7 Benua Di Dunia Beserta Penjelasannya Lengkap

Benua Di Dunia Beserta Penjelasannya Lengkap – Bumi merupakan planet tempat kita tinggal, dimana di dalamnya ada 2 jenis tempat, yakni lautan dan daratan. Wilayah laut sering kita artikan samudra, dan wilayah daratan sering kita artikan benua.

Benua merupakan daratan yang sangat luas yang dan merupakan gabungan dari beberapa wilayah atau negara. Dahulu kala, semua benua masih menjadi 1, dan bernama Pangaea. Sekarang, bumi memiliki 7 benua, yakni Benua Asia, Australia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Benua Antartika.

Benua Asia merupakan benua yang paling luas, dengan luas sekitar 44.579.000 km². Sedangkan benua terkecil yaitu benua Australia dengan luas wilayah sekitar 9.008.500 km².

Untuk jumlah penduduk, benua antartika merupakan benua dengan penghuni yang paling sedikit. Hal ini dikarenakan benua ini memiliki kelembaban dan suhu terendah di bumi. Hampir seluruh bagian Antartika ditutupi oleh es. Berikut rincian dari beberapa benua tersebut.

Benua Di Dunia

1. Asia

benua asia

Benua Asia merupakan benua terluas diantara semua benua yang saya sebutkan sebelumnya. Luasnya sekitar 44,579,000 km² atau sekitar 29,5 persen dari total luas daratan Bumi. Populasi penduduk di benua asia saat ini tercatat mencapai 6 miliar jiwa lebih atau 60 persen penduduk bumi.

Nama Asia berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu Ἀσία’ yang dibaca Asía. Dulu nama ini dipakai untuk menyebut daratan di tepi timur Laut Aegea dan kemudian digunakan untuk menyebut wilayah Anatolia yang sekarang merupakan bagian dari Turki.

Untuk letak geogratisnya, benua Asia berada di belahan bumi bagian utara, Berbatasan dengan Benua Afrika dan Eropa di bagian barat dan Samudra Pasifik timur, Di Bagian utara berbatasan dengan Kutub Utara, dan d bagian selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.

Benua Asia memiliki 45 Negara yang terbagi menjadi lima wilayah, yakni Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Barat dan Asia Selatan. Benua Asia dikenal dengan sebutan benua kuning. Ini dikarenakan mayoritas penduduknya berasal dari ras mongoloid yang mempunyai kulit kuning. Istilah ini dulu digunakan masyarakat Eropa kepada masyarakat Asia.

2. Australia

Benua Australia merupakan benua terkecil di bumi. Luas daratan di Benua Australia sekitar 9.008.500 km² atau 5,9 persen dari total luas daratan di Bumi. Populasi penduduknya sekitar 31,30 juta jiwa berdasarkan sensus tahun 2016.

Untuk letak geografisnya, benua Australia berada di belahan Bumi selatan. Di bagian utara berbatasan dengan salah satu negara asia, yakni Indonesia, di bagian selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik, di bagian barat berbatasan dengan Samudra Hindia, dan di sebelah timur berbatasan dengan Selandia Baru.

Benua Australia hanya memiliki delapan negara. Benua Australia juga disebut sebagai Benua Hijau. Karena hutan-hutan di benua ini sebagian besar memiliki spesies tumbuhan yang selalu hijau.

Baca Juga :

3. Afrika

benua afrika

Benua Afrika memiliki luas daratan sekitar 30.370.000 km² atau 20,4 persen dari total luas daratan di Bumi. Memiliki populasi sekitar 1,3 miliar jiwa jiwa berdasarkan sensus tahun 2018.

Benua Afrika dibagi lima wilayah, yakni Afrika Barat dengan jumlah 17 negara, Afrika Selatan 14 negara, Afrika Tengah 8 negara, Afrika Utara 6 negara, dan Afrika Timur dengan 10 negara.

Benua Afrika dikenal dengan sebutan Benua Hitam. Karena suku asli benua afrika memiliki warna kulit hitam. Dulu, bangsa Romawi menyebut wilayah Afrika yang sekarang Tunisia, dengan sebutan Africa terra.

4. Eropa

Benua Biru, itulah julukan dari Benua Eropa. Karena masyarakat di Benua Eropa mayoritas memiliki mata berwarna biru cerah dan juga beberapa kerajaan (orang berdarah biru) bangsawan.

Luas daratan Benua Eropa sekitar 10.180.000 km² atau 6,8 persen. Memiliki populasi penduduk sekitar 741,4 juta berdasarkan sensus tahun 2016.

Benua Eropa dibagi lima wilayah. Eropa Utara memiliki 5 negara, Eropa Timur 10 negara, Eropa Selatan 12 negara, Eropa Tengah dengan 5 negara, dan terakhir Eropa Barat dengan 9 negara.

Eropa merupakan pusat mode dunia, karena kota mode ada di eropa. Selain itu, kiblat sepakbola dunia juga berada di Eropa, ini dikarenakan hampir seluruh klub sepakbola dan pemain bintang dunia berasal dari eropa.

5. Amerika Utara

Amerika Utara merupakan benua yang memiliki luas daratan sekitar 30.370.000 km² atau 20,4 persen dari total luas daratan di bumi. Populasi penduduknya sekitar 579 juta jiwa berdasarkan sensus pada tahun 2016.

Secara geografis, benua Amerika Utara berbatasan dengan Antartika di bagian Utara, di bagian Selatan berbatasan dengan Benua Amerika Selatan, di bagian barat berbatasan dengan Samudra Pasifik, di bagian Timur berbatasan dengan Samudra atlantik.

6. Amerika Selatan

Amerika selatan memiliki Luas daratan di benua ini sekitar 17.840.000 km². Populasi penduduknya sekitar 422,5 juta jiwa dari hasil sensus tahun 2016.

Untuk letak geografisnya, benua ini berada diapit oleh Samudra Pasifik di bagian barat dan Samudra Atlantik di bagian timur. Ada 12 negara yang berada di Benua Amerika Selatan. Benua Amerika disebut sebagai Benua Merah. Karena di benua ini terdapat suku asli benua amerika selatan, yaitu Suku Indian.

Nama benua Amerika diambil dari pelancong Italia, Amerigo Vespucci. Para ahli kartografi berpendapat bahwa Amerigo adalah orang pertama yang mempercayai bahwa seluruh wilayah Amerika merupakan benua yang tidak terhubung dengan Asia.

7. Antartika

benua antartika

Benua Antartika disebut juga Benua Abu-abu. Karena wilayah Antartika sebagian besar ditutupi oleh salju sepanjang tahun dan sedikit sekali tumbuhan yang tumbuh. Luas daratan Benua Antartika ini sekitar 13.720.000 km² (Kutub utara + Kutub selatan).

Antartika merupakan satu satunya benua di dunia yang ditutupi es sepanjang tahun dan tidak mempunyai penduduk tetap. Jika ada orang-orang yang datang kesana, biasanya untuk penelitian dan menetap dengan batas waktu tertentu. Ada satu hewan yang populer di tempat ini, yakni beruang kutub.

Dengan demikian, anda pasti sudah mengetahui letak Indonesia berada di Benua mana. Hmmm, jika belum paham, anda bisa menanyakannya langsung di kolom komentar di akhir artikel ini. Semoga artikel tentang benua di dunia ini bermanfaat untuk anda semua, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed