oleh

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan : Pengertian, Faktor

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan : Pengertian, Faktor – Kata pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Banyak yang mengatakan hal tersebut, namun ternyata keduanya berbeda.

Lantas apa yang membedakannya?, bagi anda yang masih bingung tentang makna kedua kata tersebut, berikut beberapa perbedaannya lengkap!.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan

A. Pengertian

1. Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume dan jumlah sel sehingga ukuran tubuh makhluk hidup semakin bertambah besar, pertumbuhan dapat terlihat dengan jelas. Contohnya ketika anda mempunyai seorang bayi, maka anda akan melihat perubahan bentuk pada tubuh dan fisiknya. Mulai dari tubuh yang semakin memanjang dan membesar serta masih banyak lagi perubahan lainnya.

Pertumbuhan memiliki waktu tertentu, artinya tidak selamanya seseoarang akan tumbuh. Biasanya pada usia tertentu, suatu makhluk hidup tidak dapat tumbuh lagi.

Untuk contohnya manusia, mungkin usia maksimal dapat tumbuh pada umur 25 tahun, namun kemungkinan tumbuh masih ada walaupun kecil. Biasanya, proses pertumbuhan menyesuaikan gen atau keturunan, yang utama adalah tinggi badan.

2. Perkembangan

Perkembangan adalah proses perubahan menuju kedewasaan melalui proses pertumbuhan dan diferensiasi. Untuk kasus perkembangan tidak bisa diukur, karena belum tentu orang yang sudah berumur akan berkembang. Artinya, perkembangan ada selamanya, sampai individu tersebut meninggal dunia.

Hal ini bersifat kualitatif, artinya semua aspek yang berubah dalam satu objek atau subjek tersebut dapat dikatakan sebagai perkembangan.

Contohnya ketika anda memiliki seorang bayi, pasti dari hanya dapat tidur telentang, kemudian bisa berbalik,  merangkak, berjalan, hingga berlari.

Baca Juga :

B. Perbedaan

PembedaPertumbuhanPerkembangan
SifatIrreversible (tidak dapat kembali ke bentuk awalnya).

Kuantitatif, artinya suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu.

Kualitatif, artinya suatu organisme yang tadinya belum matang dalam sistem reproduksinya, seiring pertumbuhan akan menjadi lebih dewasa.
Jangka WaktuAkan berhenti pada waktu tertentu, pada manusia, umumnya proses pertumbuhan akan berhenti pada usia 25 tahun untuk tinggi badan.Terjadi selama makhluk hidup tersebut hidup.
UkuranTerukur atau cenderung dapt ditebakTidak bisa ditebak
BentukTerlihat secara fisikTerlihat lebih berkualitas
Faktor PemicuSebagian besar dari dalam, namun faktor luar juga sedikit mempengaruhiFaktor luar

C. Faktor Pertumbuhan Dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan setiap makhluk hidup itu berbeda, mengapa demikian?, karena ada faktor yang mempengaruhinya. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut :

  • Makanan, nutrisi dan kandungan gizi dari makanan. Jika gizinya baik, maka pertumbuhan dan perkembangan akan semakin cepat. Sebaliknya, jika gizinya kurang baik atau buruk, maka pertumbuhan dan perkembangan pun akan lambat, atau bahkan gagal.
  • Kondisi psikologis setiap organisme, jika kondisi psikologisnya baik, maka akan tumbuh menjadi organisme yang kuat dan sehat, begitu pun sebaliknya. Jika psikologisnya buruk, maka akan tumbuh menjadi organisme yang lemah dan kurang sehat bahkan tidak sehat.
  • Lingkungan tempat tinggal dan tempat bergaul.
  • Faktor biologis, jika seseorang berasal dari keturunan dengan genetika yang baik, maka dia akan baik pula. Begitupun sebaliknya, contoh, anak dengan keturunan bule, maka dia akan mirip bule, warga keturunan indonesia maka akan mirip warga indonesia.

Jadi itulah materi singkat tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan lengkap mulai dari pengertian, perbedaan, dan faktor – faktor.

Jika ada masukan, tuliskan di kolom komentar ya, Semoga bermanfaat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *