oleh

Penyebab Pemanasan Global, Dampak, Contoh, Dan Cara Mengatasi

Penyebab Pemanasan Global, Dampak, Contoh, Dan Cara Mengatasi – Pemanasan global atau global warming adalah sebuah kondisi dimana memanasnya iklim bumi secara menyeluruh.

Bertambahnya temperatur bumi dari tahun ke tahun menyebabkan suhu di beberapa tempat menjadi lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya.

Pemanasan ini terjadi karena banyak faktor, dari beberapa faktor tersebut ada yang terjadi karena ulah manusia, ada yang terjadi secara alami, meskipun banyak yang terjadi karena ulah manusia.

Berikut beberapa sebab yang mengakibatkan pemanasan global, dampak yang bisa dialami, contoh, hingga cara mengatasinya lengkap. Yuk simak artikelnya!.

A. Penyebab Pemanasan Global

1. Rumah Kaca

Efek rumah kaca bukan berarti efek rumah yang bentuknya banyak kacanya ya. Ini hanya sebuah perumpamaan. Dimana Sinar matahari yang datang ke bumi, seharusnya dipantulkan ke luar angkasa. Namun sinar tersebut tidak dapat dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar tersebut tetap berada di dalam atmosfer.

Yang mempengaruhi efek rumah kaca ini seperti Gas gas beracun, contohnya karbon dioksida.

2. Gas Metana

Penyebab selanjutnya dari pemanasan global ini tidak lain adalah gas metana. Penyebab ini terutama berasal dari peternakan.

Hal ini karena menurut faktanya, di bandingkan industri minyak, peternakan sapi lebih banyak menghasilkan gas metana.

Bahkan, sudah terbukti bahwasanya di Amerika Serikat, sebanyak 20 % gas metana yang ada produksinya adalah dari sendawa dan kentut ternak.

3. Pembakaran Bahan Bakar Fosil

Pembakaran bahan bakar fosil, seperti bensin, solar, pertamax, aspal, dan masih banyak lagi akan menghasilkan banyak gas beracun.

Hal ini dapat mengakibatkan efek rumah kaca seperti pada poin nomor 1, yang mengakibatkan panas matahari tidak dapat keluar dari bumi, dan menyebabkan global warming.

4. Perubahan Iklim

Salah satu faktor alami yang menyebabkan global warming adalah perubahan iklim, dimana faktor ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, mulai dari puluhan hingga ratusan tahun.

5. Polusi Udara

Polusi udara banyak disebabkan oleh pabrik dan kendaraan bermotor. Asap asap tersebut tidak dapat diserap dengan baik oleh tumbuhan, maka dari itu asap tersebut menggumpal di atmosfer dan menyebabkan pemanasan global.

6. Penggunaan CFC Yang Berlebihan

CFC ini merupakan bahan kimia/gas yang dihasilkan dari beberapa alat elektronik rumah tangga. seperti AC maupun kulkas

7. Pembakaran Hutan Secara Massal

Tidak perlu diragukan lagi bahwa pembakaran hutan secara massal memang sering terjadi. Asap yang dihasilkan oleh pembakaran hutan secara massal ini memiliki akibat yang sangat fatal bagi atmosfer bumi.

Jumlah asap beracun yang sangat besar akan menggumpal di udara dan ini bisa menghalangi sinar matahari datang ke bumi. Hal inilah yang juga menjadi faktor terbesar terjadinya pemanasan global.

8. Sampah Plastik

Terakhir sampah plastik, bagaimana sampah plastik bisa menyebabkan pemanasan global?. Jadi sampah plastik dalam jumlah besar akan berakibat fatal.

Menurut penelitian, plastik mengeluarkan gas metana dan etilena ketika terkena sinar matahari dan berakibat rusak. Gas metana alami atau buatan dikatakan sebagai penyebab utama perubahan iklim. Tentu saja hal ini akan berhubungan dengan peningkatan pemanasan global.

Baca Juga :

B. Dampak

dampak pemanasan global

Tentu saja banyak dampak yang terjadi dari pemanasan global, berikut contohnya :

  • Banyak es mencair di kutub utara maupun kutub selatan.
  • Permukaan laut di seluruh dunia naik akibat mencairnya es di kutub.
  • Membahayakan ekosistem terumbu karang.
  • Perubahan iklim jadi tidak menentu.
  • Bau dari gas gas beracun mengganggu pernapasan.
  • Hewan hewan lari ke pemukiman warga karena daerahnya sudah tidak aman lagi.
  • Dan masih banyak lagi.

C. Contoh

  • Pergantian musim yang tidak menentu.
  • Muncul banyak penyakit baru.
  • Banyak spesies hewan dan tumbuhan mati.
  • Produksi pertanian menurun.
  • Dan masih banyak lagi.

D. Cara Mengatasi Pemanasan Global

Setiap masalah pasti ada jalan penyelesaiannya, tidak terkecuali pemanasan global. Ada banyak cara mengatasi pemanasan global, berikut caranya :

  • Mengurangi penggunaan energi fosil.
  • Menggunakan angkutan umum dan mengurangi menggunakan kendaraan pribadi.
  • Beralih menggunakan energi ramah lingkungan.
  • Mengurangi penebangan pohon dan menggalakkan penghijauan di sudut sudut kota.
  • Menghemat penggunaan listrik, dan masih banyak lagi.

Jadi itulah sekilas artikel tentang penyebab pemanasan global, dampak yang dihasilkan, hingga cara mengatasinya. Kita sebagai umat manusia wajib menjaga bumi tempat tinggal kita baik untuk diri kita sendiri dan kelangsungan hidup generasi selanjutnya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *