8 Lagu Daerah Sulawesi Barat Lengkap Dengan Lirik + Maknanya

Lagu Daerah Sulawesi Barat Lengkap Dengan Lirik + Maknanya – Setelah di sulawesi selatan dan sulawesi utara, berikut saya menerangkan mengenai beberapa lagu sulawesi barat. Sulawesi barat merupakan sebuah provinsi yang beribukota di mamuju. Provinsi ini terletak di bagian pulau sulawesi paling barat.

Provinsi sulbar dominan dihuni oleh suku aslinya, yakni suku mandar. Hampir 50% populasinya suku mandar, dan sisanya adalah suku lainnya yang berasal dari penjuru nusantara.

Berbicara seni budaya, banyak sekali jenis budaya yang ada di daerah ini, salah satunya yakni untuk urusan musik daerah. Banyak musik daerah yang sanga terkenal dari daerah ini, berikut beberapa lagu daerah tersebut.

Lagu Daerah Sulawesi Barat

1. Pulo Karampuang

pulo karampuang

Lagu ciptaan Andi Maksum ini merupakan lagu yang mendeskripsikan suatu pulau yang lokasinya termasuk dalam wilayah Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Yakni sebuah pulau yang luasnya sekitar 6 km yang sangat populer dan merupakan salah satu objek wisata andalan di sulawesi barat.

Lagu ini memiliki arti, Karampuang berarti “rembulan atau bulan purnama”, dan mengibaratkan keindahan pulau ibarat rembulan. Berikut lirik lagunya :

Oh pulo karampuang
Di olona mamuju
Merio-rio nikita di wattu
Simbar karampuang

Oh pulo karampuang
Di olona mamuju
Merio-rio nikita di wattu
Simbar karampuang

Karaomo lampana tonisenga’ di ate
Ateku’ rapang nikojo
Bennu bulo pammoso
Pallarina utara
Situru-turu’ salatang
Pengkata nda’ko di ia
Di tomarao

2. Panawar Sililiu

Tanna ratang sukku’na,
Cinnau dziwatammu,
Tannaratang kalepunna,
Sayanggu mating…

Iyau nauwwa toa,
I’o dzi pa’mai’ u,
Tammalama’ na lele,
Ditau laeng…

Sayanggu mating,
Sayang tongatongan ho…

I’o simata I’o,
Usenga’ u salili,
I’o simata I’o,
Monaya dzipa’ mai’ u…

I’o simata I’o,
Panawar salili’u,
I’o simata I’o,
Rannunna nyawau…

3. Tenggang Tenggang Lopi

tenggang tenggang lopi

Lagu ini memiliki arti berlayar dengan perahu. Sesuai dengan judul lagunya, Lagu Tenggang-Tenggang Lopi menceritakan tentang kebiasaan masyarakat suku Mandar yang mata pencariannya adalah nelayan. Berikut lirik lagunya :

Tenggang tenggang lopi,
Lopinna I anak kodra,
Anak kodra di panja’ja’,
Di panja’ja, uluanna…

Uluanna lepa-lepa,
Lepa-lepa lambing liwang,
Lambing liwang di lallute’,
Mapparotton tinja’na…

Polea’, polea’ liwang,
Natoana ma’ dro’mai,
Tedrong lotong tammettandu’,
Apa’ mokadra ma’ande’…

Baca Juga :

4. Malluya

Lagu Daerah Sulawesi Barat selanjutnya berjudul Malluya. Tidak ada info lebih lanjut mengenai lagu ini baik lirik maupun artinya, namun ini juga merupakan salah satu lagu daerah sulawesi barat yang patut diperhitungkan.

5. Io – Io

Sama seperti lagu di atas, tidak banyak yang diketahui mengenai lagu ini, siapa pembuatnya, kapan dibuat, dan informasinya masih belum ditemukan.

6. Bulu Londong

Bulu Londong ini sebenarnya adalah nama tarian adat di daerah sulbar, yang memiliki musik sama dengan judul tariannya. Maka dari Itu, info detail mengenai lirik lagu ini susah dicari.

Kemungkinan besar hanya pembawa alat musik dalam tarian ini yang hapal dengan lagunya. Tetapi seiring perkembangan zaman, Tari ini sudah sangat jarang ditemukan, baik di formal maupun tidak formal.

7. Ma’ Pararuk

Lagu daerah sulawesi barat selanjutnya berjudul Ma’ pararuk, yang keberadaannya sudah jarang disuguhkan dalam acara resmi maupun tidak resmi pada berbagai acara. Maka dari itu informasi mengenai lagu ini juga sulit sekali ditemukan.

8. Sayang Sayang

Sayang-Sayang merupakan sebuah lagu daerah yang berasal dari Suku Mandar, suku asli sulawesi barat. Informasi detail mengenai lagu ini sudah sangat minim, dan jarang dilestarikan, sehingga sedikit demi sedikit terkikis oleh zaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed