Bentuk Bentuk Latihan Kecepatan Yang Mudah Dilakukan

Bentuk Bentuk Latihan Kecepatan Yang Mudah Dilakukan – Latihan kecepatan adalah latihan yang dilakukan untuk melatih tubuh agar bisa melakukan aktivitas dan pekerjaan secara cekatan dan cepat. Ada beberapa bentuk latihan kecepatan yang bisa kita lakukan.

Bagi anda yang sedang ingin melatih kecepatan, kelincahan, maupun mencari materi mengenai latihan kecepatan, berikut beberapa bentuk latihan kecepatan yang bisa dilakukan di rumah maupun di tempat lain dan bisa dilakukan di waktu senggang.

Bentuk Bentuk Latihan Kecepatan

1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah olahraga yang sangat membutuhkan kecepatan, seperti yang sering kita lihat di televisi. Refleks, kecepatan gerak, penglihatan, sangat diperluka disini. Jadi, saya menempatkan bulu tangkis pada olahraga pertama yang sangat bagus untuk melatih kecepatan, karena olahraga ini bisa meningkatkan kecepataan hampir seluruh organ dan bagian tubuh.

2. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan pilihan kedua yang bisa dilakukan untuk melatih kecepatan dan kelincahan. Pasalnya, olahraga ini sangat memerlukan kecepatan, seperti yang sering kita lihat bahwa lari jarak pendek dilakukan dalam jarak yang pendek, sekitar 100 meter dan dilakukan dengan gaya jongkok.

Anda bisa mencoba variasi lari jarak pendek dengan melintasi beberapa halangan, lari jarak pendek bolak balik, dan variasi lainnya. Dengan melakukannya rutin setiap hari atau 2 hari sekali, kelincahan dan kecepatan tubuh anda akan meningkat jauh lebih baik.

Baca Juga :

3. Sepak Bola

Anda tahu gaya permainan sepak bola Barcelona?, jika anda penggemar sepakbola, anda pasti tahu gaya permainan mereka, yakni tiki taka. Tiki taka merupakan jenis permainan yang mengandalkan kecepatan pergerakan, kecepatan umpan, dan kecepatan menggiring yang luar biasa.

Selain itu, secara umum memang sepakbola membutuhkan refleks dan gerakan yang cepat. Untuk menggiring bola diperlukan kecepatan berlari, untuk mengetahui posisi teman dan lawan, diperlukan kecepatan penglihatan. Karena jika kita lama dalam melakukan penglihatan, maka bola yang anda bawa akan segera direbut lawan. Maka dari itu olahraga ini sangat bagus untuk meningkatkan kecepatan berlari dan melihat.

4. Lempar Tangkap Bola

lempar tangkap bola

Pilihan olahraga lainnya yang bisa anda lakukan untuk melatih kecepatan dan kelincahan tubuh adalah dengan melakukan lempar tangkap bola. Namun, olahraga ini minimal memerlukan 2 orang pemain untuk melakukannya.

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan melemparkan bola sekuat mungkin, dan lebih baik anda menggunakan bola plastik yang ringan, sehingga jika terkena bagian vital seperti kepala dan dada tidak terasa sakit. Penerima bola akan bergerak secara cepat untuk menangkap bola, dan lakukan itu bolak balik bersama lawan main.

5. Plyometric

Apa itu olahraga plyometric?, ini adalah jenis gerak yang dilakukan oleh seseorang dengan lompatan dari titik awal berdiri ke titik lain yang lebih tinggi.

Gerak plyometric ini sangat baik untuk membuat otot kaki Anda lebih kuat dan lebih cepat dalam memberikan efek kontraksi otot. Sehingga jika dilakukan dengan rutin, maka anda bisa memeperkuat otot kaki untuk bergerak lebih cepat.

6. Latihan Split > Squad > Jump

split squad jump

Olahraga terakhir yang bisa anda lakukan untuk melatih kecepatan adalah dengan melakukan variasi Split > Squad > Jump. Untuk melakukan gerakan ini, posisi awal tubuh seperti akan melakukan squat, akan tetapi kaki dibuka lebih lebar. Selanjutnya lakukan squat sambil melompat. Anda akan melakukan squat sambil berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Lakukan rutin setiap hari semampu anda, dan selalu tambah porsi setiap harinya.

Banyak sekali gerakan yang bisa anda variasikan untuk melatih kecepatan dan kelincahan tubuh. Bila ada yang kurang, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel ini. Sekian artikel mengenai bentuk bentuk latihan kecepatan, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed