Macam Macam Bela Diri Di Indonesia Terbaru Lengkap

Macam Macam Bela Diri Di Indonesia Lengkap  –  Bela diri merupakan sebuah seni untuk mempertahankan diri dari serangan manusia atau hal yang lainnya. Selain untuk membela diri, fungsi dari bela diri adalah untuk menyehatkan dan mempertahankan metabolisme tubuh.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang macam-macam bela diri yang ada di Indonesia. Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Macam Macam Bela Diri Di Indonesia Lengkap

1. Karate

karate

Berasal dari Jepang, bela diri ini terkenal dengan pukulan yang mematikan bagi lawan yang terkena pukulan tersebut. Ada yang berbeda dari bela diri ini karena sudah tercampur dengan negara China yaitu kempo sehingga ada beberapa campuran antara karate dan kempo. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa masih ada karate murni yang masih sama seperti awal mula berdirinya.

Dalam karate terdapat beberapa aliran yaitu Wado ryu, Shito ryu, Shotokan, dan juga Goyu ryu. Di negara kita, bela diri ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat dan memiliki peminat yang cukup banyak. Mengutamakan kekuatan tangan adalah ciri khusus dari bela diri ini.

2. Pencak Silat

Pencak silat adalah cabang bela diri satu satunya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Berasal dari Suku Melayu, disekitar pesisir Sumatra dan Semenanjung Malaka. Bela diri ini berdiri pada tahun 1550. Perkembangan silat mulai menyebar dipengaruhi oleh para ulama. Saat itu, pencak silat sangat berpengaruh dan bisa dilihat sampai saat ini.

Bela diri ini lebih mengutamakan teknik kekuatan, kecerdasan, dan kelincahan. Telah diakui oleh beberapa negara karena dikenal sebagai kekuatan batin yang sering dipertunjukkan pada aksi kekebalan tubuh.

Bela diri yang menggunakan tenaga dalam sebagai teknik andalan yang mematikan bagi musuh yang dihadapi. Umumnya, digunakan dalam pendidikan kopassus, kepolisian, dan TNI.

3. Tarung Derajat

Bela diri ini berasal dari sunda, yang berasal dari Indonesia. Didirikan oleh Achmad Drajat dengan mengembangkan teknik dengan menggunakan pengalamannya setiap pertarungan di jalanan tahun 1960-an di Bandung. Tarung derajat sudah diakui sebagai olahraga nasional yang sering digunakan dalam pelatihan dasar TNI Angkatan Darat.

Bela diri ini mulai diresmikan sebagai olahraga sejak tahun 1990. Kemudian diresmikan menjadi anggota KONI tahun 1998. Nah, sejak saat itulah bela diri ini memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional.

Baca Juga :

4. Merpati Putih

Merupakan salah satu perguruan pencak silat dengan menggunakan tangan kosong yang menjadi salah satu aset bangsa. Beladiri ini mengandalkan tenaga dalam sebagai teknik andalan. Dalam bela diri ini penggunanya memiliki ketahanan fisik diatas rata-rata. Bahkan sudah menyebar sampai ke negara tetangga.

Bela diri ini biasanya digunakan di TNI an Kopassus yang merupakan satuan militer. Bela diri kopassus ini bisa di temukan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Dan sudah teruji di wilayah Indonesia bagian Timur.

5. Taekwondo

taekwondo

Bela diri taekwondo ini berasal dari Negara Korea. Bela diri ini sudah banyak dimainkan pada berbagai perlombaan olimpiade. Oleh karenanya bukan hal yang aneh jika bela diri yang satu ini sudah di kenal di seluruh dunia.

Dalam Indonesia, bela diri ini banyak diminati oleh banyak orang untuk digunakan sebagai keahlian dalam mempertahankan diri ketika sedang mengalami ancaman.

Untuk melakukan bela diri ini cukup menggunakan kaki dan juga tangan. Bukan hanya itu, diperlukannya keseimbangan, stamina yang baik, kecepatan untuk melakukan gerakan dan tentunya fleksibilitas harus dimiliki oleh pemain bela diri ini. Taekwondo masuk dalam olahraga yang tersusun dari gabungan olahraga, teknik bela diri, teknik berkelahi, filsafat, olah tubuh dan hiburan.


Selain bela diri di atas, mungkin anda pernah mendengar seperti muay thai, whing cun, dan masih banyak lagi, itu sengaja tidak ditulis karena bela diri tersebut tidak berasal dari Indonesia.

Demikianlah artikel tentang macam-macam bela diri yang ada di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini membantu dan bermanfaat. Jika masih ada yang lainnya, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel, dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed