Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945 – Dalam kehidupan, kita sebagai manusia pasti memiliki hak dan kewajiban, entah hak dan kewajiban untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Bayangkan apabila kita tidak memiliki hak dan kewajiban, mau dibawa kemana negara ini?.

Sebelum mengetahui apa saja kewajiban dan hak warga negara, anda perlu mengetahui apa itu warga negara. Warga negara ialah penduduk sebuah bangsa/negara berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara tersebut.

Pada pasal 26 UUD 1945, yang termasuk warga negara adalah orang-orang bangsa asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara Indonesia. Syarat-syarat menjadi warga negara ditetapkan dengan UU.

Berbicara tentang Hak dan Kewajiban warga, kedua hal ini sudah dituliskan di dalam UUD 1945 ke dalam beberapa pasal dan ayat. Ingin tahu apa saja Hak dan kewajiban warga?, berikut ulasannya.

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945

A. Hak

hak

1. Hak Pekerjaan Dan Hidup Yang Layak

Berdasarkan pasal 27 ayat (2) UUD 1945, setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Pasal tersebut berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Artinya, penghidupan warga negara dijamin oleh negara dan pemerintahan.

2. Hak Untuk Hidup

Berdasarkan pasal 28A UUD 1945, “Setiap orang berhak untuk hidup dan berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya”

3. Berkeluarga

Berdasarkan pasal 28B ayat (1) dan (2) UUD 1945, setiap warga negara berhak untuk menikah dan berbiak diri. Artinya, menikah melalui perkawinan yang sah dengan aturan yang berlaku.

4. Hak Mengembangkan Diri

Hak untuk mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan, dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia. (pasal 28C ayat 1).

5. Jaminan Dan Perlindungan

Warga negara Indonesia juga berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum.(pasal 28D ayat 1 UUD 1945).

6. Mensejahterakan Diri

Dalam UUD 1945 pasal 28C ayat 2 dijelaskan bahwa warga negara berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.

7. Memperoleh Informasi

Berdasarkan pasal 28F UUD 45, setiap warga negara berhak berkomunikasi serta memperoleh informasi. Baik mencari, memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyampaikan informasi tersebut.

8. Memeluk Agama, Mengungkapkan Pendapat Dan Berkumpul

Berdasarkan pasal 28E ayat 1-3 UUD 1945, setiap warga negara berhak memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya, kebebasan atas kepercayaan dan mengungkapkan pikiran, serta kebebasan berkumpul dan mengungkapkan pendapat.

9. Pendidikan

Berdasarkan pasal 28C ayat (1) UUD 1945, setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Artinya, kita semua sebagai warga Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

10. Perlakukan Sama Di Depan Umum

Berdasarkan pasal 28D ayat 1-4 UUD  1945, setiap warga negara berhak memperoleh perlakuan yang sama di depan hukum secara adil, mendapat imbalan yang layak dalam kerja, kesempatan yang sama dalam pemerintahan, dan berhak atas status kewarganegaraannya.

Baca Juga :

B. Kewajiban

kewajiban

1. Mengikuti Hukum Yang Berlaku

Dalam pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”. Jadi, jangan sesekali anda menentang hukum yang berlaku di Indonesia.

2. Ikut Serta Dalam Pembelaan Negara

Pada pasal 27 ayat (3) UUD 1945 berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Sudah tugas kita sebagai warga negara untuk melindungi negara indoneia tercinta. Jika ada perang nanti, kita semua wajib ikut ya, hehehe.

3. Menghormati Hak Asasi Manusia

Dalam Pasal 28J ayat 1 yang berbunyi, “Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain”. Dengan kata lain, kita wajib menghormai hak hak orang lain tanpa merendahkan derajat kita sendiri.

4. Ikut Serta Dalam Keamanan Negara

Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara seperti yang tertuang dalam Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan, “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.

5. Membayar Pajak

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap waktu kita selalu membayar pajak, ada juga yang tidak membayar pajak. Namun kita tidak boleh seperti itu ya. Bagi warga negara yang baik, kita wajib mengikuti dan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara.

6. Tunduk Terhadap Peraturan Perundang – Undangan Yang Berlaku

Dalam Pasal 28J ayat 2 UUD 1945 menyatakan, “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis”.

Oke, itulah beberapa daftar hak dan kewajiban warga negara yang tertuang dalam UUD 1945. Semoga dengan membaca artikel ini, anda tahu yang mana kewajiban dan yang mana hak. Sekian, semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed