√ Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap – Setiap manusia pasti bermukim dan tinggal dalam suatu tempat yang disebut sebagai negara. Kita contohnya, yang tinggal dan bermukim di Negara Indonesia. Namun, tahukah kalian, apa arti dari negara itu sendiri?.

Negara, merupakan sekelompok orang yang menempati atau berdiam di suatu wilayah dan memiliki organisasi yang dipimpin oleh pemerintah negara yang sah dan memiliki kedaulatan. Dan menurut KBBI, negara ialah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Namun, banyak sekali pengertian yang telah ditetapkan oleh beberapa pakar atau ahli. Berikut kami akan mengulas mengenai pengertian negara mernurut para ahli, baik itu ahli dalam negeri maupun luar negeri.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

1. Aristoteles

Menurutnya negara ialah suatu persekutuan dari keluarga dan desa demi hingga mampu berdiri sendiri, untuk bisa meraih kesenangan dan kehormatan.

2. Max Weber

Menurutnya, negara ialah suatu masyarakat yang memiliki sebuah monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik yang telah berlaku dalam wilayah tersebut.

3. Plato

Menurutnya negara ialah sebuah organisasi kekuasaan dan sarana yang dipegang dan digerakkan oleh manusia, dari manusia, dan untuk manusia, agar tercapainya suatu tujuan bersama.

4. Prof. Miriam Bujiardjo

Menurutnya negara ialah sebuah wilayah tertentu yang dapat memiliki kekuasaan secara sah kepada seluruh golongan kekuasaan yang lain dan dapat menerapkan tujuan dari kehidupan masyarakat secara bersama.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa negara adalah sekelompok manusia yang tinggal di dalam sebuah wilayah tertentu yang diorganisasikan oleh pemerintah negara yang berlaku dan umumnya memiliki sebuah kedaulatan.

Baca Juga :

5. Mac Iver

Menurutnya negara ialah persembatanan yang bertindak melalui hukum dan diselenggarakan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan sebuah kekuasaan untuk memaksa dan dalam satu kehidupan yang telah dibatasi secara teritorial untuk mempertegakkan syarat-syarat lahir yang umum dari ketertiban sosial.

6. John Locke

john locke

Menurutnya John Locke, negara ialah sebuah badan atau organisasi sebuah hasil dari perjanjian yang telah diputuskan oleh masyarakat.

7. Karl Marx

Menurutnya negara ialah sebuah alat kelas yang memiliki kuasa untuk menindas atau mengeksploitasi kelas yang lainnya.

8. Ibnu Chaldun

Menurutnya negara ialah masyarakat yang memiliki dan mempunyai kewajiban dan juga kekuasaan.

9. Hugo de Groot (Grotius)

Menurutnya negara ialah sebuah ikatan manusia yang inshaf akan arti dan panggilan hukum kodrat.

10. Roger F. Soleau

Menurutnya negara ialah sebuah sarana atau wewenang yang mengendalikan dan mengatur masalah-masalah yang sifatnya umum di dalam kehidupan masyarakat.

11. Dr. W.L.G Lemaire

Menurutnya negara ialah suatu masyarakat manusia teritoerial yang sudah terorganisasikan.

12. Prof. Mr. Soenarko

Menurutnya negara ialah sebuah organisasi masyarakat yang memiliki sebuah wilayah tertentu dimana kekuasaan dalam negara tersebut berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

13. George Wilhelm Friedrich Hegel

George Wilhelm Friedrich Hegel

Menurutnya negara ialah sebuah organisasi keasusilaan yang timbul sebagai sintesis antara kemerdekaan individu dengan kemerdekaan universal.

14. Logeman

Menurutnya negara ialah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaanyya bertujuan untuk mengatur dan mengurus masyarakat.

15. Harold J. Laski

Menurutnya negara ialah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung dari pada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat.

16. Nasroen

Menurutnya negara ialah sebuah pergaulan hidup dan realisasi ide negara yang muncul dari suatu kemauan umum.

17. Prof. Mr. L. J. Van Apeldoorn

Menurutnya negara ialah sebuah negara yang di dalamnya didiami oleh suatu bangsa di bawah kekuasaan  tertinggi.

18. J.J Rousseau

J.J Rousseau

Pendapat dari JJ Rousseau mengenai negara adalah yang menjaga dan memelihara dari kemerdekaan individu serta ketertiban kehidupan manusia.

19. G. Pringgodigdo, SH

Negara merupakan organisasi kekuasaan atau wewenang dan kewibawaan yang mewajibkan memenuhi persyaratan unsur tertentu, yakni harus memiliki pemerintahan berdaulat/diakui, wilayah tertentu serta rakyat yang hidup teratur agar dapat disebut menjadi suatu bangsa.

20. M. Solly Lubis. SH

Negara adalah bentuk pergaulan hidup antar manusia yang bisa disebut sebagai komunitas dengan dengan syarat tertentu di antaranya seperti wilayah, rakyat, dan pemerintahan.

21. Roelof Krannenburg

Negara adalah wilayah/daerah tertentu yang mana di dalamnya ada bangsa dibawah kekuasaan tertinggi.

Itulah beberapa ulasan mengenai arti negara menurut para ahli baik ahli luar negeri maupun dalam negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Jika ada masukan dan kritikan, tuliskan di kolom komentar, Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed