Fungsi Batang Pada Tumbuhan Lengkap Dengan Strukturnya

Fungsi Batang Pada Tumbuhan Lengkap Dengan Strukturnya – Salah satu bagian tumbuhan yang sangat penting yaitu adalah batang. layaknya manusia yang memiliki tulang, maka tanaman haruslah memiliki batang agar tetap bisa bertahan hidup. Dengan adanya batang, tumbuhan mampu menghasilkan daun, bunga, hingga akhirnya menjadi buah yang dapat kita konsumsi.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami sudah menyiapkan artikel tentang fungsi batang pada tumbuhan. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya jika mengetahui apa sih itu batang?. Nah, berikut ini adalah pengertian batang.

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

A. Pengertian Batang

Batang yaitu salah satu bagian organ pada tumbuhan yang memiliki fungsi dasar yang digunakan untuk pembentukan dari segala jenis tumbuhan sebagai kelangsungan hidup tumbuhan tersebut.

Tanpa adanya batang, maka sudah dapat dipastikan tumbuhan akan mengalami pembusukan dan akan mati. Nah, karena hal itulah jika terjadi sebuah penebangan liar pada hutan, akan membuat beberapa spesies tanaman akan terancam punah, karena tanaman akan mati dan membusuk.

B. Fungsi Batang

1. Penopang Atau Penyongkong

Salah satu fungsi dari batang yaitu sebagai penopang tumbuhan agar tetap bisa berdiri dengan kokoh. Karena batang adalah tempat daun melekat, terbentuknya bunga dan juga biji agar mudah untuk mendapatkan cahaya matahari sehingga akan mempermudah dalam lelakukan penyerbukan dan penyebaran buah biji.

2. Sarana Pengangkut Atau Transportasi

Batang adalah sarana pengangkut utama dalam tumbuhan. Batang akan mengangkut air dan juga garam mineral yang berasal dari akar menuju ke daun dengan melalui pembuluh xylem sebagai fotosintesis.

Setelah fotosintesis terjadi, maka akan disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan dengan melalui pembuluh phloem.

3. Tempat Menyimpanan Cadangan Makanan

Batang tumbuhan dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Misalnya saja pada tanaman sagu, cadangan makanan ini akan digunakan sewaktu waktu diperlukan oleh tumbuhan.

4. Membantu Proses Pernapasan

Selanjutnya, batang juga dapat digunakan sebagai proses pernapasan, hal ini disebabkan karena oksigen mampu masuk melalui lentisel atau pori-pori yang tampak kecil pada tumbuhan. Biasanya lentisel ini berfungsi sebagai tempat untuk pertukaran gas.

5. Alat Perkembangan

Batang juga memiliki fungsi sebagian alat perkembangan vegetatif. Batang dapat dibuat stek batang untuk memperbanyak tanaman secara vegetatif. Metode ini biasa disebut sebagai cangkok untuk menghasilkan tanaman baru yang berasal dari induknya. Dalam hal ini juga memanfaatkan cabang atau batang dari tumbuhan.

Baca Juga :

C. Struktur Batang

struktur batang tumbuhan

1. Epidermis

Tersusun dari sel rapat tanpa ruang antara sel berkutikula. Jaringan ini memiliki dua bagian, yaitu epidermis bawah dan epidermis atas.

Fungsi dari epidermis sendiri sebagai pelindung agar tidak mengalami kekeringan. Dalam tumbuhan dikotil, lapisan epidermis berupa kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus.

2. Korteks

Korteks tersusun dari jaringan parenkin yang berkloroplas. Sel nya memiliki dinding tipis yang tersusun secara tidak beraturan dengan ruang antarsel yang lebar.

Di luar korteks yang berbatasan dengan epidermis terdiri dari serabut atau kolenkim. Dalam batang, korteks tersusun dari sklereida, latisifer dan sekretori.

3. Endodermis

Sel endodermis terdiri dari sel hidup dengan bentuk silinder kosong, dengan dinding yang memiliki struktur yang khusus dan sangat khas. Memiliki dinding menjari dan melintang yang terdapat pada penebalan zat kayu dan juga zat gabus.

Selama perkembangannya, sel endodermis akan mengalami perubahan yaitu penambahan lapisan gabus dimana seluruh permukaan dalam dinding sel. Hingga mampu menambah lapisan sekunder dari selulosa.

4. Silinder Pusat

Silinder pusat atau biasa disebut stele tersusun dari beberapa jaringan yaitu empulur, perikambiun dan bekas pengangkut. Di dalam jaringan ini memiliki berkas vaskuler yang akan menyebar ke seluruh bagian tumbuhan.


Demikianlah materi tentang fungsi batang pada tumbuhan yang sudah kami lengkapi dengan pengertian dan juga strukturnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed