17 Lagu Daerah Jakarta Beserta Lirik Dan Maknanya

Lagu Daerah Jakarta Beserta Lirik Dan Maknanya – Jakarta, merupakan ibukota Indonesia yang identik dengan kehidupan mewah, modern, dan rasanya tidak ada hal yang berbau tradisional.

Hmm, namun itu tidak sepenuhnya benar. Karena masih ada hal tradisional dan seni budaya, seperti lagu daerah, tarian tradisional, dan cerita rakyat lainnya.

Nah, pada kali ini, bicara tentang seni dan budaya jakarta, saya akan membahas tentang lagu daerah yang berasal dari ibukota Indonesia ini, berikut daftarnya!.

Lagu Daerah Jakarta

1. Kicir – Kicir

kicir kicir

Nah, pertama ada lagu Kicir-Kicir, yang termasuk salah satu lagu daerah Jakarta paling terkenal. Lagu ini sering dibawahkan saat perayaan hari ulang tahun kota Jakarta.

Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka

Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna

2. Ondel – Ondel

Lagu Ondel-Ondel mungkin sudah sangat familiar di telinga masyarakat di Indonesia, karena memang lagu ini sering diperdengarkan di berbagai media dan acara

Nama ondel ondel ini diambil dari salah satu kesenian tradisional Betawi, yaitu Ondel-Ondel. Yang merupakan bentuk seni pertunjukan masyarakat Betawi yang sering dipentaskan dalam berbagai pesta rakyat. Di bawah ini lirik lagunya :

Nyok, kite nonton ondel-ondel
Nyok, kite ngarak ondel-ondel
Ondel-ondel ade anaknye
Anaknye ngigel ter-iteran

Mak, bapak ondel-ondel ngibing
Ngarak penganten disunatin
Goyangnye asyik endut-endutan
Nyang ngibing igel-igelan

Plak gumbang gumplak plak plak
Gendang nyaring ditepak
Yang ngiringin nandak
Pade surak-surak….

Tangan iseng ngejailin
Kepale anak ondel-ondel
Taroin puntungan
Rambut kebakaran….

Anak ondel-ondel jejingkrakkan
Kepalenye nyale bekobaran
Yang ngarak pade kebingungan
Disiramin aer comberan….

3. Keroncong Kemayoran

Lagu Keroncong Kemayoran ini merupakan lagu betawi yang tidak diketahui secara pasti siapa yang menciptakannya.

Lirik lagu ini memiliki banyak versi, namun tetap dengan susunan nada yang sama. Meskipun memiliki banyak versi, namun, lagu ini selalu ditandai dengan satu baris lirik yang sama, yang berbunyi jiwa manis indung disayang. Berikut lirik lagunya :

La la la la la la la laaa
Laju laju perahu laju
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Lajulah sampai lajulah sampai ke Surabaya

Ikan pepes dari Cianjur
Kantongnya kempes pacarnya kabur

La la la la la la la laaa
Biarlah lupa kain dan baju
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Janganlah janganlah lupa suara saya

Buah Kedondong di pinggir kali
Lagu keroncong merdu sekali

La la la la la la la laaa
Terang bulan terang di kali
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Buaya timbul buaya timbul disangka mati

Makan bubur di pagi hari
Kekasih kabur cepat cari ganti

La la la la la la la laaa
Jangan percaya mulut lelaki
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Berani sumpah berani sumpah hai kawin lagi

Burung dara tinggi terbangnya
Dengar suara ini orangnya

La la la la la la la laaa
Ani-ani bukannya wajah
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Buat memotong buat memotong padi di sawah

Dari Malang ke Surabaya
Jikalau pulang bersama-sama

La la la la la la la laaa
Saya nyanyi memang sengaja
Jiwa manis indung disayang
La la la la la la la la oo
Untuk menghibur untuk menghibur hati yang luka

Kedongdong di atas peti
Ini Keroncong mohon berhenti
Kedongdong di atas peti
Ini Keroncong mohon berhenti

4. Kelap Kelip

Kelap kelip lampu di kapal anak kapal main sekoci
Air mata jatuh di bantal, aduh, yang dinanti belum kembali

Pulau Pandan jauh di tengah di balik Pulau Angsalah Dua
Hancur badan di kandung tanah amboi, budi baik terkenang jua

Dalam hujan bajuku basah jalan-jalan di pinggir kali
Biar kini kita berpisah, sayang, lain kali jumpa kembali

5. Sirih Kuning

Kalau tidak, nona, karena bulan, sayang
Tidaklah bintang, ya nona, tidaklah bintang ya nona
meninggi hari

Kalau tidak, nona, karena tuan, sayang
Tidaklah kami, ya nona, tidaklah kami, ya nona
sampai kemari

Sirih kuning, nona, batangnya ijo, nona
Yang putih kuning, ya nona, yang putih kuning, ya nona
memang sejodo

Ani-ani, nona, bukannya waja, sayang
Dipakailah anak, ya nona, dipakailah anak. ya nona
patah tangkainya

Kami nyanyi, nona, memang sengaja, sayang
Lagunya asli, ya nona, lagunya asli, ya nona
pusaka lama

Sirih kuning, nona, lagi ditampin, nona
Kami menyanyi, ya nona, kami menyanyi, ya nona
mohon berhenti

6. Cik Abang

Buat apa berkain batik tulis
Jikalau tidak serta s’lendang kebaya
Buat apa bermuka-muka manis
Jikalau memang tidak ya jiwa manis indung disayang
Jikalau tidak jujur hatinya
Kalau Cik Abang ke Pasar Minggu
janganlah lupa beli pepaya
Kalau Cik Abang berkawan baru
janganlah lupa kawan yang lama

7. Jali – Jali

jali jali

Lagu ini juga dikenal dengan nama Si Jali-Jali, yang dikembangkan oleh orang-orang Cina peranakan Jakarta lewat musik tradisional mereka, Gambang Kromong.

Seperti kebanyakan lagu daerah Jakarta yang berasal dari kebudayaan Betawi, lagu Si Jali-Jali ini juga terbentuk dari bait-bait pantun yang dipadukan dengan musik bernada riang. Berikut liriknya :

Ini dia si jali-jali
lagunya enak, lagunya enak merdu sekali
ini dia si jali-jali
eh, sayang disayang
lagunya enak merdu sekali

capek sedikit tidak perduli sayang
asalkan tuan, asalkan tuan senang di hati

jalilah jali roda melati, sayang
cali cali roda melati
calilah cali berganti-ganti

ular naga diemprut selang
(ah lu kate belanda)
uler kadut, uler kadut segene gini
(segede ape bang?) (neh!)

ular naga diemprut selang, nona, nona
uler kadut, uler kadut segede gini
(kayak gede banget) (ah, lu tau kok)

digode jande gak inget pulang, sayang
digode jande gak inget pulang (kenape bang?)
sampe lupain utang seringgit

dari turki ke bojong lengkong, sayang
dari turki ke bojong lengkong
sebab si pengki turunan cukong
(ha ha.. lu tahan gak tuh)

keramat ape tiga langkah?
(mane gua tahu)
sayang di sayang, kramat karet banyaklah lumpur
keramat ape tiga langkah?
eh sayang di sayang, kramat lah karet banyaklah lumpur

jimat ape yang abang pake sayang,
siang dan malam, siang dan malam ga bisa tidur

jali-jali dari cikini, sayang
jali-jali dari cikini
jali jali… sampai disini

8. Lenggang Kangkung

Merupakan salah satu lagu DKI Jakarta yang dipopulerkan oleh seorang penyanyi putri asal Jakarta, yakni Lilis Suryani.

Belum diketahui pasti siapa yang menciptakan lagu Lenggang Kangkung ini. Konon, lagu ini tercipta sejak masa penjajahan Belanda, dan menggunakan Bahasa Melayu.

Lagu ini bertema kehidupan rumah tangga, lenggang kangkung merujuk pada sikap acuh tak acuh atau tindakan yang seenaknya saja.

Lenggang lenggang kangkung
Kangkung dari Cimanggis
Lenggang lenggang lenggang kangkung
Kangkungnya dari Cimanggis

Memang nasib yang paling beruntung
Dapat pacar tak punya kumis
Memang nasib yang paling beruntung
Dapat pacar tak punya kumis

Lenggang lenggang lenggang lenggang kangkung
Kangkung dari Jakarta
Lenggang lenggang lenggang lenggang kangkung
Kangkungnya dari Jakarta

Memang nasib paling tak beruntung
Punya ayah suka main mata
Memang nasib paling tak beruntung
Punya ayah suka main mata

Lenggang lenggang lenggang lenggang kangkung
Kangkung di atas peti
Lenggang lenggang lenggang lenggang kangkung
Kangkungnya di atas peti

Memang nasib tak beruntung
Punya nenek suka main tali
Memang nasib tak beruntung
Punya nenek suka main tali

9. Abang Pulang

Lagu Abang Pulang ini merupakan salah satu lagu ciptaan Almarhum Benyamin Sueb terbaik sepanjang masa, berikut lirik lagunya :

Nah, abang pulang
Bakul nasi goyang-goyang
Dek, abang pulang
Dari kota pulang kandang
Abang bawa apaan?
Abang bawa bungkusan
Eh bungkusannye apaan?
Beginian
Apaan sih isinye bang?
Ntar aje loe liat
Buka donk aye liat,
Loe liat pasti melotot

Duh, abang sayang
Pulang pasti banyak uang
Duh, adek sayang
Gue gak bisa bilang dah.
Terserah.
Abang bawa apaan?
Abang bawa bungkusan
Eh bungkusannye apaan?
Beginian
Apaan sih isinye bang?
Ntar aje loe liat
Buka donk aye liat,
Loe liat pasti melotot

Baca Juga :

10. Pepaya Mangga Pisang Jambu

Pepaya mangga Pisang Jambu
Dibawa dari pasar minggu
Disana banyak penjualnya
Dikota banyak pembelinya

Pepaya buah yang berguna
Bentuknya sangat sederhana
Rasanya manis tidak kalah
Membikin badan sehat segar

Pepaya jeruk jambu rambutan
Duren duku dan lain lainnya
Marilah mari kawan semua
Membeli buah buahan

Pepaya makanan rakyat
Karena sangat bermanfaat
Harganya juga tak mengikat
Setalen tuan boleh angkat

11. Surilang Njot Njotan

Surilang jot-njotan
Ada hujan rintik perlahan
Rahmat Tuhan semesta alam
eh sayang disayang
Kagak gune cantik rupawan aduh sayang
Kagak gune cantik rupawan eh sayang aduh sayang
Kalo kagak suka sembahyang

Surilang jot-njotan
Burung elang di pinggir jalan
Dideketin eh malah terbang
eh sayang disayang
Sie-sie puasa sebulan aduh sayang
Sie-sie puasa sebulan eh sayang aduh sayang
Kalo cuma ngomongin orang

Surilang jot-njotan
Kue cubit di atas nampan
Jadi sehat kalo dimakan
eh sayang disayang
Tiada gune uang disimpan aduh sayang
Tiada gune uang disimpan eh sayang aduh sayang
Kalo zakat enggak dibayarkan

Surilang jot-njotan
Baek ati ente lakuin
Kagak rugi aye jaminin
eh sayang disayang
Naek haji niatin aduh sayang
Naek aji kite niatin eh sayang aduh sayang
Haji mabrur kite dambain

12. Wak Wak Gung

Nama Wak-Wak Gung diambil dari sebuah permainan tradisional anak-anak Betawi, yang dalam permainannya diiringi dengan menyanyikan lagu Wak-Wak Gung.

Wak wak kung nasinye nasi jagung
Lalapnye daon utan
Sarang gaok dipohon jagung
Gang…ging…gung

Tam-tambuku
Seleret daon delime
Pato klembing pate paku
Tarik belimbing
Tangkep satu
Pit ala’ipit
Kuda lari kejepit-sipit

13. Ronggeng Jakarta

Nama lagu ronggeng Jakarta diambil dari satu bentuk kesenian tari etawi di mana pasangan saling bertukar ayat-ayat puitis saat mereka menari dan diiringi dengan musik rebab atau biola dan gong.

Takdir tak dapat aku pungkiri
Terserah Tuhan Khalikul Bahri
Hanya kerjaku sepanjang hari
Merangkai madah di sanubari

Aku menyanyi anda menari
Aku bersuara anda gembira
Tetapi anda tak pernah m’rasa
Dalam menyanyi jiwa tersiksa

14. Cente Manis

Adalah lagu tradisional Jakarta yang bertemakan romansa, dan namanya diambil dari nama sebuah kue tradisional khas Betawi bernama cente manis, dimana kue ini memiliki warna merah muda dan bertekstur kenyal seperti agar-agar. Berikut lirik lagunya :

Ambil dacin,
Ambil dacin menimbang padi.
Ambil dacin,
Ambil dacin menimbang padi.
Ya padilah ditimbang.
Ya aduhai sayang.
Padi ditimbang setengah kati,
Sayang.
Badan miskin ya tuan,
Siapalah yang mau,
Yaduh sayang,
Tidak ada lah yang mau.
Yaduh nona,
Cente manis,
Dipatok burung.
Biar saja,
Biar saja dibawa dulu.
Biar saja,
Biar saja dibawa dulu.
Ya jambulah ijo,
Ya aduhai sayang,
Jambulah ijo jatuh di tanah,
Sayang.
Biar sajalah nona,
Kita sabar dahulu,
Yaduh sayang,
Biarlah sabar dahulu
Kalaulah jodoh takkan kemana,
Yaduh nona,
Cente manis,
Dipatok burung.
Cente manis,
Dipatok burung,
Cente manis!

15. Sang Bango

Sang bango, eh sang bangau
Kenape elu, elu delak-delok?
Sang bangau, ngau, ngau, ngau, eh sang bango
Kenape elu, elu delak-delok?

Mengkenye aye, aye delak-delok
Sang kodok, eh, kerak-kerok
Mengkenye aye, aye delak-delok
Sang kodok, eh, kerak-kerok

Sang kodok, eh, eh, eh sang kodok
Kenape elu, elu kerak-kerok?
Sang kodok, eh, eh, eh sang kodok
Kenape elu, elu kerak-kerok?

Mengkenye aye, aye kerak-kerok
Orang-orang, eh, pade ngorok
Mengkenye aye, aye kerak-kerok
Orang-orang, eh, pade ngorok

Bang orang, eh, eh, eh bang orang
Kenape elu, elu pade ngorok?
Bang orang, eh, eh, eh bang orang
Kenape elu, elu pade ngorok?

Mengkenye aye, aye pade ngorok
Sang kodok kerak-kerok
Mengkenye aye, aye pade ngorok
Sang kodok, eh kerak-kerok (bandel)

Sang kodok, eh, eh, eh sang kodok
Kenape elu, elu kerak-kerok?
Sang kodok, eh, eh, eh sang kodok
Kenape elu, elu kerak-kerok?

Mengkenye aye, aye kerak-kerok
Bikin musik, lagu jailhouse rock
Mengkenye aye, aye kerak-kerok
Bikin musik, lagu jailhouse rock

16. Kompor Meleduk

Aah, nyak banjir!

Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ngamuk
Rumeh ane kebakaran, gare-gare kompor mleduk
Ane jadi gemeteran, wara-wiri keserimpet
Rumeh ane kebanjiran, gara-gara got mampet

Ati-ati kompor meleduk
Ati ane jadi dag-dig-dug (Heh, jatuh duduk)
Ayo-ayo bersihin got
Jangan takut badan blepot

Coba eneng jangan ribut
Jangan pade kalang kabut
Aarrrgh

Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ngamuk
Rumeh ane kebakaran, gare-gare kompor mleduk
Ane jadi gemeteran, wara-wiri keserimpet
Rumeh ane kebanjiran, gara-gara got mampet

Ati-ati kompor meleduk
Ati ane jadi dag-dig-dug (Heh, jatuh duduk)
Ayo-ayo bersihin got
Jangan takut badan blepot

Coba eneng jangan ribut
Jangan pade kalang kabut
Aarrrgh

17. Hujan Gerimis

Hujan Gerimis juga merupakan salah satu lagu daerah jakarta karya benyamkin sueb yang dipopulerkan bersama Ida Rohyani.

Lagu ini sering dibawakan dengan iringan musik tradisional Gambang Kromong dalam acara perayaan masyarakat Betawi.

eh ujan gerimis aje
ikan teri diasinin
eh jangan menangis aje
yang pergi jangan dipikirin

eh ujan gerimis aje
ikan lele ade kumisnye
eh jangan ngelamun aje
kalo bole cari gantinye

mengapa ujan gerimis aje
pergi berlayar ke tanjung cina
mengapa adek menangis aje
kalo udah jodoh gak kemana
oiy oiy

eh ujan gerimis aje
ikan bawal diasinin
eh jangan menangis aje
bulan syawal mau dikawinin

jalan-jalan ke menado
jangan lupa membeli pala
kalo niat mencari jodoh
cari yang item seperti saya

Itu adalah beberapa lagu daerah jakarta beserta lirik dan maknanya. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menambah wawasan kita semua bahwa jakarta tidak hanya identik dengan kota mewah, namun di dalamnya juga masih terdapat hal berbau tradisional.

Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa baca artikel klikpedia yang lainnya!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *