oleh

Rumus Panjang Gelombang, Pengertian, Cara Menghitung, & Contoh Soal

Rumus Panjang Gelombang, Pengertian, Cara Menghitung, & Contoh Soal – Pernahkah ketika kamu sedang berjalan di sebuah taman, tiba-tiba ada seorang teman kamu memanggil dengan suara yang cukup kencang. Dalam jarak yang cukup jauh, mampukah kamu mendengar suara panggilan dari teman kamu itu?.

Atau ketika kamu sedang pergi menggunakan sepeda motor di tempat yang sangat gelap, tentunya kamu membutuhkan cahaya lampu dari motor bukan?. Sehingga kamu bisa tahu apa yang ada di depan kamu dalam jarak yang cukup jauh.

Lalu mengapa cahaya tersebut bisa diterima oleh jarak yang cukup jauh?. Atau mungkin juga ketika kamu sedang berada di kolam ikan atau danau, dan kamu melemparkan sebuah batu ke dalamnya, apa yang terjadi dengan air di danau atau kolam tersebut?, tentu membentuk beberapa gelombang lingkaran bukan?.

Nah, keadaan yang terjadi di atas adalah hal-hal yang mencangkup tentang panjang gelombang. Oleh sebab itu, dalam pembahasan kali ini kami akan membawakan artikel tentang panjang gelombang yang lengkap dengan rumus dan juga contoh soalnya. Penasaran?, Yuk, simak terus ya!.

Rumus Panjang Gelombang

A. Pengertian Panjang Gelombang

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya jika kita mengulas tentang panjang gelombang. Perhatikan gambar di bawah ini!.

Gambar panjang gelombang

Gambar di atas menunjukkan gambaran dari panjang gelombang. Sedangkan panjang gelombang sendiri adalah sebuah keadaan dimana terjadi karena adanya jarak yang mampu ditempuh oleh sebuah gelombang per selang waktu tertentu yang mampu di kali dengan periode sebuah gelombang.

Panjang gelombang sendiri tergantung oleh medium, misalnya saja air atau ruang hampa udara yang dapat dilalui oleh gelombang. Beberapa contoh gelombang yaitu gelombang cahaya, gelombang suara, gelombang sinyal listrik dan juga gelombang air.

Yang dimaksud dengan gelombang suara yaitu sebuah variasi dalam sebuah tekanan udara. Gelombang air yaitu variasi dalam ketinggian badan air, dalam getaran kisi kristal terdapat posisi atom yang bervariasi. Sedangkan, dalam radiasi elektromagnetik dan cahaya memiliki kekuatan listrik dan medan magnet yang bervariasi.

Dalam panjang gelombang tentulah tidak jauh dari frekuensi, dimana frekuensi ini adalah ukuran dari jumlah putaran ulang sebuah peristiwa setiap detik nya, dengan memiliki satuan Hertsz (Hz).

Sedangkan frekuensi gelombang adalah jumlah adanya gelombang yang terbentuk karena terbentuk dalam satu detik. Dalam SI (Sistem Internasional) frekuensi sendiri dilambangkan dengan “f” dengan satuan Hertz (Hz).

Panjang gelombang frekuensi yang digunakan untuk sebuah fenomena gelombang disebut sebagai spektrum. Spektrum sendiri berasal dari spektrum cahaya yang nampak tetapi sekarang sudah bisa diterapkan ke seluruh spektrum elektromagnetik, spektrum getaran dan juga spektrum suara.

2. Rumus Panjang Gelombang

Untuk menghitung panjang gelombang, maka rumus yang digunakan yaitu :

λ = v/f

λ dibaca LAMDA

Keterangan :

  • λ = Panjang gelombang atau wavelength dari sebuah gelombang suara atau gelombang elektromagnetik dalam satuan m
  • v = Kecepatan gelombang atau wave speed dengan satuan m/s
  • f = Frekuensi atau frequency dengan satuan Hertz (Hz)

Baca Juga :

3. Contoh Soal Panjang Gelombang

Dari persamaan de Broglie didapatkan panjang gelombang sebuah elektron yang sedang bergerak ialah 0,1 m.

  • (a) Hitung kecepatan elektron dan
  • (b) Jika energi kinetik elektron dilipat gandakan , berapakah panjang gelombang barunya?

Jawab:

  • (a) Panjang gelombang elektron λ = 0,1 x 10-9 m, masa elektron me = 9 x 10-31 kilogram
    Kecepatan elektron v dihitung dengan menggunakan persamaan de Broglie
    λe =h/(mev)
    ve =h/(mλe) = (6,6 x 10-34 Js)/(9 x 10-31 kg x 0,1 x 10-9 m)
    =7,3 x 106 m/s
  • (b) Jika Ek2 =2Ek1, hitunglah λ2
    Energi kinetik elektron ialah ?
    EK =½ meve2
    ve =[2Ek/m]1/2
    Jadi panjang gelombang de Broglie dapat dirumuskan sebagai
    λe =h/(mev)
    λe =h/[2meEk]1/2
    Jika kita bandingkan λ1 dan λ2, maka diperoleh
    λ2/λ1 =[Ek1/Ek2]1/2 =1/√2
    λ2 =5√2 x 10-2 nm

Bagaimana, menarik bukan pembahasan kali ini?. Sekian dulu ya artikel tentang panjang gelombang yang sudah lengkap dengan pengertian panjang gelombang, rumus panjang gelombang dan tentunya contoh soal panjang gelombang. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed