√ Sejarah Atletik Di Indonesia Dan Dunia Lengkap

Sejarah Atletik Di Indonesia Dan Dunia Lengkap – Mungkin bukan hal yang asing bagi Anda jika mendengar kata atletik. Ya, atletik ini adalah olahraga yang memiliki tingkat peminat yang sangat tinggi. Bukan hanya sebagai media olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, bahkan olahraga atletik ini telah banyak diselenggarakan sebagai ajang lomba maupun olimpiade.

Sebenarnya, olahraga yang dinamakan atletik ini diambil dari penggabungan beberapa jenis olahraga yang dapat dikelompokkan seperti lari, lempar, dan juga loncat. Istilah atletik sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu athlon yang memiliki makna berlomba.

Dapat juga dijumpai pada kata “penthalton” yang dibagi menjadi kata “pentha” yang memiliki makna panca atau lima dan kata “athlon” yang memiliki makna lomba. Jadi dapat ditarik arti “panca lomba” atau perlombaan yang terbagi dalam lima kelompok.

Namun, masuknya atletik ke Indonesia hingga dikenal oleh banyak orang ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Mengingat juga bahwa olahraga ini tidak dilahirkan asli dari Indonesia. Maka, ada proses yang memang harus terlalui oleh olahraga atletik ini.

Mulai dari diperkenalkannya ke sekolah, mahasiswa, masyarakat, mengikuti ajang perlombaan hingga mampu menembus dunia Internasional. Berikut adalah sejarah atletik yang ada di Indonesia.

Sejarah Atletik Dunia

atletik dunia

Atletik merupakan suatu event asli dari perlombaan olimpiade pertama yang dilaksanakan pada tahun 776 SM yang merupakan satu-satunya event perlombaan lari. Ada juga beberapa kali perlombaan yang diselenggarakan pada era klasik Eropa, seperti PaPanhellenik Games The Pythian Game (dimulai 6 SM) yang diselenggarakan di daerah Argolid setiap dua tahunnya. The Isthmian Game (dimulai 523 SM) yang digelar di daerah Isthmus dari Corinth setiap dua tahun, dan masih ada beberapa perlombaan lagi.

Iccus dan Herodicus merupakan beberapa orang yang berjasa mempopulerkan atletik ke berbagai belahan dunia sehingga bisa masuk ke Indonesia.

Sejarah Atletik Di Indonesia

aletik indonesia

Atletik sendiri datang ke Indonesia pada tahun 1930-an dimana hal ini terjadi ketika Pemerintah Hindia Belanda mulai memasukkan atletik ini untuk dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Namun pada saat itu atletik tidak tidak dikenal secara menyeluruh, karena pada saat itu yang bisa mendapatkan kesempatan melakukan latihan atletik hanyalah pelajar dan pasukan militer saja, itupun hanya sebagai pelengkap.

Seiring waktu, akhirnya masyarakat mulai mengenal dan mulai banyak meminati olahraga atletik ini. Bahkan, Belanda sudah membuat sebuah organisasi yang dipergunakan untuk menyelenggarakan pertandingan atletik yang diberi nama Nederlands Indische Athletiek Unie (NIAU).

Baca Juga :

Terdapat juga organisasi yang berada di Medan dengan nama Sumatera Athletiek Bond (SAB), yang ditujukan untuk menyelenggarakan perlombaan atletik antar sekolahan Mulo dan juga perguruan tinggi swasta.

Hingga pada akhirnya di Jawa sendiri olahraga ini juga mulai dikenal dan juga diminati hingga lahir juga sebuah organisasi sebagai wadah tampung penyelenggaraan lomba atletik seperti ISSV Hellas dan IAC di Jakarta. PAS di Surabaya dan juga ABA di Surakarta.

Atletik mulai berkembang di Indonesia pada saat negara Jepang masuk yaitu sekitar tahun 1942 sampai 1945. Dengan adanya Jepang, atletik di Indonesia mulai mendapatkan perhatian, hingga dikalangan pelajar dan mahasiswa dan juga dengan diadakannya perlombaan atletik setiap tahunnya.

Bahkan dalam sejarah juga dituliskan bahwa setelah kemerdekaan yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945, atletik ini semakin berkembang hingga terciptanya PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) yang mengadakan Pekan Olahraga Nasional.

Hingga pada tanggal 3 September 1950 terjadilah pembentukan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) yang diadakan di Kota Semarang. Kejuaraan pertama yang dilakukan oleh PASI ini diadakan di Kota Bandung yaitu pada akhir bulan maret tahun 1951. Dan untuk pertama kalinya Indonesia mulai mengikuti Asian Games yang di adakan di Kota New Delhi, India.

Kesimpulan

Setelah mengetahui sejarah Atletik di Indoensia, dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah atletik di Indonesia ini masih terbilang muda, namun dengan adanya peran NIAU yang ada pada jaman Belanda, telah terlahirkan atletik handal dari Indonesia seperti Effendi Saleh, Tomasoa, M. Murbambang, Mochjtar Saleh, Harun Al Rasyid, F. G. E. Rorimpandey dan Mohd. Abdulah.

Demikianlah sejarah Atletik lengkap dunia dan Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. terima kasih. Jika ada masukan, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed