oleh

Pengertian Besaran Vektor, Contoh, Dan Cara Menentukannya

Pengertian Besaran Vektor, Contoh, Dan Cara Menentukannya – Setelah kita belajar besaran skalar, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang besaran vektor. Dimana besaran vektor ini merupakan salah satu gejala yang mampu untuk menunjukkan hubungan harmonis yang indah antara matematika dan juga fisika.

Dengan mengandalkan keahlian logis saja, kamu mampu untuk mengotak atik sebuah vektor dengan mengikuti kaidah matematika. Namun, perpaduan antara logis dan formula matematika memiliki beberapa gejala yang terjadi dalam alam ini. Termasuk juga dengan gejala yang rumit dan tidak dapat untuk diselesaikan serta merta dengan pola pemikiran yang sederhana.

Maka dari itu, berikut telah kami beberkan secara menyeluruh dan lengkap mengenai vektor, mulai dari pengertian, tabel, contoh, dan juga persyaratan dari besaran vektor. Lebih lanjutnya simak terus artikelnya ya!

A. Pengertian Besaran Vektor

Besaran vektor ialah besaran yang memiliki besar (nilai) dan juga arah. Seperti gaya, gravitasi, kecepatan, dan juga percepatan. Besaran vektor memiliki bentuk garis dengan anak panah di ujungnya. Dengan adanya anak panah ini, arah gerak dari besaran tersebut dapat diketahui.

B. Penjumlahan Vektor

Untuk menghitung penjumlahan vektor terdapat beberapa metode yang digunakan. Yaitu :

1. Metode Segitiga

Dimana, dalam metode ini terdapat salah satu titik tangkap vektor yang mampu berpindah ke ujung vektor yang lainnya, yang dapat ditarik dari pangkal ke ujung vektor. Resultan dari metode segitiga yaitu pangkal bertemu pangkal dan ujung bertemu ujung. 

2. Metode Poligon

Metode poligon memiliki jumlah vektor yang lebih banyak dibandingkan dengan metode segitiga. Dengan cara menghubungkan pangkal vektor ke ujung vektor yang lain sampai yang terakhir. Lalu tarik garis lurus dari pangkal pertama menuju vektor yang terakhir.

Penulisan vektor ini sama dengan metode segitiga dimana penjumlahannya dimulai dari vektor yang pangkalnya bertemu dengan pangkal vektor yang menjadi resultannya (s = a + b + c + d)

3. Metode Jajar Genjang

Cara yang digunakan pada metode jajar genjang adalah dengan menghubungkan pangkal vektor yang satu ke vektor yang lainnya, selanjutnya menarik garis lurus dari pangkal kedua vektor menuju perpotongan masing-masing vektor.

Baca Juga :

C. Contoh Besaran Vektor

Contoh dari besaran vektor yang ada di sekeliling kita misalnya, gaya punter, berat, momen, gaya tarik, gaya tekan, kecepatan, momentum dan masih banyak lagi.

Dalam dunia nyata, contoh besaran vektor misalnya saja ketika kalian mendorong sebuah meja, maka meja itu akan berpindah posisi karena adanya tekanan dari kamu.

Perhatikan tabel besaran vektor di bawah ini :

Besaran Vektor
Percepatan
Perpindahan
Berat
Kecepatan
Momentum
Percepatan Gravitasi
Impuls
Gaya
Momen Gaya
Induksi Magnetik

D. Persyaratan Besaran Vektor

Untuk menjadi besaran vektor, terdapat syarat-syarat yang terkandung di dalamnya, diantaranya :

1. Memiliki Titik Tangkap Gaya

Titik tangkap gaya disini sebagai titik dimana dimulainya pergerakan gaya. Dalam hal lain, titik awal ini adalah titik nol sebelum sebuah benda mengalami pergeseran atau perpindahan.

2. Memiliki Arah

Besaran vektor tentunya memiliki arah yang tertentu sesuai dengan arah gerak nya. Arah dalam besaran vektor berlaku pada arah gerak lurus dan juga melengkung. Seperti halnya untuk mengukur arah gerak panah yang di panah ke atas dengan sudut 30 derajat.

3. Nilainya dapat Ditentukan

Setiap vektor tentunya memiliki besar atau nilai tertentu. Dimana dalam besaran vektor ini terdapat alat ukur yang sesuai untuk digunakan mengukur.


Oke, itulah materi tentang besaran vektor yang tentunya sudah lengkap dengan pengertianya, penjumlahan vektor, contohnyar, dan persyaratannya.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan kamu. Dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya ya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed