Islam Iman Dan Ihsan : Pilar Agama Islam Dan Penjelasannya

Islam Iman Ihsan : Pilar Agama Islam Dan Penjelasannya – Pernah suatu saat, Rasulullah di datangi oleh malaikat jibril dengan wujud seorang lelaki yang tidak diketahui jati dirinya. Lantas malaikat jibril mengajarkan mengenai pokok-pokok ajaran agama, yaitu iman, islam dan ihsan

Dimana, kalimat ini bukan hal yang tabu untuk di dengar bukan?. Bahkan terbilang sering untuk diucapkan. Namun, sudahkah kamu paham tentang iman, islam, dan ihsan?. Jika belum, kami surah merangkum kan untuk kalian semua. Simak artikel ini sampai habis ya

Islam Iman Dan Ihsan

A. Pengertian Islam

Secara bahasa, islam berarti patuh, tunduk atau berserah diri. Sedangkan menurut syariat islam memiliki dua pengertian yaitu :

Pertama : Jika disebutkan sendiri tanpa adanya kata iman, islam berarti seluruh agama, baik dalam hal pokok (ushul) atau cabang (furu’), termasuk dalam hal aqidah, perbuatan, perkataan dan ibadah.

Kedua : Jika disebutkan dengan imbuhan iman, islam berarti perkataan dan amalan lahiriyah yang terjaga antara diri dengan hartanya, baik meyakini islam atau tidak.

B. Pengertian Iman

Dalam bahasa arab, iman yaitu percaya. Sedangkan menurut istilah, iman yaitu mempercayai dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan di amalkan dengan perbuatan atau tindakan.

Dalam hal ini dapat ditarik benang merah bahwa iman kepada Allah yaitu mempercayai dengan hati bahwa Allah adalah tuhan dengan segala kesempurnaan dan keagungan nya, diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amalan yang nyata.

Allah berfirman :

“Wahai orang-orang yang beriman. Tetaplah beriman kepada Allah dan Rosul Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al Qur’an) yang diturunkan kepada Rosul Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Dan barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rosul-rosul Nya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh.”(Q.S.An Nisa : 136)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa ketika seseorang beriman kepada Allah, semata-mata adalah untuk kebaikan seseorang itu sendiri. Tidak akan tersesat orang yang beriman kepada Allah, karena Allah sendiri yang akan menyelamatkannya dengan memberikan kebahagiaan dalam hidup.

Baca Juga :

C. Pengertian Ihsan

ihsan

Kata ihsan berasal dari bahasa arab yaitu ahsan-yuhsinu-ihsana yang berarti kebaikan atau berbuat baik. Sedangkan untuk pelaku yang mengerjakannya disebut sebagai muhsin.

Sedangkan, menurut istilah ihsan yaitu perbuatan yang dilakukan oleh orang yang memiliki hati baik dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

Ihsan di golong kan menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Ihsan kepada Allah
  2. Ihsan kepada diri sendiri
  3. Ihsan kepada sesama manusia
  4. Ihsan kepada sesama makhluk hidup

Imam Al-Ghazali berpendapat bahwa jika orang ingin berhubungan langsung dengan Allah, maka dianjurkan untuk berbuat baik terhadap sesama manusia.

Sebelum mengenal Allah lebih baik mengenal diri sendiri, karena pada diri manusia terdapat unsur ketuhanan yang melekat. Sedangkan agar mampu untuk mengenal diri yaitu dengan mengetahui proses terjadinya manusia.

D. Hubungan Antara Islam Iman Dan Ihsan

Antara iman, islam, dan juga ihsan adalah sebuah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Iman sebagai dasar dasar akidah yang kemudian diwujudkan dalam pelaksanaan lima rukun islam. Sedangkan pelaksanaan dari rukun islam inilah yang disebut sebagai ihsan.

Seorang yang sudah bersifat islam disebut dengan muslim. Siapa yang bersifat iman disebut sebagai orang yang mukmin. Antara islam dan iman sendiri pun tidak dapat dipisahkan.

Dengan hal itu, bila seseorang islam namun tidak iman, maka tidak akan mendapatkan keuntungan di akhirat, meskipun dilahirkan sebagai islam.


Itulah tadi penjelasan mengenai islam iman dan ihsan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed