Hukum Faraday, Pengertian, Rumus, Bunyi, Dan Contoh Soal

Hukum Faraday, Pengertian, Rumus, Bunyi, Dan Contoh Soal – Mungkin bagi sebagian orang hukum faraday ini merupakan hukum yang sangat penting. Terutama bagi seorang yang sedang memperlajari ilmu kimia-fisika secara mendalam.

Karena hukum ini dapat digunakan untuk menentukan seberapa banyaknya zat yang mengalami reaksi yang terdapat pasa jumlah muatan listrik dalam kurun waktu tertentu.

Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas materi tentang hukum faraday yang meliputi pengertian, rumus, bunyi, dan juga contoh soalnya. Yuk, simak terus artikelnya.

Hukum Faraday

A. Pengertian

michael faraday

Yang dimaksud dengan hukum faraday yaitu, hukum dasar dari sebuah elektromagnetik yang menjelaskan tentang bagaimana sebuah arus listrik mampu menghasilkan medan magnet begitu pula sebaliknya. Yaitu bagaimana sebuah medan magnet mampu menghasilkan arus listrik pada sebuah konduktor.

Hukum ini ditemukan oleh fisikawan asal inggris yang bernama Michael Faraday pada 1831 dan disebut sebagai hukum induksi elektromagnetik. Sedangkan yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik sendiri adalah sebuah gejala yang menyebabkan terjadinya gaya gerak listrik atau GGL dalam suatu kumparan.

Dimana kumparan ini terjadi bila terjadi adanya perubahan fluks magnetik pada konduktor di kumparan tersebut atau ketika konduktor bergerak relatif melintasi medan magnet.

Sedangkan fluks sendiri yaitu banyaknya jumlah garis yang melewati luasan sebuah bidang tegak lurus dengan garis gaya magnetik.

B. Rumus

Secara aljabar, hukum faraday dapat diformulasikan sebagai berikut :

W = e x F = e x i x t/96.500 = Ar x i x t/n x 96.500

Keterangan :

  • W = Massa zat yang dihasilkan dalam bentuk gram
  • e = Massa ekivalen zat
  • i = Kuat arus listrik dalam bentuk Ampere
  • t = Selang waktu dalam bentuk detik
  • Ar = Massa atom relatif
  • n = Valensi zat

Sedangkan persamaan yang biasanya digunakan untuk menyatakan hukum faraday satu adalah

W ~ Q

Dan untuk jumlah muatan listrik yang digunakan yaitu (Q) atau sana dengan hasil perkalian antara kuat arus listrik (i) dan juga selang waktu (t). Dengan menggunakan pernyataan :

Q = i x t

1 mol elektron sama dengan 1 faraday dengan muatan listrik 96.500 Coulomb. Hubungan tersebut dapat dirumuskan dengan menggunakan rumus :

Q = ne × F

F = Q/ne = i x t/96.500

C. Bunyi Hukum

Dari hasil percobaan yang telah dilakukan, terdapat dua pernyataan yang disebut dengan Hukum Induksi Elektromagnetik Faraday 1 dan Hukum 2 Induksi Elektromagnetik

Bunyi Hukum Faraday 1 :

Setiap perubahan medan magnet pada kumparan alkan menyebabkan GGL atau gaya gerak listrik yang diinduksi oleh kumparan tersebut

Bunyi Hukum Faraday 2 :

Tegangan GGL induksi di dalam rangkaian tertutup adalah sebanding dengan kecepatan perubahan fluks terhadap waktu

Tetapi ada yang menggabungkan kedua hukum tersebut menjadi satu pernyataan, yaitu

“Setiap perubahan medan magnet pada kumparan akan menyebabkan GGL atau gaya gerak listrik induksi yang sebanding dengan laju perubahan fluks”

Baca Juga :

D. Contoh Soal Hukum Faraday

Sebuah benda logam yang  dilapisi oleh Tembaga ditempatkan di dalam sebuah larutan CuSO4. Pertanyaannya adalah berapakah Massa Tembaga yang dihasilkan jika arus 0,22 A tersebut mengalir melalui Sel selama hampir 1.5 Jam (90 Menit) ?

Jawaban :

Muatan listrik yang dilewati oleh Sel adalah

(0,22 A) x (5400 detik) = 1200 C

atau bisa ditulis dengan

(1200 C) + (96599 cF´¹) = o,012 F

Karena Reduksi 1 Mol Ion CU² memerlukan penambahan 2 Mol Elektron, maka Massa Cu yang dihasilkan adalah sebagai berikut

(63,54 g mol¹) (0,5 mol Cu/F) (0,012 F) = 0,39 g tembaga.

Sehingga jawaban dari pertanyaan Berapa Massa Tembaga dari Contoh Soal Rumus Faraday diatas adalah sebesar 0,39 g tembaga.


Itulah sedikit ulasan mengenai hukum faraday lengkap dengan pengertian, rumus, bunyi dan tentunya contoh soal. Sekian artikel dari kami semoga dengan adanya artikel ini mampu memberikan manfaat. Jangan lupa juga untuk baca artikel kami yang lainnya, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed