√ Macam Macam Senam Modern Beserta Penjelasannya Lengkap

Macam Macam Senam Modern Beserta Penjelasannya Lengkap – Senam, merupakan salah satu bentuk olahraga yang cenderung diiringi dengan musik, dan dengan sistem (pemanasan, inti, dan penutupan) yang berbeda satu dengan lainnya.

Senam bisa dilakukan dimanapun, itu tergantung kemauan dan waktu yang ada, contohnya seperti di sekolah, kantor tempat bekerja, hingga rumah sendiri. Tentu saja senam ini bisa dilakukan di sela sela kerepotan, dan saya sarankan agar anda melakukannya setiap hari, meski walau sekedar meregakan tangan dan kaki.

Seiring perkembangan zaman, senam yang dulu gerakannya hanya itu itu saja, namun sekarang sudah berkembang lebih baik, ini dibuktikan dengan klub klub olahraga, fitness, dan klub olahraga lain yang semakin merebak. Dan mereka (klub olahraga) merubah gerakan senam klasik ke bentuk lainnya yang lebih modern dan menarik. Berikut beberapa macam senam modern yang wajib anda ketahui!.

Macam Macam Senam Modern Beserta Penjelasannya

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah senam yang mengandalkan kekuatan dan penuh kreativitas. Senam ini memiliki irama yang cepat dan gerakan kaki seperti jalan dan melompat.

Senam juga merupakan salah satu olahraga, termasuk senam aerobik. Jadi, memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, seperti dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh Anda, melatih paru-paru, membuat tubuh lebih lentur, memperlancar peredaran darah, melatih kreativitas, menguatkan otot, dan kecepatan.

Jika ingin melakukan senam aerobik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak cedera, karena jika Anda melakukan senam aerobik asal-asalan maka dapat menimbulkan cedera, berikut diantaranya :

  • Ikutilah gerakan instruktur
  • Pakai sepatu yang memang dikhususkan untuk senam aerobik, dan pastinya nyaman
  • Jangan paksakan tubuh, apalagi jika anda masih pemula, lakukan sebisa dan sekuat tubuh anda, jika anda memang kesulitan meniru instruktur, jangan ikuti semua gerakannya, karena kekuatan tubuh setiap orang berbeda-beda.

2. Senam Irama

senam irama

Senam irama, atau sering disebut dengan senam ritmik, merupakan senam yang dilakukan dengan gerakan yang diiringi oleh musik. Senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa alat. Alat yang biasa digunakan dalam senam irama mulai dari bola, tali, tongkat, dan masih banyak lagi.

Dalam senam irama, ada beberapa hal harus diperhatikan. Pertama adalah kelentukan tubuh, kelentukan tubuh adalah kemampuan dari masing-masing individu untuk menggerakkan sendi atau otot pada sudut yang dinamis, fleksibel, dan elastis.

Kelentukan disini dimana seseorang dengan mudah melipat tubuhnya atau anggota badannya atau dalam arti keelastisan tubuhnya.

Selain itu, gerakan bersambung juga sangat penting. Gerakan bersambung meruparakan gerak yang tidak terputus, pola ini diperoleh dari gerakan yang sudah ditentukan dan siap dipraktekkan.

Baca Juga :

3. Senam Artistik

Senam artistik merupakan salah satu senam yang lahir di Indonesia pada saat menjelang pesta olahraga ganefoI yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1963.

Senam artistik dibagi menjadi dua nomor, yakni senam artistik putra dan putri.

  • Pada nomor artistik putra, nomor yang diperlombakan adalah senam lantai, kuda-kuda pelana, kuda-kuda lompat, palang tunggal, palang sejajar dan gelang-gelang.
  • Pada nomor putri adalah senam lantai, palang bertingkat, balok kesimbangan dan meja lompat. Penilaian pada pertandingan senam ini diberikan oleh 4 orang wasit yang dipimpin wasit kepala.

4. Senam Pembentukan

senam pembentukan

Senam pembentukan adalah senam yang dilakukan dengan gerakan yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana. Senam ini disusun secara sistematis menggunakan metode tertentu.

Senam pembentukan banyak macamnya. Beberapa diantaranya yakni senam pembentukan tubuh, kardio, kelincahan, gerak reflek, keseimbangan, kelentukan dan masih banyak lagi.

Tujuan utama senam pembentukan ini adalah agar sikap tubuh dapat terbentuk dengan benar. Sikap tubuh yang dimaksud disini antara lain ketika tubuh berada dalam keadaan diam, semisal duduk, jongkok, berbaring, berjalan, berlari, meloncat, memukul dan menendang, itu semua dalam keadaan benar.

Tubuh berada pada sikap yang salah disebabkan oleh banyak hal. Misalnyab awaan lahir, kebiasaan aktivitas yang salah, kurang gizi, penyakit, kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Banyak variasi gerakan dalam senam pembentukan, slah satunya yakni pemanasan. Pemanasan disini berfungsi untuk melenturkan otot tubuh agar tidak terjadi cedera dan menaikkan suhu tubuh.

Setelah pemanasan, maka gerakan selanjutnya adalah gerakan inti. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan pada gerakan inti yakni :

  • Latihan Normalisasi : Latihan ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan ringan yang ada pada seseorang. Kesalahan ringan ini seperti cara bersikap atau bergerak kurang benar. Jika cara bergerak dan berjalan benar, maka posisi tubuh akan benar pula.
  • Latihan Keseimbangan : Latihan ini bertujuan untuk memperkuat keseimbangan otot yang memiliki peran penting dalam membentuk sikap, gerakan, pengembangan ketangkasan dan restasi gerak.
  • Latihan Ketangkasan : Latihan ini bertujuan untuk mengembangkan kecepatan, keuletan, kekuatan koordinasi antar otot.
  • Latihan Berjalan dan Berlari : Latihan ini bertujuan agar organ dalam bagian tubuh manusia, seperti paru-paru, jantung, dan peredaran bisa terlatih.
  • Latihan Melompat : Latihan ini bertujuan untuk dapat meledakkan tenaga Anda. Pada latihan ini penguasaan sikap dan koordinasi sangat penting.

Setelah melakukan gerakan inti, maka hal yang tak kalah penting adalah pendinginan. Pendinginan bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh Anda dan agar organ tubuh dapat bekerja normal kembali.

5. Zumba

Zumba merupakan jenis senam modern yang sekarang banyak diminati generasi muda maupun generai tua. Senam zumba biasa dilakukan berkelompok dengan menari-nari riang, yah, bisa dikatakan senam irama sih, karena dibantu dengan musik. Bisa juga digolongkan sebagai senam aerobik karena gerakannya yang bertenaga dan cepat.

Zumba merupakan senam yang direkomendasikan untuk membakar lemak dalam tubuh, cocok sekali untuk anda yang mempunyai berat badan berlebih.

6. Pilates

senam pilates

Senam pilates juga merupakan salah satu olahraga atau senam modern yang berasal dari jerman, dan senam ini menekankan pada peningkatan keseimbangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan kesadaran untuk mendukung efisiensi gerakan.

Hmm, dari senam senam di atas, mana yang cocok untuk anda?. Hmmm saya rasa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ya teman teman. Oke, itulah artikel mengenai macam-macam senam modern beserta penjelasannya lengkap. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed