahan yang tidak bisa diperbarui, anda wajib menggunakannya untuk hal hal yang penting, dan wajib bagi kita semua untuk menjaganya bersama sama.

Sekian artikel ini, jika ada tambahan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel. Semoga bermanfaat ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *