Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Dunia Lengkap

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Dunia Lengkap – Dalam dunia pendidikan, kita yang sudah belajar mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah atas maupun sekolah menengah atas disebut dengan pelajar. Dan setelah lulus SLTA sederajat, kita memiliki pilihan untuk meneruskan pendidikan ke tahap selanjutnya, yakni tahap perguruan tinggi.

Di perguruan tinggi, kita sudah tidak disebut pelajar, melainkan mahasiswa dan mahasiswi. Lantas apa pengertiannya, dan apa perbedaannya?. Yuk simak penjelasan berikut.

A. Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Dunia Lengkap

Secara umum, kata mahasiswa orang yang belajar dari menjadi dua suku kata yaitu “maha” dan “siswa”. Maha artinya “ter” dan siswa artinya “pelajar” jadi mahasiswa bisa diartikan terpelajar atau seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik di universitas, institut atau akademi. Seorang mahasiswa tidak hanya mempelajari bidang yang ia pelajari, tetapi juga mengaplikasikan dan mampu berkreatifitas tinggi dalam bidang tersebut.

Seseorang yang menyandang gelar mahasiswa pasti memiliki kebanggaan sekaligus tantangan. Ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar, karena digadang gadang mampu membawa perubahan. Menjadi seorang yang bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh kelompok atau masyarakat. Namun, beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing, yaitu.

1. Agent Of Change

Mahasiswa adalah seseorang yang bertindak sebagai penggerak yang mengajak masyarakat untuk dapat bergerak dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dengan pertimbangan berbagai ilmu, gagasan, serta pengetahuan yang mereka miliki. Mahasiswa merupakan harapan bangsa dan negara.

2. Guardian Of Value

Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai-nilai masyarakat yang kebenarannya mutlak. Menjunjung tinggi nilai kejujuran, keadilan, gotong royong, integritas, empati dan sifat yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat lainnya.

Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk dapat berpikir secara ilmiah tentang nilai-nilai yang mereka jaga.

3. Moral Force

Mahasiswa memiliki tingkat pendidikan tertinggi, sehingga wajib bagi mereka untuk memiliki moral yang baik. Tingkat intelektual seorang mahasiswa akan disejajarkan dengan tingkat moralitasnya dalam kehidupannya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Mahasiswa adalah seseorang yang belajar di perguruan tinggi, di dalam struktur pendidikan di Indonesia, mahasiswa memegang status pendidikan tertinggi diantara yang lainnya.

5. Knopfemacher

Mahasiswa merupakan calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi yang terdidik dan diharapkan untuk menjadi calon-calon intelektual.

6. Sarwono

Mahasiswa merupakan setiap orang yang secara terdaftar untuk mengikuti pelajaran di sebuah perguruan tinggi dengan batasan umur sekitar 18 sampai 30 tahun.

Mahasiswa adalah suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya, karena adanya ikatan dengan suatu perguruan tinggi.

B. Peran Dan Fungsi Mahasiswa

mahasiswa mahasiswi

  • Sebagai Social Control, Artinya, mahasiswa adalah pengontrol kehidupan sosial, contoh mengontrol kehidupan sosial yang dilakukan masyarakat.
  • Moral Force, Mahasiswa merupakan kumpulan orang yang memiliki moral baik.
  • Iron Stock, Adalah sumber daya manusia dari mahasiswa itu dan tidak akan pernah habis.
  • Agent Of Change, Merupakan Agen perubahan, maksudnya sumber daya manusia untuk melakukan perubahan, jadi mereka merupakan kelompok yang kehadirannya dinanti nantikan untuk melakukan perubahan.
  • Direct Of Change, Mereka bisa melakukan perubahan langsung karena SDM nya yang banyak.

Baca Juga :

C. Ciri – Ciri Mahasiswa

  • Berusaha sukses dalam bidang akademik
  • Aktif dalam organisasi, organda dan olahraga
  • Romantisme dalam dunia asmara
  • Rasional, memiliki pemikiran dan pertimbangan yang logis dan masuk akal
  • Analisis, kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.
  • Kritis, merupakan sebuah aliran pemikiran yang menekankan penilaian reflektif dan kritik dari masyarakat dan budaya dengan menerapkan pengetahuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
  • Universal artinya umum. Contohnya, konsep kemanusiaan merupakan konsep yang dipercaya berlaku universal, sebab konsep ini dipercaya dimiliki oleh setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, suku, dan bangsa.
  • Sistematis, merupakan segala usaha untuk meguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.
  • Inovatif, artinya mampu menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat.
  • Revolusioner, mampu mengubah keadaan dan situasi yang lebih baik lagi.

Oke, jadi itulah materi mengenai pengertian mahasiswa menurut para ahli, ciri cirinya, dan fungi serta perannya. Jika ada yang kurang, masukan, atau kritikan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed