oleh

Hukum Pascal, Pengertian, Hukum, Bunyi, & Contoh Soal

 

Hukum Pascal, Pengertian, Hukum, Bunyi, Dan Contohnya – Sebelumnya, pernahkah kalian melakukan imunisasi atau suntik vitamin?. Jika iya, pernahkah kalian mengamati seperti apa cara dan metode dalam menyuntik?. Bagaimana cairan dalam suntikan tersebut hilang dan masuk ke dalam tubuh?.

Nah, rupa rupanya jarum suntik yang sering kita lihat ini termasuk dari hukum pascal. Dimana cairan yang terdapat di dalam jarum dapat masuk ke dalam tubuh kamu dengan hanya memompa jarum suntik nya. Dengan demikian cairan nya akan mudah masuk ke dalam tubuh kamu.

Bagaimana, sudah dapat gambaran tentang hukum pascal belum?. Jika belum maka kamu harus menyimak artikel ini sampai habis. Karena kami telah merangkum sedemikian rupa materi tentang hukum pascal mulai dari pengertian, hukum, bunyi dan tentu dengan contohnya. Simak terus ya!

A. Pengertian Hukum Pascal

blaise pascal

Sebelum membahas tentang hukum pascal, saya singgung sedikit tentang sejarahnya ya. Jadi, hukum pascal ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis yaitu Blaise Pascal. Sebenarnya, Blaise Pascal ini adalah seorang teologi dan filsafat, tetapi memiliki hobi dan keahlian dalam ilmu fisika dan matematika, terutama pada geometri proyektif.

Karena hobi yang dimilikinya, mampu mengantarkan Blaise Pascal terkenal menjadi ilmuwan sepanjang masa dengan penemuan dalam bidang fisika mekanika fluida yang berhubungan dengan gaya dan tekanan yang sampai sekarang dikenal dengan hukum pascal.

Secara umum, hukum pascal yaitu hukum yang membahas tentang sebuah tekanan yang dikenakan kepada zat cair di dalam sebuah ruang tertutup yang akan diteruskan ke semua arah dengan sama rata dan sama besarnya.

B. Bunyi

Untuk dapat mengetahui secara detail tentang hukum pascal, alangkah baiknya jika kalian tahu bunyi dari hukum pascal. Dimana hukum pascal berbunyi :

“Tekanan yang diberikan pada suatu zat cair di dalam suatu wadah, akan diteruskan ke segala arah dan sama besar.”

C. Rumus Hukum Pascal

Karena adanya sebuah hubungan antara zat cair dan juga wadahnya, maka cara termudah untuk menghitung hukum pascal adalah dengan menggunakan rumus. Berikut ini adalah rumusnya :

ΔP = ρg(Δh)

Keterangan :

  • P = Massa pada zat cair (kg/m2)
  • Δh = Perbedaan kentinggian pada dua bagian yang berisi cairan atau ketinggian pada zat cair (m2)
  • Δp = Perbedaan berat pada dua titik sekat berisikan zat cait atau tekanan pada hidrostatik (Pa)

Ketika jari-jari sudah diketahui, maka rumus akan berubah menjadi seperti ini :

F1/A1 = F2/A2 maka F1 = A1/A2 x F2 atau F1 = (D1/D2) x F2

Keterangan :

  • F1 = Gaya pada penampang 1 (newton)
  • R2 = Jari-jari pada penampang 2 (m)
  • F2 = Gaya pada penampang 2 (newton)
  • A1 = Luas penampang 1 (m2)
  • A2 = Luas penampang (m2)
  • D1 = Diameter pada penampang 1 (m)
  • D2 = Diameter pada penampang 2(m)
  • R1 = Jari-jari pada penampang 1 (m)

Baca Juga :

D. Contoh Soal

Sebuah pengungkit hidrolik digunakan untuk mengangkat sebuah beban sebesar 1 ton. Apabila rasio perbandingan antara luasan penampang adalah 1 : 200 maka berapakah gaya minimal yang harus bekerja pada pengungkit hidrolik?.

Jawab :

  • A1/A2 = 1:200
    m = 1000 kg, maka W = m . g = 1000 . 10= 10000 N
    F1/A1 = F2/A2
    F1/F2 = A1/A2
    F1/10000 = 1/200
    F1 = 50N
    Jadi gaya yang harus dikerjakan sistem adalah sebesar 50N

Oke, itulah artikel tentang hukum pascal, yang tentunya sudah lengkap dengan pengertian, bunyi hukum, dan juga contoh soalnya.

Semoga dengan dibuatnya artikel ini, mampu memberikan manfaat dan mampu menjawab semua pertanyaan kamu. Oh ya, jangan lupa baca artikel kami yang lainnya ya, terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed