10+ Ilmuwan Yunani Kuno Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

Ilmuwan Yunani Kuno Paling Berpengaruh Dalam Sejarah – Berbicara mengenai ilmuwan, pastinya kita tidak akan melupakan salah satu bangsa yang memiliki banyak ilmuwan yang paling berpengaruh dalam sejarah, iya, yunani kuno.

Periode Yunani kuno adalah sebuah awal berkembangnya ilmu pengetahuan modern seperti saat ini. Salah satu ilmu yang paling berpengaruh adalah filsafat, yang merupakan induk dari setiap ilmu pengetahuan saat ini.

Zaman Yunani kuno banyak melahirkan tokoh tokoh besar, karena bangsa yunani tidak menerima pengetahuan mentah mentah, melainkan senang mempelajari sesuatu secara kritis, jadi, setiap tokoh memiliki pikirannya masing-masing.

Dari pemikiran tersebut, banyak sekali tokoh besar yang terlahir di bidangnya masing-masing dan terkenal hingga saat ini. Berikut beberapa ilmuwan bangsa yunani paling berpengaruh dalam sejarah.

Ilmuwan Yunani Kuno Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

1. Thales of Miletus

thales

Thales adalah seorang filsafat Pra-Sokrates. Banyak ilmuwan, terutama Aristoteles, menganggapnya sebagai filsafat pertama dalam tradisi Yunani. Thales berusaha untuk menjelaskan fenomena alam tanpa mengacu pada mitologi, dan sangat berpengaruh dalam hal ini.

Dalam matematika, Thales menggunakan geometri untuk memecahkan masalah, seperti menghitung ketinggian piramida dan jarak kapal dari pantai. Dia diknobatkan menjadi salah satu tokoh pertama yang menggunakan geometri, dengan menurunkan empat akibat wajar dari Teorema Thales.

Beliau juga dianggap menjadi salah satu matematikawan pertama dalam sejarah, dan individu yang pertama menemukan matematika. Bahkan, ia diketahui menjadi orang pertama yang mempelajari listrik.

2. Socrates

socrates

Socrates adalah seorang filsuf Athena Yunani klasik dan dinobatkan menjadi salah satu pendiri filsafat Barat. Beliau merupakan sosok misterius yang dikenal melalui karya yang disebut tulisan klasik.

Banyak orang berpendapat bahwa dialog-dialog Plato adalah hal yang paling komprehensif dari Socrates untuk bertahan dari zaman kuno.

Socrates memiliki banyak murid hebat yang namanya juga menjadi salah satu nama ilmuwan yunani paling terkenal hingga sekarang, seperti plato, aristophanes, dan masih banyak lagi.

3. Hippocrates of Cos

ilmuwan yunani kuno hippocrates

Hippocrates dari Cos merupakan seorang dokter Yunani kuno Zaman Pericles (Athena Klasik), dan dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah kedokteran. Beliau disebut sebagai bapak kedokteran Barat sebagai pengakuan atas kontribusi abadi untuk bidang medis dan sebagai pendiri dari Sekolah Kedokteran Hippocrates.

Sekolah kedokteran Hippocrates merevolusi ilmu kedokteran di Yunani kuno, menetapkan disiplin yang berbeda dari bidang lain yang secara tradisional dikaitkan dengan sihir dan filsafat, sehingga membentuk kedokteran sebagai sebuah profesi.

4. Homer

homer

Homer merupakan penulis Iliad dan Odyssey, dan dihormati sebagai penyair terbesar Yunani kuno. Selama hampir 3.000 tahun, Homer telah mengilhami penulis dan seniman di seluruh dunia.

Masalah yang diperdebatkan adalah, apakah Homer memang pernah hidup atau tidak. Sama sekali tidak ada yang diketahui tentang dirinya ataupun kehidupannya, dan beberapa ahli percaya bahwa Iliad dan Odyssey merupakan karya beberapa penulis bukan hanya 1 orang.

Tidak peduli siapa yang menulis 2 karya besar tersebut, baik Illiad maupun Odyssey memiliki pengaruh besar terhadap dunia sastra. Pada kenyataannya, bahkan Shakespeare mendasarkan salah satu karyanya dari memainkan kisah Iliad.

5. Aristoteles

aristoteles ilmuwan yunani kuno

Aristoteles adalah seorang filsuf Yunani dan polymath, Murid dari plato dan guru dari Alexander Agung. Karya-karyanya mencakup mata pelajaran, seperti fisika, metafisika, puisi, teater, musik, logika, retorika, linguistik, politik, pemerintahan, etika, biologi, dan zoologi.

Bersama Plato dan Socrates, Aristoteles menjadi salah satu tokoh penting dalam filsafat Barat. Karya-karya pertamanya dimaksudkan untuk menciptakan sistem yang komprehensif pada filsafat Barat, meliputi moralitas, estetika, logika, ilmu pengetahuan, politik, dan metafisika.

Menurut beliau, ilmu-ilmu fisika berbentuk kelembagaan sekolah di abad pertengahan, dan pengaruh mereka diperpanjang sampai zaman Renaisance, meskipun akhirnya diperbarui oleh fisikanya Newton.

Diperkirakan sebagian besar karya aristoteles sekarang hilang dan hanya sekitar sepertiga dari karya asli yang masih bertahan.

6. Plato

plato

Plato merupakan seorang filsuf Yunani Klasik, murid dari Socrates, penulis dialog filosofis dan pendiri Academy di Athena, lembaga pendidikan tinggi pertama di dunia Barat. Selain Socrates dan Aristoteles, Plato membantu meletakkan dasar-dasar filsafat dan ilmu sains Barat.

7. Pythagoras

pythagoras

Pythagoras berkontribusi filsafat dan ajaran agama pada akhir abad ke 6 SM. Dia banyak dikenal matematikawan dan ilmuwan besar, dan beliau dikenal hingga sekarang karena Teorema Pythagoras yang ditemukan olehnya.

Banyak prestasi Pythagoras yang sebenarnya adalah prestasi rekan dan penerusnya. Dikatakan bahwa dia adalah orang pertama yang menyebut dirinya seorang filsafat.

8. Archimedes

ilmuwan yunani kuno archimedes

Archimedes dari Syracuse adalah seorang matematikawan, fisikawan Yunani, insinyur, penemu dan astronom handal. Meskipun tidak banyak yang diketahui darinya, beliau dianggap sebagai salah satu ilmuwan terkemuka di zaman klasik.

Bidangnya adalah salah satu materi dasar fisika, seperti hidrostatika, statika dan penjelasan prinsip tuas. Dia dikreditkan dengan merancang mesin yang inovatif, termasuk mesin pengepungan dan pompa sekrup.

Archimedes dianggap sebagai ahli matematika terbesar dari jaman kuno, dan sepanjang masa. Dia menggunakan metode ekhaus untuk menghitung luas di bawah busur parabola dengan penjumlahan dari seri terbatas, dan memberikan perkiraan yang sangat akurat dari π.

Dia juga menemukan spiral yang dinamakan sesuai namanya, rumus untuk volume permukaan revolusi dan sistem cerdas untuk mengekspresikan jumlah yang sangat besar. Berbeda dengan penemuannya, tulisan-tulisan matematika Archimedes dikenal di zaman kuno.

Matematikawan dari Alexandria membaca dan mengutip karya Archimedes, tapi kompilasi komprehensif pertama tidak dibuat sampai tahun 530 M oleh Isidorus dari Miletus, sementara komentar tentang karya-karya Archimedes, yang ditulis oleh Eutocius pada abad ke 6, membuka mereka untuk pembaca yang lebih luas untuk pertama kalinya.

9. Herodotus

herodotus

Herodotus adalah salah satu sejarawan Yunani kuno yang lahir di Halicarnassus, Caria, dan tinggal di abad 5 SM (484 SM – 425 SM). Dia disebut sebagai “Bapak Sejarah”, dan sejarawan pertama yang diketahui mengumpulkan bahan sistematis, uji akurasi sampai batas tertentu, dan mengaturnya dalam sebuah narasi yang dibangun dengan baik dan jelas.

The Histories, salah satu karya dan pekerjaannya yang dikenal telah menghasilkan catatan dari penyelidikan dari Perang Yunani – Persia dan termasuk kekayaan informasi geografis dan etnografis. Meskipun beberapa ceritanya tidak sepenuhnya akurat, dia mengklaim bahwa dia hanya melaporkan apa yang telah diberitahu kepadanya. Sedikit yang diketahui dari sejarah pribadinya

10. Democritus

democritus

Democritus merupakan seorang filsuf Yunani Kuno, lahir di Abdera, Thrace, Yunani. Dia adalah seorang filsuf yang berpengaruh pra-Socrates dan murid dari Leucippus, yang merumuskan sebuah teori atom untuk kosmos.

Kontribusi Democritus dan mentornya, Leucippus yakni Spekulasi mereka pada atom, yang diambil dari Leucippus. Diabaikan di Athena kuno, Plato mengatakan tidak menyukainya sehingga dia berharap semua buku-bukunya dibakar. namun Banyak yang menganggap Democritus sebagai Bapak Ilmu Pengetahuan Modern.

11. Solon

solon

Solon merupakan seorang negarawan Athena, anggota parlemen dan penyair. Dia dikenang atas usahanya untuk undang-undang terhadap penurunan politik, ekonomi, dan moral di Athena kuno.

Reformasinya gagal dalam jangka pendek, namun dia sering dikreditkan dengan peletakan dasar bagi demokrasi di Athena.

Baca Juga :

12. Phidias

phidias

Phidias, atau Pheidias yang Agung merupakan seorang pematung, pelukis, dan arsitek Yunani kuno, yang tinggal di abad ke 5 SM, dan dianggap sebagai salah satu pematung terbesar di Yunani Klasik.

Patung Karya Phidias adalah patung Zeus, di Olympia,yang menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Phidias juga mendesain patung-patung dewi Athena di Acropolis Athena, yaitu parthenos Athena, di dalam Parthenon dan Promachos Athena, sebuah patung perunggu Athena kolosal yang berdiri antara itu dan Propylaea, sebuah gateway monumental yang menjadi pintu masuk ke Acropolis di Athena.

Sebelum perang Peloponnesia, Phidias dituduh menggelapkan emas dalam pembuatan patung Athena di Parthenon. Phidias meninggal dalam penjara.

13. Euclid

euclid ilmuwan yunani kuno

Euclid adalah seorang ahli matematika dan bapak geometri. Sangat sedikit yang diketahui tentang hidupnya, tetapi beliau aktif di Perpustakaan Alexandria.

Karya utamanya adalah “The Elements” yang masih digunakan sebagai buku teks dalam matematika dan hanya dapat diungguli dengan Alkitab dalam hal eksemplar terjual. Buku ini mencakup sistem bukti matematika yang tetap menjadi dasar dari matematika saat ini.

Ya, itulah beberapa nama besar ilmuwan yunani kuno yang namanya dikenal dan dikenal hingga sekarang. Semoga bermanfaat, share ke teman-teman ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed