Fungsi Buah Pada Tumbuhan Beserta Penjelasan Lengkap

Fungsi Buah Pada Tumbuhan Beserta Penjelasan Lengkap – Apakah kamu menyukai buah?, Jika kamu suka, manakah buah yang paling kamu suka?. Tentunya semua buah yang kamu makan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi ya?. Bukan hanya rasanya saja yang enak, namun buah juga memiliki banyak sekali khasiat jika dikonsumsi. Tentunya baik untuk kesehatan dan juga masa pertumbuhan bukan?.

Sebelum menjadi buah, maka buah akan melalui proses menjadi bunga, hingga pada akhirnya bisa menjadi buah matang yang biasa kita konsumsi setiap hari. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahs apa fungsi dari buah pada tumbuhan?.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas materi tentang fungsi buah pada tumbuhan. Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Fungsi Buah Pada Tumbuhan

A. Pengertian Buah

Buah memiliki makna sebuah bakal buah atau sel ovarium yang telah mengalami sebuah pembentukan yang sempurna. Hal ini disebabkan karena setiap bakal buah tentulah memiliki satu atau lebih bakal biji atau ovulum yang masing-masing mengandung sel telur.

Bakal biji akan mengalami penyerbukan, lalu serbuk sari akan berkecambah dan isinya akan membentuk buluh serbuk sari yang isinya berupa sperma. Pembuahan buluh serbuk sari ini akan menembus pada tangkai putik hingga nantinya akan menjadi bakal biji yang bersatu antara sperma dengan sel telur dari dalam bakal biji.

Proses ini akan membentuk zigot menjadi diploid hingga nanti zigot akan mengalami proses perkembangan. Kemudian zigot akan membentuk embrio, bakal biji akan berkembang menjadi biji buah, dan dinding bakal buah akan membentuk menjadi daging atau lapisan pelindung yang keras dan kering.

B. Karakteristik Buah

Berikut ini adalah beberapa karakteristik pada beberapa buah:

  • Kepala putik akan ikut tumbuh dan menunjukkan jumlah ruangan buah, dan jumlah daun buah, hal ini terjadi pada buah manggis
  • Pada tanaman terong dan jambu, kelopak daun tidak mengalami keguguran dan akan ikut tumbuh pada buah terong dan juga jambu.
  • Pada tanaman jagung, daun pelindung tidak mengalami keguguran dan akan menjadi pembungkus tongkol pada jagung atau kobot.

C. Tipe Buah

tipe buah

Buah sendiri dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe tertutup dan tipe telanjang. Berikut penjelasannya :

1. Buah semu atau tertutup

Biasa disebut sebagai buah tertutup ini terbentuk dari bakal buah yang diikuti bagian yang ada pada bunga, pada bagian ini akan diubah menjadi bagian utama dari pembentukan buah itu sendiri.

Buah tertutup terbagi menjadi tiga bagian yaitu buah tertutup ganda, tertutup majemuk, dan juga tertutup tunggal.

Misalnya : Buah arbei, buah mente, buah ciplukan, dan buah nangka

2. Buah Telanjang

Biasa disebut sebagai buah sejati merupakan buah yang terbentuk dari bakal buah yang diikuti oleh bagian bunga tetapi bagian tersebut bukan merupakan bagian dari utama di dalam pembentukan buah.

Buah telanjang terbagi menjadi tiga bagian yaitu buah telanjang ganda, buah  telanjang majemuk, dan juga buah telanjang tunggal.

Misalnya : Buah pepaya, buah apel, buah nanas, buah mangga.

Baca Juga :

D. Fungsi Buah

Buah sendiri terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan luar atau eksokarp, lapisan tengah atau mesokarp, dan juga lapisan dalam atau endokarp. Karena memiliki beberapa lapisan tersebut, maka buah memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  1. Berfungsi untuk melindungi dan membungkus biji yang berada di dalam buah.
  2. Menyediakan cadangan makanan saat dilakukan proses perkecambahan.
  3. Berfungsi sebagai sumber gizi yang dapat di konsumsi oleh hewan dan juga manusia.

Itulah tadi fungsi buah pada tumbuhan, yang tentunya sudah kami jelaskan mulai dari pengertian, karakteristik, dan juga tipe dari buah. Semoga dengan adanya artikel ini mampu bermanfaat, dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed