√ Pengertian Gulma : Jenis, Manfaat, Kerugian, Contoh Lengkap

Pengertian Gulma : Jenis, Manfaat, Kerugian, Contoh Lengkap – Di sekolah dasar, pasti anda pernah mendengar istilah gulma, tepatnya pada mata pelajaran IPA. Di sekolah dasar belum ada pembahasan ilmu IPA lebih lanjut seperti Biologi, Fisika, maupun Kimia. Di sekolah dasar, semuanya masih menjadi satu di IPA.

Dalam dunia pertanian, gulma, pestisida, hama, merupakan beberapa kata yang sering disebut. Namun, kali ini saya akan membahas mengenai gulma. Apa itu gulma?, berikut penjelasannya!.

Pengertian Gulma

A. Pengertian

Gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan di lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi, gulma bisa juga disebut hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman pertanian.

Tanaman ini (Gulma) ini mengambil unsur hara dari tanaman utama, seperti air, hara, dan cahaya dan dapat menyerap nitrogen serta fosfor hingga tiga kali daya serap tanaman utama. Nitrogen merupakan unsur hara utama bagi pertumbuhan tanaman, tanaman yang kekurangan nitrogen bisa diketahui melalui warna daun yang pucat.

Berbeda dengan hama dan penyakit tanaman, dampak yang diakibatkan gulma tidak terlihat secara langsung dalam waktu yang cepat.

B. Jenis

1. Gulma Setahun

Jenis ini menyelesaikan siklus hidupnya dalam waktu paling lama satu tahun mulai dari berkecambah sampai memproduksi biji dan kemudian mati. Karena cenderung berumur hanya setahun, maka gulma ini sering disebut gulma semusim.

Meskipun berumur pendek, biji yang dihasilkan berjumlah banyak. Jenis-jenis gulma setahun yang mudah ditemui di Indonesia yakni Echinochloa crusgalli, Monochoria vaginalis, Fimbristylis littoralis.

2. Gulma 2 Tahun

Gulma jenis ini menyelesaikan siklus hidupnya lebih dari setahun, namun tidak lebih dari dua tahun. Di tahun pertama. Yang termasuk gulma dua tahun yaitu Echium vulgare, Circium altissimum dan Artemisia biennis.

3. Gulma Tahunan

Jenis gulma ini lebih sulit dikendalikan dari gulma setahun atau 2 tahun, karena mereka ini bisa bertahan dari musim kemarau, seperti seolah olah mati, namun begitu ada air yang cukup, maka mereka akan bersemi kembali. cGulma ini cenderung berkembang biak dengan biji, dan ada juga yang berkembang biak secara vegetatif.

C. Kerugian

  • Pada bidang pertanian, gulma dapat menurunkan jumlah hasil tanaman. Penurunan kuantitas hasil tersebut disebabkan oleh adanya kompetisi gulma dengan tanaman mengambil unsur hara.
  • Gulma dapat menurunkan kualitas hasil pertanian akibat tercampurnya biji-biji gulma dengan hasil panen. Contoh : Agrostemma githag jika tercampur saat pengolahan biji gandum akan menyebabkan bau dan rasa tepung tidak enak dan tidak disukai sehingga menyebabkan penurunan harga.
  • Menyebabkan persaingan antara tanaman utama dan gulma, sehingga mengurangi kemampuan berproduksi.
  • Mengganggu kesehatan manusia, karena adanya biji gulma yang trecampur dengan makanan, dan jika diolah bisa menyebabkan alergi.
  • Kerugian jangka panjang ulma lebih besar daripada kerugian akibat hama atau penyakit.

D. Manfaat

  • Melindungi tanah dari erosi, contoh : Gulma Paspalum conjugatum dan Cynodon dactylon yang menjalar pada permukaan tanah.
  • Sebagai pengganti predator serangga hama atau pathogen
  • Parasitoid serangga hama misal

Baca Juga :

E. Contoh

1. Rumput Teki

rumput teki

Termasuk dalam family Cyperaceae dan merupakan bangsa rumput,memiliki tinggi hingga 95 cm. Tanaman ini tumbuh liar di tempat terbuka atau terlindung dari sinar matahari, tumbuhan ini merupakan salah satu tumuban gulma yang sulit diberantas.

2. Bandotan

Merupakan sejenis gulma Asteraceae, tumbuhan ini mendapatkan namanya karena bau yang dikeluarkannya menyerupai bau kambing.

3. Meniran

meniran

Memiliki daun yang bersirip, setiap tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur di tempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter DPL.

Meniran berkhasiat membersihkan sakit kuning,ayan, mengobati jerawat dan menambah nafsu makan.

Jadi, itulah materi tentang pengertian gulma, macam, jenis, kerugian, manfaat, dan contohnya lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua dan bermanfaat pastinya. Jangan lupa baca artikel lainnya ya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed