√ Contoh Kalimat Argumentasi : Pengertian, Pola, Ciri, Jenis

Contoh Kalimat Argumentasi : Pengertian, Pola, Ciri, Jenis – Dalam mapel Bahasa Indonesia, ada namanya kalimat argumentasi. Kata argumentasi berasal dari bahasa inggris “Argumentation” yang memiliki arti alasan, uraian, penjelasan, atau pembuktian.

Langsung saja, berikut ulasan lengkap mengenai paragraf argumentasi lengkap dengan contoh, pola, ciri, dan jenis. Simak sampai selesai ya!.

Contoh Kalimat Argumentasi

A. Pengertian

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengandung pendapat atau sikap yang diikuti dengan alasan, contoh, serta bukti yang meyakinkan. Jenis paragraf ini seolah olah meyakinkan pembaca akan isi paragraf tersebut.

Arti lain dari paragraf argumentasi yaitu paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjelaskan pendapat atau ide pribadi dari sang pemberi argumen.

B. Tujuan Pembuatan Kalimat Argumentasi

debat

  • Meyakinkan pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pemberi argumen. Jangan lupa, cantumkan fakta yang akurat seperti data, hasil penelitian di lapangan, dan contoh dan lain yang meyakinkan untuk memperkuat argumen yang dijelaskan.
  • Untuk menarik simpati pembaca.
  • Mencegah maupun mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan yang ia anggap benar.

C. Pola

  • Perbandingan/Analogi = Penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang memiliki banyak persamaannya.
  • Pola Umum/Generalisasi = Penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data.
  • Sebab Akibat = Diambil dari fakta khusus yang menjadi sebab, sampai pada kesimpulan yang menjadi akibat.
  • Pola Akibat Sebab = Diambil dari fakta yang dianggap sebagai akibat, kemudian menuju sebab yang ditimbulkan oleh akibat.

Baca Juga :

D. Ciri – Ciri

  • Mengandung pendapat, pandangan, dan keyakinan penulis kepada sebuah permasalahan
  • Memiliki data yang akurat untuk dipakai meyakinkan pembaca
  • Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisa
  • Diberikan kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas pada bagian akhir.

E. Jenis

  • Paragraf Argumentasi Sebab Akibat
    • Dimulai dengan pendapat yang berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu yang akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan universal dan dinamakan dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.
  • Paragraf Argumentasi Akibat Sebab
    • Merupakan kebalikan dari paragraf argumentasi sebab–akibat. Untuk paragraf argumentasi akibat-sebab, pengembangannya dimulai dari menjabarkan suatu kondisi dan merupakan efek dari sebuah permasalahan. Dari sini kemudian paragraf dikembangkan menuju inti permasalahan dan menjadi penyebab ataupun pemicu munculnya kejadian tadi.

E. Contoh Paragraf Argumentasi

argument

  • Di Bidang Pendidikan

    • Pendidikan di Nusantara, sekarang ini masih tertinggal cukup jauh dengan pendidikan di negara-negara lain. Bahkan Indonesia masih kalah dengan negara tetangga kita, yakni Singapura.Salah satu fakta ketertinggalan tersebut adalah, banyaknya penduduk indonesia yang tidak memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi, apalagi masyarakat yang berada di daerah seperti NTT dan NTB. Dan justru negara tetangga kita, yakni singapura dan malaysia yang memperoleh pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

      Ketertinggalan ini disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Pemerintah cenderung hanya membangun fasilitas pendidikan di perkotaan. Bahkan, terbatasnya jumlah pengajar di daerah-daerah terpencil tersebut juga mendukung semakin jauhnya akses pendidikan pada daerah tersebut.

      Akhirnya, pendidikan di Indonesia tidak merata, akibatnya, pendidikan di Indonesia belum mampu bersaing dengan negara lain.

  • Di Bidang Kesehatan

    • Banyak zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Bagi perokok, saat menghisap rokok maka akan terasa nikmat. Namun sebenarnya, rokok merusak tubuh kita perlahan-lahan dengan racun dan zat kimianya. Zat adiktif dalam rokok adalah aceton, dan zat inilah yang bisa menyebabkan seseorang kecanduan rokok. Aceton sering dipakai untuk pembersih kuku. Bau aceton juga memabukkan.Karena proses pembakaran rokok, maka bertambalah gas beracun. Salah satu gas tersebut adalah karbon monoksida (CO). Selain dari rokok, gas ini juga keluar karena pembakaran zat lain, seperti gas yang dihasilkan kendaraan bermotor.

      Gas ini tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa. Namun, gas karbon monoksida ini bisa dimanfaatkan untuk hukuman mati, yaitu kamar gas.

  • Bidang Ekonomi

    • Biaya pendidikan di Indonesia sekarang bisa dikatakan mahal. Walaupun sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, tetap saja para siswa wajib membayar biaya untuk keperluan sekolah, seperti seragam, baju, buku, dan lain sebagainya.Bahkan, mulai dari jenjang SMA, beberapa SMA, akan ada iuran SPP setiap bulannya. Maka dari itu banyak anak yang lulus dari SMA lebih memilih untuk bekerja dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi karena terhalang biaya. Jadi, pendidikan di Indonesia hanya terkonsentrasi pada orang mampu. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu, pendidikan tinggi masih sulit dicapai.

Itulah penjelasan singkat mengenai contoh kalimat argumentasi lengkap mulai dari pengertian, ciri, jenis, pola, hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya teman-teman!. Jangan lupa baca artikel lainnya di klikpedia!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *