√ Macam Macam Kerjasama Internasional & Penjelasannya

Macam Macam Kerjasama Internasional & Penjelasannya – Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, begitupun dengan sebuah negara. Tidak ada satupun negara yang tidak membutuhkan negara lain, karena pada hakekatnya, mereka juga merupaka makhluk sosial dan membutuhkan negara lain.

Contohnya saja bisa dilihat, dalam hal sumber daya alam, semisal di arab saudi merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia, dan Indonesia merupakan penghasil batu bara, kedua negara ini bisa saja saling membeli produk untuk kelangsungan hidup masyarakat di negaranya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diadakan kerjasama, dan bentuk kerjasama ini harusnya menguntungkan kedua belah pihak. Ada banyak macam kerjasama yang bisa dilakukan, mulai dari kerjasama antar dua negara, kerjasama antar negara di bagian tertentu, maupun kerjasama antar banyak negara.

Nah, bagi anda yang bbelum mengetahui bentuk bentuk kerjasama internasional  dan sedang mencri referensi mengenai hal tersebut, disini mimin menjelaskan mengenai berbagai macam kerjasama internasional dengan penjelasan yang terperinci. Langsung saja simak!!!.

Macam Macam Kerjasama Internasional & Penjelasannya

1. Kerjasama Bilateral

kerjasama bilateral

Daftar pertama ada kerjasama bilateral, dimana kerjasama ini dilakukan antar 2 negara, yang tentunya membutuhkan satu sama lain, jika tidak saling membutuhkan, maka kerjasama ini tidak akan terjadi. Kerjasama bilateral ini biasanya difokuskan pada satu tujuan saja, atau satu bidang.

Contoh, kerjasama antar Arab Saudi dan Indonesia mengenai ibadah haji, kerjasama Indonesia dan Cina mengenai ketenagakerjaan, kerjasama Indonesia dan jepang mengenai perdagangan, dan masih banyak lagi.

2. Kerjasama Regional

kerjasama regional

Sesuai dengan namanya, kerjasama Regional merupakan kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok negara yang berada pada suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan satu dengan lainnya, mempunyai latar belakang sejarah yang sama, dan biasanya masih dalam satu benua.

Contoh kerjasama ini sangatlah banyak, Misalnya saja :

  • Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)
  • Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)
  • European Union (EU) atau Uni Eropa
  • Dan masih banyak lagi

Baca Juga :

3. Kerjasama Multilateral

kerjasama multilateral

Seperyi namanya, kerjasama multilateral merupakan kerjasama yang melibatkan banyak negara di dalamnya, dan kerjasama multilateral memiliki banyak bidang, meliputi ekonomi, sosial, kewarganegaraan, hukum, dan masih banyak lagi. Bentuk kerjasama multilateral ini banyak sekali, contohnya sebagai berikut :

  • Economic and Social Council (ECOSOC)
  • Gerakan Non Blok (GNB)
  • International Monetary Fund (IMF)
  • Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
  • United Nations (UN) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)
  • World Bank atau Bank Dunia
  • World Trade Center Organization (WTO)
  • Dan masih banyak lagi

Contoh Kerjasama Ekonomi Dunia

1. Bank Dunia (World Bank)

Setelah pasar Eropa pulih karena perang dunia II, IBRD, yang sekarang lebih dikenal dengan World Bank (Bank Dunia) mempunyai misi untuk membantu negara berkembang maju dan mampu untuk menyediakan standar hidup yang lebih baik bagi penduduknya.

Negara berkembang akan mendapatkan pinjaman hutang dari Bank Dunia untuk melakukan pembangunan di segala bidang demi kemajuan negara tersebut. Sejak 1968, Bank Dunia memfokuskan bantuan ringan bagi kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan lainnya.

2. International Monetary Fund (IMF)

IMF merupakan sebuah badan yang memberi pinjaman agar Negara tersebut dapat mempertahankan nilai mata uangnya dan mampu membayar hutang luar negeri. Tujuan organisasi ini yakni meningkatkan stabilitas keuangan internasional.

IMF bersama Bank Dunia biasanya menerapkan syarat-syarat tertentu pada Negara yang akan meminjam uang. Pada dasarnya, IMF menganut paham neoliberalisme, yang bertujuan untuk mendukung pasar bebas.

3. World Trade Organization (WTO)

WTO merupakan organisasi yang memiliki prinsip Non diskriminasi, liberasi perdagangan, stabilitas hubungan perdagangan di mana mekanisme WTO dibuat untuk mendiskusikan dan memecahkan masalah perdagangan antar Negara.

4. Asia-Pacific Economic Cooperation

Merupakan perkumpulan/organisasi dari negara-negara bagian asia pasifik, atau sekitar samudra pasifik, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya dari berbagai aspek kehidupan. Salah satu tujuan jangka panjang dari perkumpulan ini adalah mempercepat efek hebat dari pasar bebas di kalangan anggotanya.

Jadi, kerjasama dilakukan dengan tujuan untuk memakmurkan negara dalam segala aspek kehidupan agar lebih baik kedepannya. Hmm, sampai disini anda paham?, jika belum paham, anda bisa bertanya pada kolom komentar di akhir artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed