Macam Macam Permainan Bola Kecil Dengan Penjelasannya

Macam Macam Permainan Bola Kecil Dengan Penjelasannya – Permainan bola kecil yaitu sebuah permainan dengan menggunakan alat bola berukuran kecil Biasanya, untuk melakukan permainan ini diperlukan alat pendukung, misalnya saja tongkat dan raket.

Dari sekian banyak permainan bola kecil yang ada, kami telah merangkum kan spesial untuk kamu tentang macam-macam permainan bola kecil. Mulai dari golf, tenis meja, tenis lapangan, tolak peluru, dan masih banyak lagi. Yuk, simak artikel ini sampai habis!.

Macam Macam Permainan Bola Kecil

1. Golf

Golf merupakan permainan bola kecil, tempat yang digunakan untuk bermain adalah di atas lapangan yang cukup luas. Dapat dimainkan secara beregu maupun perorangan. Pemain akan dianggap sebagai pemenang, jika berhasil memasukkan bola ke dalam lubang dengan pukulan yang paling sedikit.

Adapun alat yang digunakan untuk memukul bola ini dinamakan klab atau stick golf. Jumlah lubang yang disediakan juga bervariasi, namun yang sering digunakan adalah 9 atau 19 lubang.

2. Tenis Lapangan

tenis lapangan

Permainan tenis lapangan merupakan salah satu olah raga yang menggunakan raket sebagai alat pemukul dan bola karet. Raket yang digunakan lebih besar dai pada raket bulu tangkis. Lapangan nya juga lebih luas, paling tidak terdapat empat lapangan yang dapat digunakan untuk memainkan tenis lapangan. Permainan ini dapat dilakukan secara beregu maupun tunggal dan dimainkan dalam 3 atau 5 set.

Olahraga ini juga termasuk olahraga bola kecil, melihat bola yang digunakan berukuran sangat kecil. sama dengan tenis meja, olahraga tenis lapangan juga memiliki sistem perhitungan dan permainan yang sama dengan tenis meja, dimana kita wajib mengembalikan bola ke area lawan.

Raket yang digunakan pada tenis lapangan lebih berat daripada yang digunakan dalam tenis meja. Olahraga ini sangat populer baik di Indonesia dan dunia, hampir pada setiap lomba atau kejuaraan internasional, olahraga ini selalu dipertandingkan.

3. Tenis Meja / Pingpong

Permainan selanjutnya yang menggunakan bola kecil yaitu tenis meja atau biasa disebut dengan pingpong. Permainan ini hampir mirip dengan tenis lapangan, hanya saja jenis lapangan, alat pemukul dan bola nya sedikit berbeda. Lapangan untuk permainan ini menggunakan alat semacam meja untuk area bermain nya.

Sedangkan alat yang digunakan bukanlah raket, tetapi alat yang terbuat dari kayu dengan lapisan khusus pada permukaannya. Tenis meja ini juga menggunakan net sebagai batas area pemain. Permainan ini juga dapat dilakukan secara tunggal maupun ganda.

4. Billiard

Billiard merupakan permainan bola kecil, dimana untuk memainkannya diperlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Untuk memainkannya, diperlukan meja dan juga stick sebagai penyodok bola warna putih. Pemain diharuskan memasukkan bola lainnya ke 6 lubang yang ada di meja.

Pemain dianggap menang, jika memasukkan bola lebih banyak dari lawan. Dan untuk memainkan billiard, dilakukan secara perorangan saja.

5. Hockey

Permainan ini sekilas hampir mirip dengan sepak bola. Hanya saja bola yang digunakan lebih kecil dan dioper dengan menggunakan alat pemukul seperti stick. Untuk memainkan permainan ini pun bermacam-macam, dapat dilakukan di lapangan atau field hockey, di ruangan atau indoor hockey maupun di lapangan es atau ice hockey.

Baca Juga :

6. Tolak Peluru

Selanjutnya, permainan yang termasuk dalam kategori bola kecil yaitu tolak peluru, bahkan permainan ini sudah dikategorikan sebagai olahraga atletik. Alat yang digunakan adalah bola besi yang berukuran kecil namun memiliki berat sekitar 2 kg. Cara memainkan ini yaitu, pemain diharuskan melempar bola dengan sangat jauh.

Titik terjauh itulah dianggap sebagai pemenangnya. Tidaklah mudah untuk memainkannya, karena dibutuhkan teknik yang benar dan kekuatan tangan yang kuat agar hasil lemparan bisa maksimal

7. Bola Kasti

Permainan bola kasti ini menggunakan bola kecil. Dimana, untuk memainkan nya perlu dilakukan secara kelompok. Tim terbagi menjadi dua dan saling bertanding pada lapangan yang cukup luas.

Ukuran bola yang digunakan hampir sama seperti bola pada tenis lapangan. Hanya saja alat yang digunakan terbuat dari kayu.

8. Baseball

baseball

Hampir sama dengan kasti, namun baseball berbeda dengan kasti. Meskipun olahraga ini tidak begitu populer di Indonesia, namun, lomba ini juga sering dipertandingkan dalam kejuaraan internasional.

9. Badminton / Bulu Tangkis

Dikenal dengan nama bulu tangkis di Indonesia, olahraga ini juga termasuk dalam olahraga bola kecil. Karena bola yang digunakan berukuran kecil, dan bola tersebut dinamakan shuttlecock. Bahan yang digunakan untuk membuat shuttlecock adalah bulu angsa yang pada bagian bawahnya terdapat bantalan karet.

Badminton bisa dimainkan oleh perorangan/single hingga 2 orang/double. Olahraga ini membutuhkan kecepatan refleks, baik kecepatan gerakan dan penglihatan, karena perpindahan shuttlecock sangatlah cepat.


Itulah tadi artikel macam macam tentang permainan bola kecil. Kalau kamu, permainan mana yang kamu minati?, Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Demikian artikel ini kami buat, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya, terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed