Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli Lengkap – Stratifikasi sosial adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.

Lantas apa itu stratifikasi sosil?. Menurut wikipedia, stratifikasi sosial adalah pembedaan atau pengelompokan atau penggolongan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).

Lalu KBBI sendiri memiliki pendapatnya, yakni Stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk berupa kelas-kelas secara bertingkat atas dasar kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise.

Selain kedua pihak di atas, banyak ahli yang memiliki pandangan tersendiri tentang hal ini. Berikut beberapa pendapat para ahli!.

A. Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli

1. Soerjono Soekanto

Menurut beliau, pengertian dari stratifikasi sosial adalah perbedaan masyarakat atau penduduk ke dalam berbagai kelas secara bertingkat.

2. Robert M. Z. Lawang

M. Z. Lawang berpendapat bahwa, stratifikasi sosial merupakan pengelompokan orang-orang yang termasuk ke dalam sebuah sistem sosial tertentu pada lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, keistimewaan dan juga gengsi.

3. Max Weber

Max Weber berpendapat bahwa Stratifikasi yaitu pengelompokan orang-orang yang termasuk ke dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam beberapa lapisan secara hirarkis sesuai dengan dimensi kekuasaan, privilese dan juga prestise.

4. Horton Dan Hunt

Menurut pendapat yang disampaikan oleh Horton dan Hunt,  stratifikasi sosial adalah sistem perbedaan status yang berlaku atau hidup dalam lingkungan masyarakat.

5. Bruce J. Cohen

Sosial stratifikasion merupakan sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang ia miliki serta memposisikan mereka dalam kelas sosial yang sesuai.

6. Astrid S. Susanto

Menurut Astrid S. Susanto, stratifikasi sosial adalah hasil dari kebiasaan interaksi antar manusia secara teratur serta tersusun sehingga setiap saat seseroang memiliki situasi yang menentukan hubungannya dengan orang lain secara vertikal ataupun horizontal dalam masyarakat.

7. P. J. Bouman

Bouman berpendapat, strata sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hal istimewa yang tertentu dan sebab itu akan menuntut rasa gengsi kemasyarakatan.

8. Pitirim A. Sorokim

Menurutnya, Stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat pada berbagai kelas secara bertingkat hierarkis.

9. Leibo

Stratifikasi sosial adalah posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial dalam masyarakat, yang berhubungan dengan orang-orang lain dalam kelompok tersebut atau masyarakat.

10. Wulansari

Wulansari berpendapat bahwa Stratifikasi sosial adalah suatu perbedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas-kelas secara bertingkat secara hirarkis. Perwujudannya adalah kelas-kelas tinggi dan kelas-kelas yang lebih rendah.

Baca Juga :

B. Ciri – Ciri

  • Adnya perbedaan hak dan kewajiban.
  • Terdapat perbedaan peranan dan status.
  • Adnya sistem simbol untuk menyatakan status.
  • Terdapat perbedaan dalam pola interaksi yang terjadi antar kelompok.
  • Adanya perbedaan dalam gaya hidup yang terjadi antar kelompok.
  • Terdapat perbedaan dalam hal kemampuan yang terjadi antar kelompok.

C. Proses Terjadinya Stratifikasi Sosial

Ada 2 jenis proses terjadinya stratifikasi sosial, yakni :

1. Terjadi Dengan Sendirinya

Untuk yang satu ini bisa terjadi dikarenakan faktornya telah ada sejak seseorang itu lahir atau pada sebuah proses ini dapat terjadi sebab pertumbuhan masyarakat.

Seseorang individu menempati lapisan tertentu yang bukan karena disengaja yang dibuat oleh masyarakat atau dirinya sendiri, akan tetapi terjadi dengan sendirinya atau otomatis.

2. Terjadi Dengan Cara Disengaja

Faktor ini bisa terjadi secara sengaja dengan maksud untuk sebuah kepentingan atau tujuan bersama. Sistem ini telah ditentukan dengan terdapatnya suatu wewenang dan juga kekuasaan yang diberikan oleh seseorang atau organisasi.

Contohnya saja seperti seseorang diberikan tempat bekerja, jabatan yang tinggi, partai politik, pemerintah dan lain sebagainya.

Nah, jadi itulah pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli. Sudah jelas bukan?, jika ada masukan, tulis di kolom komentar ya!. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *