Dampak Perang Dunia 2 Terhadap Berbagai Bidang, Lengkap!

Dampak Perang Dunia 2 Terhadap Berbagai Bidang, Lengkap! – Di bangku sekolah tentunya kamu sudah mempelajari tentang perang dunia II bukan?. Ya, perang ini merupakan perang terbesar sepanjang masa yang telah terjadi di seluruh penjuru dunia. Perang ini berlangsung cukup lama, yaitu dari tahun 1939 sampai 1945.

Karena adanya perang dunia II ini, ternyata sangat berdampak pada beberapa bidang. Beberapa bidang yang mengalami dampak dari perang dunia II yaitu bidang politik, bidang ekonomi, dan juga bidang sosial.

Nah, oleh sebab itu, kesempatan kali ini kami telah merangkum secara detail apa-apa yang berdampak pada perang dunia II. Simak artikel ini sampai habis ya!

Dampak Perang Dunia 2 Terhadap Berbagai Bidang

A. Bidang Politik

Berikut ini adalah dampak perang dunia ke II dalam bidang politik :

  • Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul dengan kekuatan raksasa baru untuk Dunia
  • Adanya perebutan pengaruh antara Uni Soviet dan juga Amerika Serikat. Hal ini membuat munculnya Blok Timur dan Blok Barat dengan Pakra Warsawanya dan NATO.
  • Tumbangnya imperalis yang ada di Asia Afrika
  • Adanya negara-negara baru dan negara-negara merdeka yang terbebas dari penjajah
  • Adanya politik untuk mencari kawan atau aliansi yang terbentuk berdasarkan kepentingan keamanan bersama, seperti NATO, SEATO, dan METO
  • Adanya politik yang memecah belah negara, seperti :
  1. Jerman terbagi menjadi dua negara yaitu Negara Jerman Timur dan juga Negara Jerman Barat
  2. Korea terbagi menjadi dua negara yaitu Negara Korea Utara dan juga Negara Korea Selatan
  3. Indo-Cina terbagi menjadi tiga negara yaitu Negara Kamboja, Negara Laos, dan Negara Indo-Cina

Baca Juga :

B. Dampak Di Bidang Ekonomi

ekonomi

Berikut ini adalah dampak perang dunia ke II dalam bidang ekonomi :

  • Adanya zaman Malaise atau depresi besar dikarenakan besarnya biaya perang yang sudah dikeluarkan oleh beberapa negara yang terlibat
  • Rusaknya perekonomian pada seluruh penjuru dunia, kecuali Amerika Serikat
  • Amerika Serikat datang sebagai kreditor di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan wilayah Amerika Serikat tidak terlibat pada perang secara langsung. Kondisi keuangan Amerika Serikat dianggap paling stabil jika dibandingkan dengan negara besar lainnya. Bahkan kekuatan keuangan Amerika Serikat mampu untuk melancarkan Plan untuk membantu perekonomian pada negara-negara yang ada di Eropa Barat.
  • Perekonomian dunia terbagi menjadi 3, yaitu perekonomian liberal, sistem ekonomi campuran, dan juga sistem ekonomi komando. Sistem ekonomi liberal ini berlaku pada beberapa negara di kapitalis. Sedangkan sistem ekonomi campuran ini berlaku pada beberapa negara yang baru merdeka. Dan sistem ekonomi komando ini berlaku pada beberapa negara komunis.

C. Dampak Di Bidang Sosial

Berikut ini adalah dampak perang dunia ke II dalam bidang sosial :

  • Adanya gerakan yang berhubungan dengan sosial untuk membantu memulihkan kesejahteraan rakyat yang porak poranda karena dampak dari perang.
  • Munculnya inisiatif untuk mendirikan lembaga internasional dengan memiliki wibawa untuk memelihara perdamaian dunia. Pemikiran itu lahir dari pemikiran Harry S. Franklin Delano Roosevelt asal Amerika Serikat. Selanjutnya diteruskan oleh penggantinya Harry S. Truman, Winston Churchill yang berasal dari Inggris dan juga Josph Stalin yang berasal dari Uni Soviet. Dari pemikiran tersebutlah awal mula berdirinya United Nations atau PBB.
  • PBB membentuk UNRRA atau United Nations Relief Rehabilitation Administration yang bertugas sebagai : Memberikan makan orang terlantar, mendirikan rumah sakit, mengurusi pengungsi dan menyatukan dengan keluarga, serta mengerjakan kembali tanah yang rusak.
  • Adanya istilah Lost Generation, hal ini dikarenakan memakan banyak korban sipil yang membuat anak-anak tidak memiliki orang tua lagi. Serta hilangnya satu generasi dari sebuah kebudayaan dunia.

D. Budaya

  • Pemaksaan budaya suatu negara ke negara lain. Contoh, penduduk Indonesia wajib memasang bendera jepang pada saat hari besar jepang.
  • Ilmu pengetahuan berkembang pesat dan menghasilkan teknologi yang lebih maju

Oke, itulah artikel tentang dampak perang dunia 2 dalam berbagai bidang. Semoga dengan adanya artikel ini mampu memberi manfaat. Jangan lupa untuk baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed