oleh

Macam Macam Permainan Bola Besar Dan Peraturannya Lengkap

Macam Macam Permainan Bola Besar Dan Peraturannya Lengkap – Jika pada artikel yang lalu klikpedia sudah membahas tentang macam-macam permainan bola kecil. Kali ini kami datang dengan membawakan artikel tentang macam-macam permainan bola besar.

Seperti yang telah diketahui, bahwa permainan bola besar yaitu permainan yang dilakukan dengan menggunakan bola besar. Diantaranya yaitu sepak bola, futsal, voli, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, permainan bola besar ini dimainkan pada area lapangan yang cukup luas. Berikut ini adalah macam-macam permainan bola besar. Yuk, simak artikel ini sampai habis ya!.

Macam Macam Permainan Bola Besar

1. Sepak Bola

Permainan bola besar yang pertama adalah sepak bola. Permainan ini sudah sangat terkenal di seluruh penjuru belahan bumi. Bahkan sudah menjadi permainan yang sangat diminati oleh banyak orang. Bisa dibilang, ini adalah olahraga paling populer dari semua cabang olahraga.

Untuk memainkan sepak bola, diperlukan dua tim, dimana satu tim terdiri dari 11 orang pemain sudah termasuk kiper dan belum termasuk pemain cadangan. Untuk memainkan permainan ini, bagian tubuh mana pun boleh untuk digunakan kecuali lengan dan juga tangan. Hanya kiper yang diperbolehkan untuk memegang bola

Tim dianggap sebagai seorang pemenang jika tim tersebut berhasil menyetak gol terbanyak. Dan mudahnya, permainan ini dapat dilakukan dimana saja, dari lapangan sepak bola resmi maupun tidak, jalanan, taman, pantai, atau pun taman bermain sekolah.

2. Basket

Permainan bola besar selanjutnya adalah bola basket. Permainan ini sangat terkenal di Amerika. Bola yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih keras jika dibandingkan dengan permainan bola besar lainnya.

Permainan ini dimainkan secara tim, dimana satu tim terdiri dari 5 orang pemain dengan tugas untuk memasukkan bola ke dalam keranjang basket milik lawan. Penilaian yang digunakan dalam permainan basket adalah skor. Dimana tim dengan skor terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Babak yang digunakan pada basket terdiri dari 4 babak. Dimana satu babak memiliki durasi selama 10 menit. Adapun waktu istirahat kurang lebih 10 menit dalam jeda waktu tersebut.

3. Voli

voli

Olahraga ini memiliki prinsip yang sama dengan bulu tangkis. Dimana terdiri dari dua tim pemain yang dibatasi oleh net sebagai batas wilayah permainan. Umumnya, satu tim terdiri dari enam orang dan setiap anggotanya memiliki tugas sendiri.

Permainan ini dapat dimainkan di lapangan voli indoor maupun outdoor. Menjadi permainan yang cukup populer, sangat lazim jika voli dimainkan dari kalangan wanita maupun pria.

4. Futsal

Merupakan olahraga yang mirip dengan sepakbola. Bisa dibilang ini adalah bentuk kecil dari permainan sepak bola. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan dari jumlah pemain, lapangan, dan lainnya.

Permainan ini umumnya dimainkan dalam 5 orang yang terdiri dari satu tim. Adapun lapangan yang digunakan berukuran kecil dengan bentuk yang hampir mirip dengan lapangan sepak bola.

Permainan ini sering kali menjadi olahraga alternatif untuk memainkan sepak bola. Minimnya lapangan yang layak untuk bermain, akhirnya muncul lah ide untuk membuat permainan futsal.

5. Bola Tangan

Dapat dikatakan jika permainan ini merupakan duplikat dari sepakbola, Dengan tujuan yang sama yaitu memasukkan bola ke dalam gawang milik lawan. Yang menjadi beda yaitu, pada cara bermainnya. Olahraga ini menggunakan tangan untuk memukul dan mengoper bola.

Jumlah pemainnya sebanyak 7 orang pemain utama dalam setiap regu atau tim. Seorang tim akan dianggap sebagai pemenang jika mampu memasukkan bola terbanyak ke dalam gawang lawan.

6. Rugby

rugby

Merupakan olahraga yang hampir sama dengan American Football, namun tetap ada perbedaan antara keduanya. Rugby tidak terlalu populer di Indonesia dan bisa dibilang hanya segelintir orang saja yang tahu.

Olahraga ini sangat populer di Eropa dan Amerika. Sistemnya sama seperti sepak bola, yakni bertujuan untuk mencetak poin dengan cara membawa bola, melempar, atau menendang bola hingga menyentuh garis belakang lawan.

7. Bowling

Merupakan olahraga yang tidak asing ya di telinga kalian. Namun olahraga ini tidak terlalu populer di Indonesia. Bowling dimainkan dengan cara menggelindingkan bola untuk menjatuhkan 10 pin yang telah disusun dalam bentuk segitiga.

Bowling sering ditemui pada ruangan atau indoor. Biasanya dapat kita temukan di mall atau supermarket besar.

Baca Juga :

8. Voli Pantai

Sama seperti permainan voli pada umumnya, cuma yang membedakan adalah lokasi permainan yang berada di pantai. Selain itu, jumlah tim dalam permainan bola voli adalah 2 orang saja, berbeda dengan olahraga voli asli yang membutuhkan 6 orang pemain dalam sebuah tim.

9. Sepak Takraw

Takraw juga merupakan salah satu jenis permainan sepak takraw yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Untuk bola yang digunakan adalah bola yang terbuat dari rotan dan semacamnya. Untuk sistem permainannya seperti voli dan badminton, dimana ada sebuah net ditengah tengah. Dan kita akan mendapatkan poin dari setiap bola yang jatuh di lapangan permainan lawan.

10. Polo Air

polo air

Olahraga ini mungkin kurang populer di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun terdengar asing, tetapi olahraga ini sudah dipertandingkan pada banyak kejuaran nasional seperti PON.

Bahkan Timnas Polo Air Indonesia berhasil meraih emas pada SEA Games 2019 lalu. Polo air dimainkan beregu dengan tujuan memasukan bola ke dalam gawang lawan, sama seperti sepak bola ya teman teman.


Itulah tadi artikel mengenai macam-macam permainan bola besar. Kalau kamu, manakah olahraga yang kamu minati? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya.

Sekian artikel ini kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed