√ Fungsi Daun Pada Tumbuhan Yang Jarang Diketahui

Fungsi Daun Pada Tumbuhan Yang Jarang Diketahui – Semua tumbuhan di dunia ini memiliki daun, meskipun warnanya berbeda beda antara satu dengan lainnya, namun daun memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Selain akar, bisa dibilang daun adalah nyawa dari tumbuhan. Mengapa demikian?, karena proses fotosintesis terjadi pada daun. Dan bayangkan jika tidak ada daun, apa yang akan terjadi?. Yaps, fotosintesis tidak akan terjadi, dan tumbuhan perlahan lahan akan layu dan mati.

Ada banyak fungsi daun yang sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan, berikut beberapa peran penting daun yang wajib kalian ketahui.

Fungsi Daun Pada Tumbuhan Yang Jarang Diketahui

1. Tempat Terjadinya Fotosintesis

fotosintesis

Sudah saya singgung di atas, bahwa daun merupakan tempat terjadinya fotosintesis, dimana proses ini sangat penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Fotosintesis merupakan proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan. Terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.

Dalam proses fotosintesis, cahaya matahari diserap oleh klorofil pada daun. Dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya.

2. Organ Pernapasan Pada Tumbuhan

Selain sebagai tempat fotosintesis, daun juga berfungsi sebagai organ pernapasan tumbuhan. Daun memiliki stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis.

3. Tempat Transpirasi

tranpirasi

Fungsi selanjutnya adalah sebagai tempat terjadinya transpirasi. Transpirasi merupakan keadaan hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan. Sebagian besar transpirasi berlangsung melalui stomata daun, selain stomata, transpirasi juga berlangsung melalui kutikula daun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Transpirasi terjadi ketika tumbuhan membuka stomata untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk proses fotosintesis. Lebih dari 20% air yang diambil oleh akar dikeluarkan ke udara sebagai uap air melalui stomata.

4. Tempat Terjadinya Gutasi

Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cairan dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi tanah sesuai dengan kondisi tumbuhan, sehingga penyerapan air tinggi.

Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoda. Gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur.

Titik-titik air yang keluar dari jaringan daun melalui proses gutasi bukanlah air murni. Berbagai senyawa terlarut di dalam air tersebut.

5. Alat Reproduksi Vegetatif

Reproduksi vegetatif adalah reproduksi dimana makhluk hidup secara aseksual atau tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Ada 2 jenis reproduksi vegetatif, yakni reproduksi vegetatif alami dan reproduksi vegetatif buatan. Reproduksi vegetatif alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain, contohnya manusia. Sedangkan reproduksi vegetatif dibantu oleh pihak lain.

6. Penyimpanan Air

kaktus

Beberapa jenis tanaman menyimpan makanannya pada daun, dan air tersebut dibutuhkan untuk menjaga kelembapan tumbuhan. Contohnya saja pada saat musim kemarau, kaktus menyimpan airnya pada daun untuk menjaga kaktus tersebut dari cuaca gersang di padang pasir.

Baca Juga :

7. Sebagai Pertahanan

Ada juga beberapa jenis tumbuhan yang menggunakan daunnya sebagai alat perlindungan terhadap makhluk hidup lain. Contohnya dari hewan dan tumbuhan, seperti kaktus yang memiliki daun berduri, yang digunakan untuk melindungi diri dari makhluk hidup lain yang membahayakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed