oleh

Perjanjian Saragosa Dan Perjanjian Tordesillas Lengkap

Perjanjian Tordesillas Dan Perjanjian Saragosa Lengkap – Tahun 1521 M, Spanyol telah memulai ekspedisi saat tiba di Tidore. Kedatangan Spanyol ke Tidore menjadi awal terjadinya konflik antara Spanyol dan juga Portugis. Mereka saling menuding karena adanya pelanggaran perjanjian yang sudah disepakati oleh Portugis dan Spanyol dalam perjanjian Tordesillas.

Hingga pada akhirnya, antara Portugis dan Spanyol memutuskan untuk bertemu. Namun hampir saja terjadi pertempuran antara mereka. Masalah tersebut di bawa ke Paus, dan Paus pun memprakarsai terjadinya perjanjian saragosa. Perjanjian ini akan dilakukan pada 22 April 1529 bertempat di kota Saragosa, Spanyol yang telah ditandatangani oleh Raja John III dan juga Kaisar Charles V.

Nah untuk lebih lengkapnya simak artikel tentang perjanjian tordesillas dan perjanjian saragosa ini sampai habis ya!.

Perjanjian Saragosa Dan Perjanjian Tordesillas

A. Perjanjian Tordesillas

perjanjian tordesillas

Perjanjian Tordesillas yaitu perjanjian yang dibuat antara Spanyol dan Portugis yang telah ditandatangani di Tordesillas yaitu pada tanggal 7 juni 1494. Tujuan dari perjanjian ini yaitu untuk menengahi konflik antara Spanyol dan juga Portugis dalam klaim tanah yang baru saja ditemukan.

1. Isi Perjanjian

Perjanjian Tordesillas ini berisikan pembagian wilayah pelayaran antara Spanyol dan juga Portugis. Melalui perjanjian ini, Spanyol mulai melakukan pelayaran ke arah barat dari kepulauan Cape Verde.

Wilayah pelayaran itu adalah Benua Amerika. Sehingga Spanyol bisa melakukan pelayaran hingga mencapai negara Filipina. Hingga Portugis telah melakukan pelayaran ke arah timur untuk mencari rempah-rempah. Portugis akhirnya mampu sampai ke Maluku pada tahun yang sama.

2. Dampak Perjanjian

  • Gospel, yaitu penyebaran ajaran katolik dan juga kristen
    • Karena semboyan ini, tak heran jika para penjelajah ini didampingi oleh misionaris kristen dengan daerah yang dikuasai pedagang Portugis dan Spanyol.
  • Gold, yaitu mencarikan kekayaan berbentuk emas
    • Semboyan ini menimbulkan paham merkantilis atau paham yang menganggap jika kejayaan sebuah negara dapat diukur oleh banyaknya jumlah emas yang dimiliki.
  • Glory, yaitu mencari kekayaan, kemenangan, dan juga kemasyhuran
    • Semboyan gloru ini melahirkan imperialisme kuno yang kejayaannya dilihat dari daerah koloni dan jalur perdagangan.

Baca Juga :

B. Perjanjian Saragosa

perjanjian saragosa

Sering disebut sebagai perjanjian zaragoza. Perjanjian Saragosa ini adalah kelanjutan dari perjanjian Tordesillas. Dimana perjanjian tersebut telah membagi wilayah belahan barat Negara Spanyol dan Portugal dan ditengahi oleh Paus yang menyaksikan kompetisi oleh kedua negara. Perjanjian ini dibuat dengan hasil yang lebih rinci untuk kedua belah pihak, antara Negara Portugis dan juga Negara Spanyol.

Perjanjian ini ditandatangani pada 22 April 1529. Hasil perjanjian saragosa ini yaitu antara Negara Spanyol dan Negara Portugis akan menentukan belahan bumi di timur. Akan dibagi dua kerajaan dengan garis bujur melalui 297,5 marine league atau 17 derajat untuk kepulauan Maluku Utara.

1. Isi Perjanjian

Berikut ini adalah isi dari perjanjian saragosa, yaitu :

  1. Negara Spanyol diharuskan untuk meninggalkan daerah Maluku untuk memfokuskan kegiatannya pada wilayah Filipina
  2. Negara Portugis akan melakukan kegiatan perdagangan pada wilayah Maluku.

2. Dampak Perjanjian

Perjanjian saragosa ini memiliki beberapa dampak. Dampak yang paling utama yaitu bangsa Spanyol harus meninggalkan wilayah Maluku. Untuk menggantinya, mereka telah memutuskan kegiatan di wilayah Filipina, dengan Maluku sebagai daerah kekuasaan Portugis.


Itulah tadi hal-hal seputar perjanjian tordesillas dan juga perjanjian saragosa. Dimana perjanjian ini telah dilengkapi dengan pengertian, isi, dan juga dampak dari setiap perjanjian tersebut.

Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan kita semua. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed