oleh

Pengertian Trikora, Sejarah, Isi, Tujuan, Operasi Dan Lainnya Lengkap

Pengertian Trikora, Sejarah, Isi, Tujuan, Operasi Dan Lainnya Lengkap – Hallo sahabat klikpedia, ketemu lagi dalam situs belajar online yang tentunya sangat membantu kamu untuk menemukan hal-hal baru dan menjawab semua pertanyaan kamu tentang apapun.

Nah, kesempatan kali ini, kami telah merangkum kan satu materi yang tentunya akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu. Kesempatan kali ini kami akan membawakan artikel mengenai Trikora, yang tentunya sudah lengkap dengan pengertian, sejarah, isi, tujuan, dan juga prosesnya. Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini sampai habis ya!.

Pengertain Trikora

A. Sejarah

tri komando rakyat

“Trikora atau Tri Komando Rakyat ialah konflik yang terjadi selama dua tahun yang telah dilancarkan Indonesia guna untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat.”

Trikora ini bermula saat Belanda akan menjajah Indonesia kembali dengan tidak menyerahkan Irian Barat. Hal ini dilakukan Belanda karena Irian Barat memiliki surga alam yang berlimpah dan juga menimbun batuan yang amat banyak.

Karena itulah digadang-gadang Irian Barat akan dijadikan sumber batu bara dan dibuat wisata yang menakjubkan. Belanda akan mengirimkan batalyon angkatan darat secara terus menerus ke Irian Barat dengan tujuan untuk memperkuat sistem pertahanan.

Belanda melakukan hal tersebut agar Indonesia kesulitan menembus pertahanan Belanda sehingga tidak bisa merebut Irian Jaya. Bahkan Indonesia dan Belanda telah melakukan Konferensi Meja Bundar atau KMB. Namun, rapat tersebut tidak bisa menemukan titik terang.

PBB pun mengeluarkan keputusan bahwa Papua Barat berhak memilih kemerdekaan mereka sendiri. Bahkan Belanda sempat mengundang Indonesa ke Mahkamah Internasional untuk menyelesaikan masalah itu, namun Indonesia dengan tegas menolaknya.

Belanda akhirnya mempersiapkan akademi angkatan laut dan juga tentara papua. Indonesia yang tak mau kalah juga melakukan tindakan dengan membentuk Provinsi Irian Barat. Setelah mendapat persetujuan Amerika Serikat, pihak Australia mendukung papua menjadi bagian Indonesia.

B. Isi Trikora

Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno telah mengumumkan pelaksanaan adanya pelaksanaan Trikora di alun-alun bagian Utara Kota Yogyakarta. Lantas Soekarno dan kawan-kawan tak tinggal diam. Ia membentuk sebuah komando mandala dimana Mayor Jendral Soeharto ditunjuk sebagai panglima perang untuk merebut Irian Jaya dan melawan Belanda.

Adapun tugas dari komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan juga menyelenggarakan operasi militer ini guna untuk menggabungkan Indonesia dengan Papua Barat

  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.
  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia.
  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.

 

C. Tujuan

Trikora bertujuan untuk merebut Irian Barat dari Belanda yang merupakan milik Indonesia. Seperti yang ada pada isi trikora, yaitu untuk menggagalkan pembentukan negara boneka Papua yang tak lain adalah buatan dari Belanda.

Selanjutnya, trikora juga memiliki tujuan untuk mengibarkan bendera merah putih pada wilayah Irian Barat yang merupakan tanah air milik Indonesia.

Dan yang terakhir, Trikora memiliki tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kesatuan tanah air Indonesia dan juga bangsa Indonesia.

Baca Juga :

D. Operasi Trikora

soeharto

Operasi Trikora ini mulai dilancarkan pada tahun 1962, dimana pada saat itu pemerintah RI telah melancarkan operasi militer yang bersandingkan dengan operasi Trikora. Seluruh angkatan perang milik Indonesia dikerahkan untuk merebut Irian Jaya.

Pasukan yang dilancarkan aksinya antara lain TNI AD atau RPKAD, TNI AL atau Kopaska, Komando Pasukan Gerak Tjepat AURI dan juga pemerintahan untuk menyelinapkan misi intelijen, sabotase, penyusupan, dan untuk melancarkan perang secara gerilya.


Itulah tadi penjelasan tentang pengertian Trikora, isi Trikora, sejarah Trikora, tujuan Trikora, dan juga operasi Trikora. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed