√ Pengertian Pranata Sosial, Ciri, Fungsi, Jenis, Bentuk Dan Contoh

Pengertian Pranata Sosial, Ciri, Fungsi, Jenis, Bentuk Dan Contoh – Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang pranata sosial. Namun, sudahkah Anda paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan pranata sosial?. Pranata sosial merupakan system tata dalam perlakuan hubungan yang akan berpusat kepada aktifitas-aktifitas dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan khusus dalam lingkup sosial atau masyarakat.

Dalam kehidupan bermasyarakat, jumlah dari pranata sosial ini relative beragam terlebih lagi jumlahnya yang semakin berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan yang ada dalam masyarakat tersebut.

Sebelum kita belajar lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui dan mempelajari lebih lanjut mengenai pranata sosial ini sendiri.

A. Pengertian Pranata Sosial

Nama pranata sosial sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu kata ‘sosial instyitution’ yang memiliki arti norma dan nilai sosial yang berharga dan dianggap penting adanya dalam masyarakat.

Dalam hal ini, pranata sosial memiliki makna yaitu sistem norma yang menyusun sebuah rangkaian tindakan yang berpola dan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan pokok pada manusia dalam kehidupan masyarakat yang ada dalam proses pembelajaran.

Setiap manusia tentulah membutuhkan yang namanya pembentukan pranata sosial, hal ini dipertunjukan agar setiap kelompok atau pun individu tetap menjaga hubungan sosial yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam pranata sosial sendiri, terdapat nilai dan juga norma sosial yang mampu mengatur hubungan sosial. Dengan adanya pranata sosial, maka hubungan antara masyarakat akan mencapai suatu keteraturan

B. Ciri-Ciri Pranata Sosial

Berikut adalah ciri-ciri pranata sosial menurut John Levis Gillin dan John Phillpe Gillin, diantara nya :

  • Memiliki sebuah organisasi pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud yang dilakukan melalui aktivitas kemasyarakatan yang menghasilkan adat istiadat, kebiasaan, tata kelakuan dan unsur-unsur kebudayaan yang tergabung dalam satu unit yang fungsional.
  • Memiliki satu atau beberapa tujuan tertentu yang telah disepakati bersama oleh anggota masyarakat.
  • Memiliki tingkat kekekalan tertentu yang akan membuat orang menganggapnya sebagai himbauan norma yang telah sepatutnya untuk dipertahankan.
  • Memiliki sebuah tradisi khusus tertulis maupun tidak tertulis yang menjadikan lambang dasar bagi pranata yang bersangkutan dalam menjalankan fungsinya dengan maksud untuk merumuskan tujuan dan tata tertib yang berlaku.

Baca Juga :

C. Jenis-Jenis Dan Contoh Pranata Sosial

ciri pranata sosial

Terdapat 5 jenis pranata sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu :

1. Pranata Keluarga

Pranata keluarga ialah pranata yang memiliki hubungan dekat dengan kita yang meliputi lingkungan keluarga dan kerabat. Pranata keluarga ini akan mempengaruhi adanya pembentukan watak dan perilaku seseorang.

Oleh karena itu, pranata keluarga memiliki fungsi untuk menjaga sekaligus mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat.

2. Pranata Agama

Pranata agama ialah sebuah pranata yang mempunyai peranan  dalam mengatur keimanan atau kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mencangkup tentang tata cara atau kaidah mengenai pergaulan antara manusia dengan manusia dan antara manusia dengan lingkungan disekitar nya.

3. Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan ialah pranata yang terjadi karena adanya proses interaksi dari berbagai faktor yang memiliki penghasilan penyandaran diri dan penyandaran lingkungan sehingga akan menampilkan rasa percaya akan lingkungan.

4. Pranata Politik

Pranata politik ialah pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan yang meliputi berbagai macam urusan dan tindakan atau kebijakan yang berkaitan dengan pemerintah Negara maupun Negara lainnya.

Dalam hal ini yang termasuk dari politik adalah semua aktifitas dan usaha manusia untuk memperoleh, mempertahankan dan menjalankan kekuasaan yang memiliki keterkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah Negara.

5. Pranata Ekonomi

Pranata ekonomi merupakan bagian dari pranata sosial yang mengatur tentang kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan juga konsumsi jasa atau barang yang dibutuhkan oleh manusia.

D. Fungsi Pranata Sosial

  • Mengatur agar kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi secara memadai.
  • Mengatur supaya kehidupan sosial warga masyarakat bisa berjalan dengan tertib dan lancar sesuai kaidah-kaidah yang berlaku.
  • Memberikan pegangan dalam pengendalian sosial/social control.
  • Memberi pedoman pada masyarakat tentang bagaimana bertingkah laku dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Menjaga keutuhan masyarakat dari ancaman perpecahan atau disintegrasi.

Demikianlah penjelasan mengenai pranata sosial lengkap mulai dari pengertian, contoh, jenis, dan fungsi. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan Anda. Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed