Cabang Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) Yang Perlu Diketahui

Cabang Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) Yang Perlu Diketahui – Ilmu Pengetahuan Alam atau yang biasa disingkat IPA merupakan sebuah ilmu yang sangatlah penting untuk dipelajari bagi setiap orang. Mengapa?, Karena ilmu ini berkaitan langsung dengan alam sekitar yang kita tempati saat ini.

Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah diajarkan apa itu ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, sudah sepastinya setiap orang pernah mempelajari ilmu ini walaupun hanya sedikit.

Tapi apakah kalian tahu, bahwasannya ilmu pengetahuan alam/sains memiliki beberapa cabang. Cabang-cabang tersebutlah yang membagi ilmu sains. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cabang sains.

Cabang Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)

Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya satu namun memeiliki beberapa cabang yang setiap cabang-cabang tersebut mempunyai materinya masing-masing. Langsung saja berikut cabang-cabangnya.

1. Astronomi

Cabang yang pertama yakni Astronomi. Cabang ini merupakan cabang sains yang berkaitan erat dengan benda-benda langit, seperti bintang, komet, meteor, galaksi dan lain-lain. Selain itu cabang ini juga menjelaskan mengenai fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Contohnya seperti radiasi kosmik dan lain sebagainya.

Dengan ilmu inilah para ilmuwan dapat mengetahui jarak antar bintang, jarak antar galaksi, kecepatan gerak benda langit, luas alam semesta, dan banyak lagi mengenai benda-benda langit.

2. Biologi

ilmu biologi

Cabang yang kedua yakni Biologi. Cabang ini berkaitan dengan kehidupan organisme hidup, baik itu hewan, tumbuhan dan juga manusia. Oleh karena itu, di cabang inilah seluruh bagian tubuh kita dibahas tuntas. Bagi yang ingin mempelajari mengenai tubuh manusia, silahkan fokus dengan cabang sains yang satu ini.

Selain itu, biologi juga membahas mengenai lingkungan hidup, bagaimana spesies hidup di lingkungan tersebut. Secara tidak langsung juga berkaitan dengan ilmu sosial, hehehe. Ilmu biologi ini juga memiliki beberapa cabang, namun saya tidak akan menjelaskannya disini.

3. Cabang Ilmu Pengetahuan Alam – Ekologi

Ekologi, merupakan cabang sains selanjutnya yang membahas mengenai interaksi organisme dengan organisme lainnya, atau organisme dengan lingkungannya. Sama seperti ilmu biologi, cabang IPA yang satu ini secara tidak langsung juga berkaitan erat dengan ilmu sosial.

Baca Juga :

4. Fisika

ilmu fisika

Cabang selanjutnya yakni Fisika. Fisika adalah ilmu alam yang mempelajari bagaimana semesta bekerja. Mulai dari gerak, perilaku dalam lingkup ruang dan waktu, hingga konsep yang berkaitan dengan energy dan gaya. Bisa dibilang ilmu ini adalah ilmu dasar IPA, karena hampir semua ilmu sains bekerja dan terjadi berdasarkan hukum fisika.

Banyak teori fisika terkenal yang sejak saat ini kita kenal, seperti teori Gravitasi Isaac Newton, hukum Mekanik Newton, teori Relativitas Albert Einstein, penemuan model kuantum dari atom, dan masih banyak teori lainnya.

5. Geologi

Geologi adalah cabang ilmu alam yang mempelajari mengenai bumi, komposisi tanah, udara, sejarah, sifatnya, dan juga proses terbentuknya. Dari cabang inilah muncul beberapa teori-teori yang dimana dahulu tidak semua orang mengetahui teori tersebut. Berapa umur bumi, bumi terbentuk berapa juta tahun yang lalu, dan masih banyak lagi.

6. Ilmu Bumi

ilmu bumi

Ilmu bumi merupakan suatu istilah untuk cabang-cabang yang mempelajari mengenai bumi. Cabang ini menggunakan gabung dari beberapa cabang, yang diantaranya ilmu fisika, matematika, kimia, geografi, dan juga biologi.

Ilmu ini juga yang mempelajari hasil sumber daya alam suatu wilayah, hasil mineral, minyak bumi, iklim, lingkungan, dan semua hal yang menyangkut dengan bumi.

7. Kimia

Cabang yang terakhir yakni Kimia. Cabang ini merupakan cabang yang memperlajari tentang susunan, sifat, struktur, dan juga perubahan materi. Ketika jenjang pendidikan, cabang ini dipelajari saat siswa duduk di bangku Sekola Menengah Pertama (SMP) atau SMA kelas pertama.

Gas, molekul, metal, kristal, dan unsur lainnya berubah melalui reaksi kimia. Bisa dibilang ilmu kimia ini merupakan pusat ilmu alam, karena peranan kimia ini bisa menggabungkan antara satu cabang dengan cabang sains lainnya. Jika anda serius ingin mendalami ilmu ini, anda wajib menghafalkan tabel periodik unsur.

Itulah beberapa cabang yang ada di materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebenarnya ada 1 cabang lagi, tapi entah itu masuk ke dalam ilmu alam atau ilmu sosial, yakni ilmu geografi. Karena ada yang berpendapat itu masuk ilmu alam, ada yang berpendapat itu adalah ilmu sosial.

Bagi anda yang ingin fokus dengan satu cabang yang ada di atas, bisa dari sekarang mulai mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan salah satu cabang yang dipilih.

Namun, saat anda sudah menyelesaikan pendidikan wajib 12 tahun, maka ke 8 cabang tersebut akan anda temui. Walaupun materinya tidak mendalam, tetapi anda akan mengetahui ilmu paling dasarnya dari setiap cabang yang ada.

Sekian pembahasan artikel pada kali ini mengenai cabang utama ilmu pengetahuan alam (IPA) yang sudah saya rangkum secara singkat dan mudah dipahami. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya. Terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed