Hukum Newton 1 2 Dan 3, Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Soal

Hukum Newton 1, 2 Dan 3, Pengertian, Bunyi, Rumus, Contoh Soal – Hallo, ketemu lagi di klikpedia.net. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas artikel tentang hukum newton 1, 2 dan juga 3 yang lengkap dengan pengertian bunyi hukum newton, rumus hukum newton dan juga contoh soalnya.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mari kita bahas tentang pengertian hukum newton secara umum dahulu. Secara umum, hukum newton adalah hukum yang terdapat dalam dunia fisika dimana hukum ini menggambarkan adanya hubungan antara sebuah gaya yang bergerak dikarenakan oleh suatu sebab.

Pertama kalinya, newton ditemukan oleh Potret Sir Isaac Newton (1643 – 1722) yang ahli dalam bidang fisika berasal dari eropa. Beliau juga menemukan hukum gerak, gravitasi, teleskop pantul, spektrun, dan juga kalkulus.

Karena dedikasinya pada dunia ilmuwan dan pendidikan, hukum yang beliau temukan ini diberi nama dengan hukum newton. Dimana hukum ini memiliki 3 konsep dasar, yaitu hukum newton satu, hukum newton dua, dan juga hukum newton tiga.

Hukum Newton 1, 2 Dan 3

A. Hukum Newton 1

isaac newton

Hukum newton satu adalah suatu benda yang akan terus berusaha untuk mempertahankan keadaan maupun posisi awal yang dimilikinya.

Benda yang awalnya diam akan tetap diam dan benda yang bergerak maka akan berusaha agar tetap bergerak. Kecenderungan ini terjadi dikarenakan untuk mempertahankan posisi semula ini membuat hukum pertama seringkali disebut sebagai Hukum Inersia atau Hukum Kelembaman.

1. Bunyi Hukum Newton 1

Bunyi dari hukum newton 1 adalah :

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap

2. Rumus Hukum Newton 1

Rumus dari hukum newton 1 yaitu :

 ∑F = 0

Atau,

Resultan gaya (Kg m/s2)

B. Hukum Newton 2

Hukum newton 2 ini yaitu hukum yang dapat dipahami bahwa suatu gaya akan menjadi semakin besar apabila diberikan dorongan gaya sejauh laju arah benda tersebut. tetapi. jika diberikan gaya tolak atau berlawanan dari gaya benda tersebut, maka akan memperlambat atau memperkecil laju dari gaya benda itu.

Perubahan kecepatan serta perubahan laju benda itulah yang menyebabkan adanya sebuah gaya. Semakin besar perlambatan atau pun percepatan yang diberikan, maka akan semakin mempengaruhi arah gerak benda itu.

1. Bunyi Hukum Newton 2

Bunyi dari hukum newton 2 adalah :

Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massa nya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya

2. Rumus Hukum Newton 2

Rumus dari hukum newton 2 yaitu :

F = m a

  • F = gaya (N)
  • m = massa benda (Kg)
  • a = percepatan (m/s2)

Baca Juga :

C. Hukum Newton 3

Hukum newton 3 yaitu adalah setiap aksi yang akan menimbulkan aksi atau menimbulkan sebuah sebab akibat.

Setiap gaya sebab yang diberikan akan menghasilkan sebuah gaya akibat yang terjadi. Dari hukum ini pekerjaan pada tiap benda yang diberikan gaya aksi dan menghasilkan gaya reaksi, namun reaksi dari gaya ini akan saling berlawanan arah dan bekerja di benda yang berbeda beda.

1. Bunyi Hukum Newton 3

Hukum newton 3 berbunyi :

Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arah nya berlawanan

2. Rumus Hukum Newton 3

Rumus dari hukum newton 3 yaitu :

FA  =  –  FB

Atau     

F_aksi  = – F_reaksi

  • FA = gaya yang diberikan pada benda 2 (N)
  • FB = gaya yang diterima kembali pada benda 1 (N)

D. Contoh Soal Hukum Newton

Sebuah balok bermassa 5 kg (berat w = 50 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika balok diam maka berapakah tegangan talinya?

Jawab :

Faksi = Freaksi

  • T = w
  • T = 50 N

Jadi, gaya tegangan tali yang bekerja pada balok tersebut adalah 50 N


Itulah artikel tentang hukum newton 1, 2, 3 yang lengkap dengan pengertian, bunyi, rumus, dan contoh soalnya. Jika ada pertanyaan  tentang hukum newton, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Sekian artikel ini kami buat, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed