oleh

√ Pengertian Senam Irama : Sejarah, Gerakan, Jenis, Manfaat, Lengkap

Pengertian Senam Irama : Sejarah, Gerakan, Jenis, Manfaat, Lengkap – Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan senam yang satu ini, yaitu senam irama. Namun, banyak orang yang mengetahui senam ini sebagai senam yang dilakukan oleh ibu hamil, senam TKJ, senam aerobic atau pun senam yang dipadu padankan dengan musik.

Tidak salah jika mengartikan senam irama sebagai senam yang seperti itu, namun pemahaman seperti itu kurang tepat untuk diartikan sebagai senam irama. Lalu apa yang dimaksud dengan senam irama itu sendiri?. Berikut ulasan mengenai pengertian senam irama.

Pengertian Senam Irama

Senam irama ialah salah satu cabang olahraga senam yang diperagakan oleh seseorang maupun kelompok yang memperlihatkan koreografi yang menyatu dengan akrobatik, balet, tari modern dengan menggunakan alat bantu seperti tali, bola, simpai dan juga gada.

Senam ini merupakan senam yang dapat dipertandingkan dalam sebuah olimpiade maupun senam irama internasional. Senam irama ini biasanya digunakan untuk kebugaran dan juga kesehatan tubuh, dengan cara melakukan gerakan senam yang dipandu oleh seorang pemandu senam.

Senam ini biasanya didominasi oleh perempuan, dan menurut pakar bidang seni, senam ini berasal dari Eropa. Namun daerah Jepang berani untuk mempelopori senam irama untuk kaum pria walaupun hal tersebut hanya dilakukan di Negara bunga sakura saja.

Dalam melakukan senam, biasanya diiringi dengan gerakan-gerakan senam yang diawali dari pemanasan, inti, hingga pendinginan. Gerakan yang dilakukan biasanya seperti senam Zumba, Aerobic, dan masih banyak lagi.

A. Sejarah Senam Irama

sejarah senam irama

Sejarah senam irama bermula dari pendapat Jean-Georges Noverre (1727-1810), Francois Delsarte (1811-1871), dan Rudolf Bode (1881-1970). Ketiganya percaya atas pentingnya ekspresi gerak dimana seseorang menggunakan tubuhnya untuk mencipta keindahan melalui rangkaian gerak tertentu.

Gagasan tersebut kemudian dikembangkan oleh Peter Henry Ling pada abad ke 19 dalam suatu latihan yang disebut sebagai Swedish system/sistem Swedia. dari gerakan bebas yang kemudian dipromosikan sebagai “gymnastik estetis” yang mana seorang atlet mengekspresikan dirinya, emosinya, dan perasaannya melalui gerakan tubuh.

Gagasan tersebut kemudian dikembangkan lagi oleh Catharine Beecher, pendiri Western Female Institute di Ohio, USA tahun 1837. Dalam program latihan yang diciptakan olehnya, yang dikenal dengan pesenam perempuan berlatih dengan menggunakan musik mulai dari gerakan sederhana menuju gerakan kompleks.

Semenjak itu mulai bermunculan para pelopor penggagas ekspresi tubuh, gerak dan musik dengan berbagai jenis gaya. Kemudian pada awal abad 20, semua jenis gaya tersebut dikombinasikan di sekolah Gymnastics Rhytmic Swedia dan banyak juga sekolah lainnya.

B. Jenis Senam Irama

Senam irama terbagi menjadi tiga aliran, hal ini disesuaikan sesuai dengan perkembangannya, yaitu :

1. Senam Irama Dari Seni Sandiwara

Senam irama dari seni sandiwara ini dipelopori oleh seorang sutradara bernama Francois Delsarte pada tahun 1811-1871. Beliau menginginkan agar gerakan dalam sandiwara yang terkesan dibuat-buat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi beliau belum berhasil mewujudkan hal tersebut, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat. Dialah orang pertama yang menciptakan sistem senam irama.

2. Senam Irama Dari Seni Musik

Senam irama dari seni musik ini dipelopori oleh seorang guru musik yang bernama Emile Jaques Dalcroze pada tahun 1865-1950. Pengembangan yang dilakukan yaitu dengan menyatakan lagu dalam bentuk gerakan.

3. Senam Irama Dari Seni Tari

Senam irama dari seni tari atau balet ini dipelopori oleh seorang koreografer dan penari yang bernama Rudolf Von Laban pada yang berasal dari Hongaria pada tahun 1879-1958.

Baca Juga :

C. Manfaat Senam Irama

Setiap gerakan senam tentunya memiliki manfaat, begitu pun dengan senam yang satu ini. Senam ini memiliki beberapa manfaat selaan sebagai kebugaran, diantaranya :

  • Untuk kesehatan dan kebugaran tubuh
  • Bagi penonton, senam irama memberikan manfaat berupa kesenangan yang mampu menstimulus penonton untuk rajin ber-olahraga
  • Sebagai medan referensi yang digunakan sebagai ilmu pengetahuan tentang beberapa kemungkinan gerakan tubuh.
  • Membakar lemak-lemak membandel, cocok dilakukan oleh mereka yang ingin memangkas berat badan.

D. Tujuan Senam Irama

Senam irama memiliki beberapa tujuan diantara nya :

  • Meningkatkan kinerja paru-paru
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan paru-paru
  • Mencegah seseorang dari berbagai macam penyakit
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan fungsi jantung
  • Meningkatkan koordinasi tubuh terutama saat memasuki usia renta

E. Alat Senam Irama

Dalam senam irama terdapat alat yang dapat digunakan sebagai pendamping dari gerakan senam, yaitu :

1. Pita

Pita yang digunakan ialah pita yang berbahan dasar halus seperti kain satin dan terdapat tongkat pendek berbahan plastik atau kayu dengan diameter 1cm dan panjang 35cm

2. Bola

Bola yang digunakan memiliki ukuran diameter 18-10 cm yang terbuat dari karet atau pun plastik. Setiap bola memiliki berat 4000 gram dan dimainkan dengan cara di lempar, di gelinding kan atau pun hanya dipegang sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh atlet.

3. Simpai

Simpai yang digunakan dalam senam ini memiliki ukuran diameter 51-90 cm dengan minimal berat 300 gram. Biasanya, simpai yang digunakan berbahan plastik atau kayu dengan warna yang natural dan dapat di kombinasi kan dengan kostum yang digunakan oleh atlet.

F. Gerakan

Pada senam irama ini, banyak gerakan yang bisa dilakukan. Seperti contohnya di bawah ini :

  • Kaki
    • Langkah kaki
    • Langkah rapat
    • Langkah keseimbangan
    • Langkah depan
    • Langkah silang
  • Tangan
    • Ayunan satu lengan ke samping
    • Ayunan satu lengan ke depan belakang
    • Ayunan Dua Lengan Ke Depan Belakang
    • Ayunan Dua Lengan Silang Di Depan Badan
    • Ayunan Satu Lengan Ke Samping Bersamaan Dengan Memindahkan Berat Badan
  • Variasi Gerakan Kaki Dan Tangan

Itulah ulasan mengenai pengertian senam irama secara singkat, semoga dengan adanya artikel ini mampu membuat Anda semakin rajin untuk program pembugaran tubuh. Jaga kesehatan, jika ada masukan atau kritiakan, masukkan di kolom komentar. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed