oleh

Perbedaan Efektif Dan Efisien Yang Wajib Anda Ketahui!

Perbedaan Efektif Dan Efisien Yang Wajib Anda Ketahui! – Jika kita mendengar tentang efektif maupun efisien, keduanya seperti memiliki arti dan makna yang sama. Namun sebenarnya keduanya berbeda.

Keduanya memang berkaitan dengan produktivitas dan manajemen waktu. Maka dari itu penting untuk memahami kedua hal tersebut.

Pada sebuah perusahaan atau organisasi, kedua kata ini seringkali dipakai, dan kedua kata ini digunakan untuk mengukur kinerja, biasanya orang akan bertanya apakah kinerjanya efektif atau efisien.

Kebetulan pada artikel kali ini saya akan membahas tentang arti dan perbedaan kedua kata tersebut. Bagi anda yang kepo, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah!.

Perbedaan Efektif Dan Efisien

A. Pengertian

  • Efektif : Adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Atau berarti mengerjakan sesuatu dengan benar agar mencapai target yang dikehendaki.
  • Efisien : Adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Dengan kata lain, efisien dapat diartikan mengerjakan sesuatu dengan rasio terbaik antara hasil dan sumber daya.

B. Perbedaan

PembedaEfektifEfisien
ArtiMelaksanakan sebuah tugas, lalu mencapai
target dan menyelesaikannya.
Menyelesaikan tugas menggunakan cara yang paling optimal, tidak membuang buang waktu, tenaga, dan SDA
Memperhatikan HasilYaYa
Usaha TidakYa
Memperhatikan ProsesTidakYa
Penggunaan WaktuTidakIya
Biaya Dan Sumber DayaTidak memperhatikanMemperhatikan

C. Contoh Efektif Dan Efisien

Banyak sekali contoh yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari hari tentang kedua kata ini. Berikut beberapa diantaranya :

  • Efektif :
    • Riski pergi dari Surabaya ke Samarinda menggunakan pesawat, maka Riski harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000.000 untuk membeli tiketnya, waktu perjalanan 1 jam 30 menit. Bisa disimpulkan, Hal yang Riski lakukan efektif dalam hal waktu, namun tidak efisien dalam hal biaya. Hal ini dikarenakan Riski mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menempuh perjalanan tersebut.
  • Efisien :
    • Riski pulang dari Samarinda ke Surabaya menggunakan Kapal laut dengan harga tiket Rp 300.000 dan ditempuh dalam waktu 48 jam. Dapat ditarik kesimpulan bahwa yang Riski lakukan efisien, namun kurang efektif. Ini karena Riski memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai di Surabaya.

Baca Juga :

D. Tips Melakukan Pekerjaan Secara Efektif Dan Efisien

Sebagai seorang manusia, terkadang kita ingin melakukan sesuatu dengan sempurna, baik efektif dan efisien. Kita ingin melakukan sesuatu dengan cepat dan dengan biaya yang murah, namun terkadang kita masih kesulitan melakukannya.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan suatu kegiatan dengan efektif dan efisien, berikut tipsnya :

  • Susun Rencana sebaik mungkin sebelum melakukan pekerjaan.
  • Gunakan Skala Prioritas, artinya, utamakan pekerjaan yang sekiranya penting terlebih dahulu, setelah itu kerjakan pekerjaan dengan skala prioritas sekunder atau tersier.
  • Kerjakan berdasarkan tingkat Kesulitan, artinya kerjakan yang mudah terlebih dahulu, setelah itu yang sulit.
  • Proses eksekusi, jangan pikirkan semua, cukup pikirkan untuk siapa pekerjaan itu dilakukan, maka anda akan melakukan semuanya dengan maksimal.
  • Pecah sebuah pekerjaan menjadi beberapa bagian (saya sarankan setiap bagian ada timnya masing-masing).

Nah, jadi itulah perbedaan efektif dan efisien mulai dari pengertian, tips melakukan, dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat ya!, jika ada tambahan, tulis di kolom komentar!.

Sekian artikel ini, terima kasih!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *