Pengertian Kata Serapan : Macam, Cara Penyerapan, Dan Contohnya

Pengertian Kata Serapan : Macam, Cara Penyerapan, Dan Contohnya – Ketika kalian belajar di bangku sekolah, pasti anda pernah mendengar beberapa kata yang tidak jauh berbeda dari bahasa inggris, bahasa jawa, bahasa arab, dan bahasa lainnya.

Ini disebut kata serapan. Pada artikel kali ini, saya akan mengulas tentang apa itu kata serapan secara lengkap beserta macam, cara penyerapan sehingga digunakan dalam kehidupan sehari hari, dan contohnya. Yuk simak sama sama!.

A. Pengertian Kata Serapan

Adalah kata yang berasal dari bahasa asing dan sudah diintegrasikan ke dalam bentuk bahasa yang telah diterima pemakaiannya secara umum oleh masyarakat setempat.

Setiap bahasa memiliki cara untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan untuk mengekspresikan perasaan maupun benda benda yang ada di sekitarnya, sampai pada suatu waktu, kata-kata tersebut yang sering diucapkan digunakan masyarakat melalui kesepakatan bersama.

Di Indonesia, kata serapan banyak diambil pada saat era penjajahan, karena selain masuknya kolonialisme, budaya dan kebiasaan asing masuk ke tanah air dan beberapa diantaranya digunakan dan disepakati dalam kehidupan sehari hari.

Selain dari bahasa inggris, kata serapan bisa juga diambil dari bahasa daerah, seperti bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa melayu, dan masih banyak lagi.

B. Macam – Macam

Kata serapan masuk bisa melalui beberapa cara, yakni dengan cara Adopsi, Adaptasi, Terjemahan, hingga Kreasi. Berikut penjelasannya satu persatu :

1. Adopsi

Ketika kata asing diadopsi dalam bahasa Indonesia, Adopsi pertama tetap digunakan, namun memakai kata bahasa Indonesia.

Proses serapan kata melalui sistem adopsi merupakan proses terserapnya bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia dengan mengambil keseluruhan kata, dan bahasa yang diambil adalah kata yang mempunyai makna sama.

2. Adaptasi

Melalui proses adaptasi, kata serapan disesuaikan dengan lafal dan ejaan bahasa Indonesia. Makna kata serapan ini bermakna sama dengan kata sebelumnya.

3. Terjemahan

Untuk terjemahan, proses ini terjadi apabila pemakaian bahasa mengambil konsep yang terkandung dalam bahasa asing itu, kemudian kata tersebut diberi padanan dalam bahasa Indonesia dan digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari hari.

4. Kreasi

Hampir sama dengan terjemahan, perbedaanya yakni terletak pada bentuk fisik yang tidak dituntut sama. Contohnya pada kata asing ditulis dalam 2 kata atau lebih, maka pada kata serapan diperbolehkan jika hanya ditulis dalam satu kata.

Baca Juga :

C. Manfaat Dan Dampak

  • Manfaat
    • Adanya kata serapan mampu menambah perbendaharaan kata atau kosakata
    • Mengetahui asal usul kata
    • Memudahkan seseorang dalam mengucapkan suatu kata
    • Secara tidak langsung, mendidik masyarakat, karena beberapa kosakata bahasa asli berasal dari bahasa asing, yang akhirnya diterjemahkan.
  • Dampak
    • Terpengaruh oleh budaya asing (khusus kosakata yang berasal dari luar negeri).
    • Jika sudah tertanam di pikiran untuk waktu yang lama, akan sulit menemukan kosakata baru, karena sudah teringat dengan kata kata itu saja.

D. Contoh

contoh kata serapan

Ada banyak sekali contoh kata serapan, mungkin saja tidak akan menjelaskannya disini secara lengkap. Namun saya akan memberikan beberapa contoh saja yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Berikut beberapa contoh kata serapan yang diambil dari beberapa bahasa :

  • Discount, diserap menjadi > Diskon, berasal dari bahasa Inggris.
  • Duraka, diserap menjadi > Durhaka, berasal dari bahasa Jawa Kuno
  • Baligh, kemudian menjadi > Baligh, asal dari bahasa Arab.

Jadi itulah materi singkat tentang pengertian kata serapan, macam macam, jenis, manfaat dan dampak, serta beberapa contoh kata serapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Jika ada kekurangan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa kembali lagi ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *