oleh

Rumus Luas Permukaan Limas Segitiga Dan Contoh Soalnya

Rumus Luas Permukaan Limas Segitiga Dan Contoh Soalnya – Hai, masih di situs edukasi kesayangan kita, klikpedia net. Hari ini pembahasan masih seputar Matematika ya, kali ini kami akan mengulas tentang rumus luas permukaan limas segitiga yang tentunya dilengkapi juga dengan contoh soalnya.

Setelah mempelajari limas segiempat, tentunya untuk mempelajari limas segitiga bukan hal yang sulit bukan?. Karena keduanya masih dalam anggota limas, yang membedakan hanyalah bentuk dari alasnya.

Dimana limas segitiga ini memiliki alas yang berbentuk segitiga, entah itu segitia sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang atau pun segitiga siku-siku.

Adapun jumlah unsur-unsur yang membentuk limas yaitu n = 1 sisi, 2 x n rusuk, dan n = 1 titik sudut dan n di sini adalah jumlah sisi bangun datar yang menjadi alas pada limas.

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai limas segitiga, alangkah baiknya jika kita mengenal dulu apa itu limas segitiga. Yuk, simak terus artikel nya!.

Rumus Luas Permukaan Limas Segitiga Dan Contoh Soalnya

A. Pengertian Limas Segitiga

Sudahkah kalian mengerti tentang limas segitiga?. Limas segitiga merupakan bangun ruang yang memiliki alas dengan bentuk segitiga yang memiliki sisi tegak yang berbentuk segitiga dengan memiliki puncak yang saling berhimpit pada satu titik.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa limas segitiga memiliki bentuk alas yang berbentuk segitiga, dapat berupa segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan juga segitiga siku-siku. Karena memiliki alas yang berbentuk segitiga, maka dapat diketahui yaitu :

Jumlah sisi limas segitiga = n + 1 = 3 + 1 = 4 sisi.
Rusuk limas segitiga = 2 × n = 2 × 3 = 6 rusuk.
Jumlah titik sudut limas segitiga = n + 1 = 3 + 1 = 4 titik sudut.

B. Sifat – Sifat Limas Segitiga

Perhatikan gambar di bawah ini :

sifat-sifat limas segitiga

Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa limas segitiga memiliki beberapa ciri sama seperti bangun ruang tiga dimensi yang lainnya. limas segitiga juga memiliki sifat-sifat yang menjadi ciri khas dari limas itu sendiri. Berikut ini adalah sifat-sifat dari limas segitiga.

  1. Limas Segitiga memiliki alas dengan bentuk segitiga
  2. Limas segitiga memiliki enam buah rusuk
  3. Memiliki empat buah titik sudut
  4. Limas segitiga memiliki empat bidang sisi berbentuk segitiga diantara nya tiga sisi tegak dan satu sisi alas

Baca Juga :

C. Rumus Luas Permukaan Limas Segitiga

Untuk menghitung luas permukaan limas segitiga, rumus yang dapat digunakan yaitu :

Luas Permukaan = Luas alas + Luas sisi 1 + Luas sisi 2 + Luas sisi 3

atau

Luas Permukaan = Luas alas + (3 x Luas Sisi tegak)

Sedangkan untuk menghitung luas permukaan limas segitiga adalah dengan menggunakan rumus :

Luas Permukaan =  1/4 s23 + 3 x (1/2 s . h)
Luas Permukaan = 1/4 s23 + 3/s . h

D. Contoh Soal Luas Permukaan Limas Segitiga

1. Contoh Pertama

Sebuah limas dengan alas dan semua sisi tegaknya berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang sisinya 8 cm, tentukan luas permukaan limas tersebut.

Penyelesaian :

Untuk limas yang alas dan semua sisi tegaknya berbentuk segitiga sama sisi akan terdapat empat buah segitiga sama sisi yang memiliki luas yang sama juga. Untuk mencari luas permukaan limas segitiga sama sisi dapat menggunakan rumus:

LpΔ = ¼√3.s2

LpΔ = ¼√3.(8cm)2

Lp Δ = 16√3 cm2

Jadi luas permukaan limas segitiga sama sisi yakni:

Lp = 4 × LΔ

Lp = 4 × 16√3 cm2

Lp = 64√3 cm2

2. Contoh Kedua

Diketahui luas permukaan sebuah limas segitiga sama sisi adalah 9(√3 + 10 ). Jika luas alas dari limas tersebut adalah 9√3, carilah tinggi untuk sisi tegaknya ?Luas Alas =  1/4 s23

1/4 s23  = 9√3
s23         = 36√3
s2                 = 36 3/3
s2                 = 36
s                = 6 cmJadi panjang sisi alasnya adalah 6 cm. Dengan sudah diketahui luas permukaan, luas sisi alas maka kita dapat mencari tinggi pada sisi tegak dengan rumus :
Luas Permukaan = 1/4 s23 + 3/2 s . h
9(√3 + 10 )            = 9√3 + 3/2 6 . h
9√3 + 90               = 9√3 + 9h
9h                           = 9√3 + 90 – 9√3
9h                           = 90
h                             = 90/9

                               = 10 cm

Jadi tinggi untuk sisi tegaknya adalah 10 cm.


Bagaimana?,,Mudah sekali bukan untuk menghitung limas segitiga?. Tentunya dengan menghitung luas segitiga, kamu akan tahu berapa luas dari sebuah benda yang berbentuk limas segitiga.

Itulah tadi artikel tentang rumus luas permukaan limas segitiga dan contohnya yang sudah dilengkapi dengan pengertian dan juga sifat-sifat limas segitiga. Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed