Perbedaan DNA Dan RNA : Pengertian Dan Fungsinya

Perbedaan DNA Dan RNA : Pengertian Dan Fungsinya – Pernahkah kamu mendengar DNA dan RNA?. Tentu, keduanya memiliki banyak sekali perbedaan yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Sebenarnya apa sih perbedaan DNA dan RNA itu?.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan DNA dan juga RNA. Yuk, simak artikel ini sampai habis agar kamu lebih memahami tentang DNA dan juga RNA.

Perbedaan DNA Dan RNA

A. Pengertian

  • DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat (ADN) merupakan sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika setiap makhluk hidup dan banyak jenis virus berupa asam nukelat yang didalamnya terdapat sel makhluk hidup. DNA terdiri dari materi yang membentuk kromosom-kromosom dan informasi genetik yang tersimpan dalam tubuh makhluk hidup.DNA
  • Sedangkan RNA (ribonucleic acid) atau asam ribonukleat merupakan molekul polimer yang terlibat dalam berbagai peran biologis dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen. RNA merupakan makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik.RNA

B. Letak

Letak DNA ini dapat ditemukan pada nukleus, kloroplas dan juga mitokondria. Sedangkan letak RNA dapat ditemukan pada mitokondria, nukleus, ribosom, dan juga sitoplasma.

C. Kadar

DNA memiliki sifat yang tidak berubah dan bersifat permanen yang tidak dipengaruhi aktivitas sejenis protein atau aktivitas genetis.

Sedangkan RNA ini bersifat bisa berubah karena adanya aktivitas sintesis protein dan periode nya yang pendek karena mudah terurai.

D. Fungsi DNA dan RNA

DNA memiliki fungsi sebagai pembawa materi genetika dari gen indukan ke gen turunan atau anakan. dimana DNA sering digunakan untuk mengenali identitas seseorang berdasarkan keturunan yang masih memiliki hubungan darah dengan orang tersebut.

Sedangkan RNA memiliki fungsi sebagai penyalur dan penyimpan informasi genetik pada sel makhluk hidup. Selain itu, RNA berfungsi sebagai perantara DNA dan protein pada proses ekspresi genetika.

E. Perbedaan Bentuk

Berdasarkan bentuknya, DNA memiliki bentuk yang menyerupai pita spiral ganda yang memiliki ukuran bulat dan lebih panjang.

Sedangkan, RNA memiliki bentuk pita tunggal dengan ukuran yang lebih pendek dan lebih tipis.

Baca Juga :

F. Perbedaan Proses Pembentuk DNA dan RNA

DNA memiliki proses pembentuk yang disebut sebagai replika DNA. Proses ini terjadi saatr rangkaian protein dan enzim merangkai nuklotida dalam urutan yang ditentukan.

Sedangkan proses pembentukan RNA dilakukan oleh enzim RNA polymerase untuk menyalin gen, lalu enzim akan mengikat gen yang nantinya akan ditranskripsi.

G. Struktur Penyusun

DNAdisusun oleh asam nukleat yang tersusun dari polinukleotida yang berasal dari dionuklotida yang unit pembangunnya disebut dioksinukleot.

DNA tersusun dari kimia berupa polimer yang tersusun dari rantai panjang nukleotida. Dimana nukleotida tersusun dari gula pentosa deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat.

Sedangkan, RNA memiliki satu neuklotida yang tersusun dari basa nitrogen, satu gugus fosfat dan gula pentosa ribosa yang terdiri atas pirimidin dan basa purin untuk mengikat berselang seling satu dengan yang lainnya.

Jumlah RNA dalam sel tidak bisa ditentukan secara tetap, karena RNA ini sangat mudah terurai yang harus diproduksi ulang.

H. Komponen Penyusun

Komponen penyusun DNA ini tersusun dari komponen gua deoksiribosa dan termasuk jenis basa penyusun nya yaitu primidin, purin, dan juga gugus fosfat.

Sedangkan RNA memiliki komponen penyusun berupa ribosa dan jenis basa yang menyusun yaitu primidin dan purin.


Itulah tadi beberapa perbedaan dari DNA dan RNA yang jarang sekali diketahui namun sangat penting bagi umat manusia. Sekian dulu artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed