Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli, Jenis, Dan Manfaatnya

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli, Jenis, Dan Manfaatnya – Istilah Ekologi berasal dari bahasa yunani yaitu Oikos yang berarti habitat, dan juga Logos berarti ilmu. Jadi, ekologi berarti suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan saling ketergantungan dan juga hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tak hidup dalam satu ekosistem.

Jadi, ekologi bisa diartikan juga sebagai ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Pembahasan mengenai ekologi tidak terlepas dari Ekosistem dan komponen yang ada di dalam ekosistem tersebut, baik komponen biotik maupun abiotik.

Beberapa ahli dunia memiliki pendapat sendiri mengenai pengertian Ekologi. Berikut beberapa pernyataan yang dilontarkan oleh beberapa ahli tentang ekologi. Langsung aja simak!!!.

A. Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Lengkap

1. Ernst Haeckel

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya.

2. Kreb

Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi-interaksi penyebaran dan jumlah dari organisme.

3. Pianka

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara organisme dan seluruh faktor fisik dan biologi yang mempengaruhi dan di pengaruhinya.

4. Lynn Margulis

Menurutnya, ekologi sama halnya dengan studi ekonomi, yakni tentang bagaimana manusia dapat membuat kehidupan. Sedangkan ekologi adalah bagaiana setiap organisme dapat membuat kehidupan.

5. Mike Nickerson

Ia menyatakan bahwa ekonomi tiga perlima dari ekologi sejak ekosistem menciptakan sumber serta membuang sampah, yang mana ekonomi menganggap dilakukan untuk bebas.

6. E. P. Odum

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam “The Study of The Structure and Function of Nature”.

7. C. Elton

Ekologi adalah ilmu yang mengkaji kehidupan alam secara ilmiah atau dapat disingkat ilmu yang mempelajari sejarah alam.

8. G. Tyler Miller

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain dan dengan lingkungannya.

9. Otto Soemarwoto

Ekologi adalah suatu ilmu tentang interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

10. Andrewartha

Ekologi merupakan cabang ilmu yang membahas penyebab serta kelimpahan organisme.

B. Ruang Lingkup Ekologi

1. Organisme

Organisme atau individu dari setiap jenis atau spesies tertentu pada suatu lingkungan. Contoh individu seperti seorang manusia, seekor harimau, seekor kelinci, dan lainnya.

2. Populasi

Populasi merupakan suatu kelompok dari individu-individu sejenis yang berada di suatu tempat tertentu dan pada waktu tertentu. Contoh dari populasi adalah populasi manusia, populasi semut, populasi lumut, populasi bunga, dan lainnya.

3. Komunitas

Komunitas merupakan suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri atas beberapa populasi dan saling melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya pada suatu tempat dan waktu tertentu.

Contoh komunitas, misalnya komunitas sungai. Pada komunitas sungai terdapat populasi ikan, populasi, populasi buaya, populasi ular, popukasi lumut, dan yang berhubungan.

4. Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu kondisi terjadinya hubungan timbal balik dan hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Contohnya seperti ekosistem rawa dan ekosistem air sungai.

5. Bioma

Bioma merupakan mosaik ekosistem-ekosistem yang saling terkait. Riset dalam ekologi bioma berfokus pada faktor-faktor yang mengontrol pertukaran energi, material, dan organism di berbagai ekosistem.

6. Biosfer

Biosfer merupakan ekosistem dari semua ekosistem dan bentang alam/bioma di planet ini. Ekologi global/biosfer mengkaji begaimana pertukaran regional energi dan material yang mempengaruhi fungsi dan distribusi organism di seluruh biosfer.

7. Global

Ruang lingkup ekologi global bertumpu pada pertukaran energi regional dan pengaruh material terhadap fungsi dan distribusi organisme pada tingkatan biosfer.

C. Aspek Dan Prinsip Ekologi

Aspek Utama Ekologi dalam mempelajari ekologi adalah sebagai berikut :

  • Studi mengenai hubungan antara organisme/kelompok organisme dengan lingkungannya
  • Studi yang mempelajari hubungan organime/kelompok organisme dengan lingkungannya.
  • Mempelajari mengenai struktur dan fungsi alam.

Prinsip Utama Ekologi, prinsip dalam ekologi meliputi sebagai berikut:

  • Adanya interaksi (interaction)
  • Ada saling ketergantungan (interdependence)
  • Adanya keanekaragaman (diversity)
  • Ada keharmonisan (harmony)
  • Adanya kemampuan berkelanjutan (sustainability)

Baca Juga :

D. Manfaat Ekologi

manfaat ekologi

1. Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Ekologi juga berfungsi untuk membantu manusia lebih mengenal perilaku makhluk hidup lainnya yang membawa manfaat bagi kehidupannya.

Misalnya sistem sonar pada kapal selam yang diadaptasi dari hewan kelelawar dan lumba-lumba ternyata memiliki manfaat bagi manusia untuk menentukan sebuah lokasi.

2. Mengenal Keanekaragaman Hayati

Dengan adanya ekologi, manusia bisa memahami berbagai jenis makhluk hidup dan hubungannya dengan tempat tinggalnya. Semisal bagaimana seekor buaya bisa bertahan hidup di rawa, unta yang bisa hidup di padang pasir, dan masih banyak contoh lainnya.

3. Memecahkan Masalah Pertanian

Ekologi dapat membantu seorang petani dalam memecahkan masalah seputar pertanian. Contohnya petani membutuhkan beberapa mikroba yang dapat menghasilkan nitrat dan ammonium untuk menjaga kesuburan tanah.

4. Memecahkan Konsumsi Pangan

Dengan ekologi, manusia bisa mengetahui struktur serta skala pangan setiap makhluk hidup. Misalnya, tumbuhan sebagai produsen, hewanherbivora berperan sebagai konsumen tingkat pertama, hewan karnivora sebagai konsumen tingkat kedua, kemudian hewan pengurai menguraiakan konsumen tingkat kedua, dan dikonsumsi oleh produsen sebagai sumber energinya.

5. Solusi Permasalahan Energi

Ekologi bisa membantu manusia untuk memastikan ketersediaan energi demi menjalani kehidupan di muka bumi. Misalnya, penggunaan energi alternatif dari tenaga air yang bisa menghasilkan energi listrik.

6. Solusi Permasalahan Kesehatan

Ekologi juga sangat bermanfaat untuk membantu manusia dalam memecahkan masalah kesehatan. Misalnya mengetahui jika Tikus bisa menyebabkan penyakit perut, maka dari itu kita bisa mengatasinya dengan membersihkan rumah dari adanya tikus.

7. Mengetahui Peran Manusia Untuk Lingkungan

Ekologi dapat membantu manusia untuk mengatasi dampak produk yang diciptakan manusia terhadap lingkungan. Semisal produk Detergen yang dibuat dengan tujuan untuk membersihkan, ternyata juga bisa mencemari lingkungan manusia dan organisme lainnya.

E. Jenis Jenis Ekologi

  • Ekologi Manusia, merupakan cabang ekologi yang terfokus mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.
  • Ekologi Tumbuhan, ialah cabang ekologi yang mempelajari tentang tumbuhan sebagai suatu organisme dan memusatkan tumbuhan itu sendiri sebagai fokus dengan mengabaikan hewan dan manusia.
  • Ekologi Hewan, ekologi yang mempelahari hewan sebagai suatu organisme dengan mengabaikan manusia dan tumbuhan.
  • Ekologi Habitat merupakan cabang ekologi yang memusatkan fokusnya pada pembahasan mengenai sifat dari suatu habitat.
  • Ekologi Populasi, cabang ekologi yang mempelajari berbagai hubungan antara kelompok organisme dan jumlah individu. Ekologi populasi juga mempelajari faktor penentu besarnya suatu populasi beserta penyebarannya.
  • Ekologi Sosial, adalah cabang dari ekologi yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan alam dan teknologi yang ada di sekitarnya.
  • Ekologi Bahasa, ekologi yang mempelajari dan menyelidiki hubungan antara bahasa dengan lingkungan manusia.
  • Ekologi Antariksa, ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang dapat menopang kehidupan manusia selama ada dalam penerbangan antariksa.

Itulah pengertian ekologi menurut para ahli lengkap beserta jenis, manfaat, dan aspek yang berhubungan dengan ekologi. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang kurang, anda bisa menambahkannya pada kolom komentar di akhir artikel, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed