Letak Astronomis Indonesia Dan Dampaknya

Letak Astronomis Indonesia Dan Dampaknya – Indonesia, negara kita merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia dan memiliki keanekaragaman hayati dan non hayati yang sangat melimpah. Maka dari itu, dulu banyak sekali bangsa asing yang ingin menjajah indonesia demi mengeruk kekayaannya.

Kesuburan tanah di Indonesia, tidak terlepas dari berbagai faktor, seperti letak geografis, letak astronomis, faktor iklim, dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai astronomi Indonesia. Berikut ulasannya

Letak Astronomis Indonesia Dan Dampaknya

letak indonesia

Menurut Geografis, letak Astronomis adalah letak suatu pulau, atau benua berdasarkn garis lintang dan garis bujur. Letak astronomi Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT. Pada letak astronomis ini, terdapat Pulau Weh di wilayah paling utara Indonesia, dan Pulau Roti di daerah paling selatan Indonesia.

Garis lintang adalah garis imajiner yang dibentuk untuk menandai lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa (garis tengah-tengah bumi antara dua poros utara dan selatan). Garis lintang terdiri dari garis lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang ditarik dari kutub utara sampai ke kutub selatan. Sesuai perjanjian internasional, garis bujur dibedakan sebagai garis bujur timur (BT) yang meliputi sebelah timur Greenwich, dan garis bujur barat (BB) dengan wilayah sebelah barat Greenwich.

Baca Juga :

Dampaknya

  • Mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada wilayah lain di muka bumi
  • Hanya memiliki 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau
  • Memiliki banyak hutan hujan tropis yang merupakan kumpulan hutan yang khas dari sebuah lingkungan beriklim tropis. Hutan hujan tropis adalah penyumbang oksigen terbesar di dunia.
  • Menjadi salah satu tempat pariwisata terpopuler di dunia, seperti pantai pantai di Indonesia yang sering digunakan turis untuk berjemur.
  • Memiliki tanah yang subur dan banyak digunakan sebagai perkebunan dan pertanian negara yang bisa membantu perekonomian negara.
  • Memiliki keragaman flora dan fauna di setiap wilayahnya.
  • Suhu udara di area seperti ini cenderung hangat hingga panas
  • Curah hujan yang cukup tinggi
  • Kelembaban udara pada area ini tinggi
  • Memiliki 3 daerah pembagian waktu.

Memang letak Indonesia sangatlah mempesona di mata dunia. Namun, selain kelebihannya, ada juga kerugiaannya seperti keadaan suhu dan udaranya lebih panas daripada daerah lain. Ya, apapun keadaannya, kita wajib bangga dengan negara kita, karena negara kita memiliki nilai lebih di mata turis mancanegara.

Oke, sekian artikel mengenai letak Geografis Indonesia, semoga bermanfaat ya. Jika ada kekurangan, kritikan, dan masih banyak lagi, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed