oleh

Pengertian Simpangan Kuartil, Rumus, Bentuk Dan Contoh Soal

Pengertian Simpangan Kuartil, Rumus, Bentuk dan Contoh Soal – Pernahkah kamu mendengar tentang simpangan kuartil?. Sudahkah kamu paham dan apakah itu simpangan kuartil?. Jadi, simpangan kuartil ini adalah ilmu pelajaran matematika yang dipelajari di bangku sekolah.

Kesempatan kali ini saya akan mengankat artikel tentang simpangan kuarti yang tentunya lengkap dengan pengertian, rumus simpangan kuartil, bentuk simpangan kuartil dan juga contoh soal simpangan kuartil. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel ini sampai habis ya!.

A. Pengertian Simpangan Kuartil

Simpangan kuartil atau disebut sebagai jangkauan semi antar kuartil yaitu setengah dari jangkauan kuartil.  Sedangkan kuartil adalah suatu nilai yang digunakan untuk membagi data yang telah diurutkan ke dalam empat bagian yang memiliki nilai sama besar.

Saat menentukan letak kuartil data tunggal, maka harus melihat kondisi jumlah data (n) terlebih dahulu. Sehingga kuartil dapat dianggap sebagai pembagi data yang telah diurutkan menurut besarnya, dari yang terkecil ke yang terbesar.

K3 – K1 atau dengan JAK = jangkauan antar kuartil, k3 = kuartil ke 3, K1 = kuartil ke 1

Nilai Starndart (z-Score)

Seandainya kita memiliki satu stempel yang memiliki ukuran n (banyak datanya = n), dan dari datanya x1, x2, x3, …, xn. Maka rata-ratanya = x. dan simpangan bakunya = s. terbentuk dari data baru = z1, z2, z3, …, zn dengan menggunakan koefisien variasi.

Koefisien variasi

KV = JAK = K3 – K1

Jangkauan semi antar kuartil = 1/2 (K3 – K1)

Kuartil notasi = q

B. Bentuk Simpangan Kuartil

Terdapat tiga bentuk simpangan kuartil, yaitu :

1. Kuartil Bawah (Q1)

Tahapan awal adalah dengan mencarai nilai dari kuartil bawah atau Q1, sehingga dapat diperoleh Batas bawah dari nilai kuartil (Bb), frekuensi komulatif (fk) yang dapat diperoleh dari hasil penjumlahan frekuensi persis di atas data frekuensi. fQ1 adalah frekuensi dari data itu sendiri

2. Kuartil Tengah (Q2)

Dengan terlebih dahulu mencari  niliai kuartil tengah, dapat diperoleh batas bawah dari nilai kuartil (Bb), frekuensi komulatif (fk) dan dapat diperoleh bahwa jumlah frekuensi persisi di atas data frekuensi. fQ2 adalah frekuensi dari data itu sendiri.

3. Kuartil Atas (Q3)

Dengan terlebih dahulu mencari nilai kuartil atas, dan dapat diperoleh Batas bawah dari nilai kuartil (Bb), frekuansi komulatif (fk) dapat diperoleh dari jumlah frekuensi persisi di atas data frekuensi. fQ3 adalah frekuensi dari data itu sendiri.

Baca Juga :

C. Rumus Simpangan Kuartil

Untuk menentukan sebuah simpangan kuartil diperlukan rumus untuk menghitung nya. Rumus dari simpangan kuartil adalah :

Qd = (1/2) (Q3 – Q1)

Keterangan :

Qd = Simpangan kuartil

Q1 = Kuartil bawah atau kuartil ke-1

Q3 = Kuartil atas atau kuartil ke-3

D. Contoh Soal

Berikut ini adalah contoh soal dari simpangan kuartil yang tentunya akan membuat kamu lebih mudah memahami materi tentang simpangan kuartil.

1. Contoh Pertama

tentukan jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil pada data di bawah ini :

20   35   50   45   30   30   25   40   45   30   35

Jawaban :

Pertama urutkan dahulu data untuk mencari kuartil atas dan kuartil bawahnya.

20    25    30     30    30    35    35    40    45    45    50

  (Q1)                   (Q2)                  (Q3)

Sehingga dapat diketahui bahwa Q1 = (30), Q2 = (35), Q3 (45)

maka,

QR = Q3 – Q1

QR = 45 – 30

QR = 15

Adapun simpangan kuartil nya yaitu adalah:

Qd = ½QR

Qd = ½.15

Qd = 7,5

Jadi jawabannya : jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil dari data tersebut ialah 15 & 7,5.


Sudah paham dengan materi simpangan kuartil belum?. Jika masih ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Sekian dulu artikel dari saya tentang pengertian simpangan kuartil yang sudah lengkap dengan pengertian, bentuk, rumus simpangan kuartil dan juga contoh soal simpangan kuartil. Semoga bermanfaat ya dan Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya ya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed